bendungan pandan duri dure bendungan terbesar di indonesia

Bendungan Pandan Duri Lombok – Bendungan Terbesar di NTB

Non Fiksi, Artikel, Lingkungan

Menurut beberapa pendapat, bendungan pandan duri ini sudah terprogram oleh pemerintah pusat, sejak zaman Presiden Soekarno. Karena dulu beliau pernah singgah untuk beberapa lama di Lombok ini sambil observasi lokasi yang akan dijadikan sebagai irigasi sekaligus sebagai tempat wisata. Tapi belum saja terlaksana karena ada beberapa penghambat.

Kemudian perencanaan pembangunan bendungan ini dilanjutkan oleh pemerintahan Presiden Soeharto. Akan tetapi beberapa tahun kemudian proyek pembangunan bendungan ini terhambat. Selanjutnya pemerintah daerah mengusulkan lagi kepada pemerintah pusat untuk melanjutkan proyek pembangunan bendungan tersebut.

Baca Juga: Pandangan Masyarakat Lombok Tentang Hujan

Akhirnya seiring dengan berjalannya waktu, pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono, proyek pembangunan bendungan dilanjutkan sekitar akhir tahun 2010 dan pembuatannya sampai sekarang sudah berjalan hampir 4 tahun, ini pun belum jadi.

Sebelum terbentuknya bendungan ini, dulu masih dalam keadaan desa yang ditempati banyak orang, tapi begitu pemerintah berkehendak untuk memulai pembangunan bendungan ini, pemerintah langsung meminta warga setempat untuk mengungsikan ke daerah yang lain dengan cara diberi dana untuk membangun rumah yang baru.

Baca Juga: BENDUNGAN PANDAN DURE BISA JUGA SEBAGAI WISATA

Beberapa dusun yang terendam akibat perluasan bendungan antara lain Embung Raja, Gunung Sager, Kelagaq, dan masih banyak lainnya yang diperkirakan sekitar tujuh dusun. Selain dusun, ada juga beberapa tempat pemakaman yang terendam yang kena dengan area wilayah bendungan yang dibangun.

Sumber dana untuk proses pembangunan bendungan dari APBN dan APBD Tingkat Satu Nusa Tenggara Barat.

Kemudian dari teknik peninjauan lokasi observasi, ada beberapa tempat yang menjadi menarik perhatian seperti luas wilayah pembangunan yang diperkirakan puluhan hektar, jalan menuju ke lokasi yang bagus sehingga memudahkan kita untuk menuju dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya.

Dinding tembok pinggirnya yang sangat tinggi dan besar, pintu bendungan yang sangat besar dan sebuah mesin pembangkit listrik tenaga air yang sangat besar memiliki kapasitas tinggi.

Selain itu, ada hal yang sangat menarik dari bendungan tersebut yakni sekitar 500 meter ke tengah dari tempat pembangkit listrik telah dibangun sebuah terowongan yang sangat besar yang rencananya akan menjadi salah satu tempat wisata andalan dari Bendungan Pandan Duri.

Baca Juga : PARIWISATA PEMANDIAN SURANADI YANG MULAI DILUPAKAN

Bendungan ini sudah diperkirakan menjadi bendungan terbesar di Indonesia. Selain itu, dari hasil tinjauan kami juga mendapati orang yang sedang menggali dan mengumpulkan batu. Dari hasil galian batu-batu tersebut kemudian dijual ke berbagai tempat yang ada di sekitar Suwangi sampai ke luar wilayah tersebut.

Sehingga itulah yang dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian sebagian warga yang ada di wilayah Bendungan Pandan Duri. Ada juga hal yang menarik dari bendungan tersebut yakni di bagian pinggir bendungan yang ada di bagian selatan, terdapat banyak sekali tanaman sayur bayam dan kangkung yang tumbuh.

Sehingga tidak sedikit pengunjung yang memetiknya untuk dimasak termasuk kami. Selain itu juga, terdapat banyak warga setempat atau bahkan dari para pendatang atau pengunjung yang menangkap ikan dengan cara memancing.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *