Berbagai Cara yang dapat dilakukan untuk Menghemat Bahan Bakar

Non Fiksi, Artikel, Ekonomi, Otomotif

Berbagai Cara yang dapat dilakukan untuk Menghemat Bahan Bakar

Berkendara dengan kecepatan yang lebih lambat disebut-disebut dapat menghemat bahan bakar pada kendaraan Anda, selain dengan mengatur laju kendaraan beberapa tips menghemat bahan bakar berikut ini juga dapat membantu Anda dalam berhemat. Mengurangi barang bawaan saat berkendara juga merupakan upaya untuk menghemat bahan bakar minyak pada kendaraan Anda.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan tekanan angin pada ban kendaraan Anda karena ban yang kurang angin dapat menyebabkan laju kendaraan lebih berat yang berpotensi penggunaan bahan bakar yang lebih besar sebagai akibat dari terjadinya gesekan secara berlebihan selain juga karena kebutuhan mesin akan bahan bakar meningkat seiring dengan meningkatnya kerja yang dilakukan mesin.

Perawatan tingkat busi, filter udara, mesin, tuning injin, tali kipas serta mengganti pelumas secara berkala juga dapat menghemat bahan bakar minyak oleh karena itu buatlah jadwal untuk melakukan servis kendaraan Anda ke tempat yang memahami mengenai kendaraan.

Mengisi bahan bakar minyak pada saat pagi hari atau ketika suhu dingin merupakan salah satu tips menghemat bahan bakar yang dapat Anda aplikasikan. Pengisian bahan bakar pada saat suhu dingin dapat mencegah bahan bakar minyak yang berbentuk cair menguap hal ini berbeda jika Anda mengisinya pada siang hari atau pada saat suhunya sangat panas.

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar minyak adalah dengan menghindari menginjak pedal gas pada saat mobil diam, penggunaan gear disesuai dengan kecepatan, menghinadari penggunaan gigi rendah pada saat kecepatan tinggi karena berpotensi membuat injin meningkat, Anda juga dapat menggunakan modus ekonomi, ketika akan mengerem usahakan untuk mengurangi kecepatan kendaraan Anda dengan bertahap untuk menghindari mengerem secara mendadak, jika memungkinkan lebih baik menghindari jalan-jalan yang berpotensi macet, lebih baik menghindari berkendara jika hanya akan menempuh jarak yang dekat karena hal ini disebut-sebut dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar minyak sebanyak 40%, hindari penggunaan AC pada saat suhu dingin karena penggunaan AC dapat membuat kebutuhan akan bahan bakar minyak naik hingga 10%. 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *