ANALISIS CERPEN PELARIAN GANG DOLLY

Non Fiksi

ANALISIS CERPEN PELARIAN GANG DOLLY

A. LANDASAN TEORI
Golldmann menyebutkan teori sbagai strukturalism genetik artinya ia percayaa bahwa karya sastra merupakan sebuah struktur akan tetapi sstruktur itu bukanlah sesuatu yang statis melain sebuah produk dari proses sejarah yang terus berlangsung proses strukturasi dan destrukturasi yang hidup dn di hayati oeh masyrkt karya sasstra yang bersangkutan sebgaai sebuah teori strukturalisme genetic merupakan sebuah pernyataan yang di anggap sahih mengenai kenyataan penyataan itu di ktakan syahih jika di dalamnya terkandung di dalamnya mengenai tata kehidupan yang bersistem dan terpadu yang di dasarkan pada sebuah system ontologism yang berupa kodrat keberadaan kenyataan itu dan pada landasan epistemologis yang berupa gagasan yang sistemaatis mengenai cara memahami atau mengetahui kenyataan yang bersangkutan konsep dasar yang membangun teori termaksud yaitu : fakta kemanusian , subjek kolektif, strukturasi , panangan dunia , dan pemhaman dan penjelasan
Menurut teori strukturalisme genetik ada empat elemen penting daam menganalisis karya sastra
1. Fakta kemanusian yaitu segala hasil aktifitas atau perilaku manusia baik yang verbal maupun yang fisik , yang berusaha di pahami oleh ilmu pengetahuan , fakta itu dapat berwujud aktifitas social tertentu .Fakta-fakta kemanusiaan pada hakikatnya dapat di bedakan menjadi dua macam yaitu fakta individual dan fakta social fakta yang kedua memiliki peranan dalam sejarah sedangkan pada fakta yang pertama tidak memiliki hal itu . fakta yang pertama hanya merupakan hasil dari perilaku libidinal seperti , mimpi ,dsb sedangg kan fakta yang pertama memiliki dampak pada hubungan social , ekonomi maupun politik antara anggota masyarakat .Goldmann beranggap bahwa semua fakta kemanusiaan merupak suatu struktur yang berarti . yang di maksudkannya adalah bahwa fakta-fakta itu sekaligus mempunyai struktur tertentu dan arti tertentu . oleh karena itu , pemahaman mengenai fakta-fakta kemanusiaan harus mempertimbangkan struktur dan artinya. Fakta itu mempunyai struktur karena terikat oleh satu tujuan yang menjadi artinya,dengan kata lain , semua unsure yang mendukung aktivitas yang menjadi fakta kemanusiaan itu terarah pada tercapainya tujuan yang di maksud .
Adapun tujuan yang menjadi arti dari fakta-fakta kemanusiaan itu sendiri tumbuh sebagai respon dari subjek kolektif ataupun individual terhadap situasi dan kondisi yang ada di dalam diri dan sekitarnya , pembangunan sesuatu percobaan dari si subjek untuk mengubah situasi yang ada agar cocok bagi aspirasi-aspirasi si subjek itu . dengan kata lain. Fakta-fakta itu merupakan hasil usaha manusia untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik dalam hubungannya dengan dunia sekitarnya.
Dengan meminjam teori psikologi piaget, goldmann beranggapan bahwa manusia dan lingkungan sekitarnya selalu berada dalam proses strukturasi timbale balik yang saling bertentangan tetapi sekaligus saling mengisi . kedua proses itu adalah proses asimilasi dan akomodasi , di satupiham manusia selalu berusaha mengasimilasikan manusia sekitarnya ke dalam skema fikiran dan tindakannya tetapi di lain pihak usahanya itu tidak selalu berhasil karena selalu berhadapan dengan rintangan-rintangan :
a. Kenyataan bahwa sector – sector kehidupan tertentu tidak menyadarkan dirinya pada integrasi dalam struktur yang di elaborasikan
b. Kenyataan bahwa semakin lama penstruktural dunia eksternal itu semakin sukar dan bahkan semakin tidak mungkin di lakukan .
c. Kenyataan bahwa individu-individu dalam kelompok yang bertanggung jawab bagi lahirnya proses keseimbangan , telahmentranspormasikan lingkungan social dan fisiknya sehingga terjadi proses yang mengganggu keseimbangan dalam proses strukturalisasi itu .

Teori di atas yang akan penulis gunakan dalam menganalisisi cerpen pelarian gangdolly , namun penulis memilih menggunakan teori golmann yaitu strukturalisme genetik khususnyaa pada bagian fakta kemanusiaan yang merupakan landasan ontologism dari strukturalisme geneetik. Dan goldmann beranggapan semua fakta kemanusiaan merupakan suatu struktur yang berarti .(1970:588;1981:40) . dan teori ini sangat erat kaitan dalam kehidupan sehri-hari dan teori ini cocok digunakan untuk menganalisis cerpen pelarian gangdolly yang mengisahkan tentang kehidupan seorang wanita yang suram yang membawanya ketempat pelaacuran tempat itu di kenal dengan sebutan gangdolly ia mengadu nasibnya sebagai wanita malam dan dari pekerjaannya itu ia menafkahi anaknya .

• ANASILIS CERPEN PELARIAN GANG DOLLY DENGAN MENGGUNAKAN TEORI STRUKTIRALISME GENETIK
Berdasarkan teori goldmann yang mengatakan:
Fakta-fakta kemanusiaan pada hakikatnya dapat di bedakan menjadi dua macam yaitu fakta individual dan fakta social fakta yang kedua memiliki peranan dalam sejarah sedangkan pada fakta yang pertama tidak memiliki hal itu . fakta yang pertama hanya merupakan hasil dari perilaku libidinal seperti , mimpi ,dsb sedangg kan fakta yang pertama memiliki dampak pada hubungan social , ekonomi maupun politik antara anggota masyarakat .
pada fakta yang pertama yaitu fakta individual memiliki dampak pada hubungan social , ekonomi maupun politik antara anggota masyarakat . dalam fakta ini dapat kita temukan dalan cerpen pelarian gang dolly yang di mana ketika rayne ingin melepaskan diri dari kehidupan lingkungan gang dolly namun banyak pertimbangan hal ini di sebabkan oleh rasa sungkan dengn mamanya , tidak enak dengan teman-temannya , takut dengan bodigard mamanya atau yang lebih parah lagi ia malu di sebut sok suci oleh teman-temanya di gang dolly . ketika teman-temannya menjadi bercerai berai perempuan itu menjadi punya kesempatan . bahkan ia sendiri waktu itu menyelinap meninggalkan gang itu uang konpensasi yang di janjikan sama sekali tak terpikir olehnya yang penting ia bias berlari sejauh-jauhnya , keinginan hatinya pun sebenarnya ingin pula membuang jauh-jauh pengalaman hidupnya , namun selama fikirannya masih normal gang dolly dengan sejuta ceritanya tidak mampu di hapus dari fikirannya hingga akhir hayat .
fakta ini sangat erat kitannya dengan kehidupan sehari-hari seseorang yang tidak terlepas dari kebutuhsn ekonomi dengan gejolak batin yang sangat kuat dan hubungan social antar individu ,dan pada fakta ini aturan dalam masiarakat sangat di tekankan hal itu dapat kita lihat pada cepen pearian gang dolly ini pada saat gang dolyy di tutup dengan karena tidak sesuai dengan budaya timur .
sedangkan Pada fakta yang ke dua dapat kita temupan pada kutipan cerpen pelarian gang dolly yang di mana rayne di hamili oleh kekasihnya namun tak bertanggung jawab yang akhirnya dia mengontak salah seorang sahabatnya. Dari sana ia di bawa ke Surabaya tepatnya ke gang dolly yang di kenal sebagai tempat pelacuran , di sana rainy melahirkan seorang bayi perempuan dari hasil hubungannya dengan tama kekasihnya yang pergi dari hidupnya dan tidak mau bertanggung jawab atas kehamilannya , di gang dolly ini ia mengasuh anaknya dan mengadu nasib dengan cara bekerja sebagai pekerja seks komersil karena dari pekerjaan itu ia bias mendapatkan uang dengan cara yang mudah dan menghasilkan uang dengan cara yang cepat melalui pelacuran itu ia menafkahi anaknya dan dapat bertahan hidup .


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *