BAHAYA MENGKONSUMSI NASI DAN MIE BERSAMAAN

Artikel, Kesehatan, Non Fiksi

BAHAYA MENGKONSUMSI NASI DAN MIE BERSAMAAN

NASI DAN MIE TIDAK BOLEH DIKONSUMSI BERSAMAAN

Kebanyakan orang merasa belum kenyang jika belum makan nasi. Ini seolah menjadi kebiasaan orang Indonesia pada umumnya. Bahan makanan utama di Indonesia ini menjadi menu wajib yang harus tersaji di atas piring. Selain orang dewasa, anak-anak juga gemar membawa bekal makan siangnya dengan menu nasi dan mie. Padahal keduannya merupakan sumber karbohidrat. Selain rasanya yang enak, mie juga ngampang diolah sehingga para orang tua juga tidak kerepotan menyiapkannya. Mie instan sangat mudah didapatkan murah dan juga sangat lezat, terutama bila ditambahkan dengan nasi semakin menambah kenikmatan. Namun sayangnya, makan dengan cara seperti itu berbahaya bagi kesehatan kita, seperti mie instan dan makanan-makanan yang mengandung karbohidrat dan kalori baik tinggi apa bila dimakan secara bersamaan.
Jumlah kalori dalam berbagai mie instan mengandung 400 kkal, atau sama dengan satu porsi nasi yang dilengkapi dengan lauknya pauknya. Nah, bila mie instan kemudian ditambahkannasi, bisa Anda bayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh. Bisa mencapai mie instan + nasi 600-700 kalori per makanan , sedangkan kebutuhan orang dewasa rata-rata adalah 1200-1500 kalori per hari.

Jadi , apa efek pada kesehatan kita jika kadar kalori tinggi ?

Makan mie instant dan nasi secara bersamaan bisa meningkatkan indeks glikemik yang mengakibatkan gula darah menlonjak tinggi. Ini kemudian bisa membuat seseorang beresiko mengalami masalah diabetes. Selain itu, hanya makan mie instant dan nasi tidak akan memenuhi kebutuhan gizi untuk tubuh kita karena tidak dilengkapi dengan protein, vitamin, serat, dan kebutuhan tubuh lainnya.
Justru, semakin tingginya kalori yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan tubuh mudah gemuk.Mie instan mengandung MSG dan garam dalam jumlah yang sangat besar , sehingga tidak baik untuk makan dalam jumlah yang banyak.
Mulai sekarang , Anda harus mengurangi jumlah mie instan yang dimakan hanya seminggu sekali .Nasi dengan mie instan tidaklah baik untuk kesehatan, nasi jauh lebih baik bila dikombinasikan dengan daging , telur dan sayuran.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *