investasi cryptocurrency bitcoin litecoin dogecoin etherum helium

Belajar Investasi Crypto Coin Jangka Panjang di Tahun 2022

Artikel

Investasi crypto memang bukanlah cara cepat kaya dalam waktu singkat. Karena crypto atau blockchain bukanlah sebuah skema ponzi atau hype yang menawarkan kekayaan melimpah dalam sekejap.

Investasi crypto adalah investasi seperti umumnya namun dalam bentuk alat pembayaran atau uang digital ( digital currency).

Ini adalah terobosan baru dalam kebebasan untuk mengatur alat pembayaran internet yang sepenuhnya dalam kendali jari anda.

Crypto coin diciptakan dengan metode peer to peer untuk membuang desentralisasi server. Namun menyebarkan server kepada para penambang dan investor dengan imbalan mendapatkan pecahan koin berdasarkan jumlah transaksi yang berhasil diselesaikan oleh para penambang.

Tidak ada otoritas terpusat yang dapat mengatur harga crypto coin ini, semua bergantung pada mekanisme pasar yang artinya semakin banyak permintaan maka nilai atau harganya akan semakin tinggi begitu juga sebaliknya.

Sangat jauh berbeda dari sifat uang fiat (uang yang resmi dikeluarkan oleh bank sentral) dimana campur tangan orang-orang berwenang sangat menentukan nilainya.

Jika anda melakukan investasi pada Crypto seperti Bitcoin , Dogecoin (1 doge berapa rupiah?), Litcoin dan masih banyak coin yang membanjiri pasaran , poin utama yang harus anda perhatikan adalah seberapa banyak dan seberapa baik koin itu dalam pengembangan.

Cara memilih Investasi Crypto Coin

Jika anda bukan seorang Penambang atau Pedagang dan ingin berinvestasi di cripto coin  untuk jangka panjang, yang harus anda ketahui adalah jumlah pendukung dan pengguna coin.

Ini adalah hal paling penting! , karena sebuah koin akan berguna untuk alat pembayaran dan memiliki nilai lebih dalam jangka panjang ketika di gunakan orang banyak.

Adapun Cara dan kiat-kiat memilih kripto koin untuk jangka panjang dapat anda terapkan seperti di bawah ini.

Hindari Investasi Crypto Pada Koin Baru Yang Harganya Terlalu Cepat Meningkat

Pada pasar krypto kadang-kadang muncul koin baru dengan peningkatan harga yang sangat signifikan , harga koin yang tiba-tiba melambung dengan cepat hanyalah permainan broker kelas ikan Paus.

Pada praktek-nya harga koin sengaja di naikkan atau di kenali dengan istilah “PUMP” , setelah mencapai puncak harga yang di targetkan sang ikan paus akan menjual keseluruhan koin yang dimilikinya atau dikenali dengan sebutan “DUMP”.

Jangan Gunakan Uang Dari Hutang

Investasi dalam bentuk apapun tidak pernah disarankan untuk menggunakan uang dari hutang. Investasi sebaiknya dari dana nganggur yang tidak akan anda ganggu dalam waktu dekat.

Bergabung dan Kumpulkan Informasi dari Komunitas Yang Tepat

Setiap crypto yang di luncurkan rata-rata memiliki forum , facebook , Twitter dan membuat forum juga di sub reddit, kebanyakan digital currency memperoleh liputan serta dukungan luas berkat sub reddit.

Sebagai contoh sub reddit Bitcoin , Dogecoin , Litecoin dan Vertcoin adalah sebagai berikut :

http://www.reddit.com/r/bitcoin/

http://www.reddit.com/r/dogecoin/ atau https://pintu.co.id/market/doge

http://www.reddit.com/r/litecoin/

http://www.reddit.com/r/vertcoin/

Anda dapat mengetahui jumlah komunitas dengan cara melihat subcriber pada sidebar masing-masing sub reddit. Apabila anda ingin mengetahui komunitas dari  kripto koin yang lainnya hanya tinggal mengganti nama coin yang anda inginkan setelah huruf /r/ ( contoh: /r/dogecoin/ di ganti menjadi /r/peercoin/ ) .

Selain mengetahui dari sub reddit anda dapat bergabung di forum bitcointalk.org , Cryptocointalk.com untuk menggali informasi seputar koin yang anda inginkan.

Coin Premine Sebaiknya Anda Hindari

Coin premine memang di rancang oleh developer dan sekelompok orang untuk tujuan tertentu , untuk mengetahui apa koin premine silahkan membaca disini .

Tujuan sekelompok orang meluncurkan coin seperti ini hanya dengan motif keuntungan klompok tertentu semata, ini karena coin premine sudah melenceng dari rel decentralized sesungguhnya.

Setelah mencapai target tertentu, team developer bisa saja tidak menghiraukan perkembangan koin yang telah di rilis , Sehingga untuk jangka panjang atau pada masa depan Koin ini akan mati dengan sendirinya .

Nah, kami rasa hanya cukup dengan tiga poin utama yang dapat di jadikan pedoman sebelum melakukan investasi crypto coin untuk jangka panjang.

Jika ada yang kurang mari kita bahas bersama, silahkan berbagi melalui form komentar jika memiliki ide-ide dan poin tambahan.

Disclaimer:  Investasi Crypto memilik harga yang berfluktuasi, Silahkan mempelajari lebih lanjut atau melakukan riset sendiri sebelum mempertimbangkan investasi dana apapun.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *