persamaan cara ibadah yahudi dengan islam foto sinaguga

Persamaan Cara Ibadah Agama Yahudi, Agama Islam, dan Agama Kristen.

Religi & Spiritual, Artikel

Agama Yahudi, Agama Kristen, dan Agama Islam adalah tiga agama paling berpengaruh di dunia. Ketiganya merupakan agama samawi yang berasal dari satu rumpun agama abrahamik.

Walaupun ketiga agama ini serumpun, kerap kali keributan-keributan besar di dunia ini berasal dari perselisihan dan pertikaian ummat dari agama-agama bersaudara ini.

Namun dalam artikel ini kami tidak akan membahas perbedaan diantara agama yahudi, agama kristen, dan agama islam yang tidak akan bisa selesai.

Bagaimana jika kita sama-sama mencari persamaan agar dunia ini menjadi lebih damai dan indah?

Persamaan Tempat Ibadah

The Great Synagogue, the main Jewish synagogue in Florence, Italy. View from Piazzale Michelangelo.
Sinagoga Umat Yahudi Di Florence, Italia.

Islamic Center Mataram Lombok Nusa Tenggara Barat
Masjid Islamic Center di Lombok, Nusa Tenggara Barat

Gereja Santorini Tempat ibadah umat kristen
Gereja Tempat Ibadah Umat Kristen

Sekilas, dari segi arsitektur tempat ibadah terlihat mirip. orang-orang yang berasal dari agama lain mungkin tidak dapat membedakan secara tepat.

Gereja kristen banyak dipengaruhi oleh arsitektur sinagoga yahudi. Sedangkan arsitektur masjid saat ini banyak dipengaruhi oleh arsitektur gereja Hagia Sophia di Turki yang telah diambil alih menjadi masjid pada zaman kejayaan turki.

Baca Juga:

FAKTA TENTANG ISLAM dan RESENSI FILM: ISLAM DI BUMI EROPA TERUNGKAP dalam 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA

Ternyata Tempat ibadah yahudi, islam, dan kristen sama-sama memiliki menara. dahulu menara ini difungsikan untuk menaruh terompet, lonceng, atau pentungan untuk memanggil umatnya beribadah.

Persamaan Cara Ibadah Agama Yahudi, Islam, dan Kristen

Bagi muslim yang belum banyak belajar tentang perbandingan agama mungkin kaget jika melihat car ibadah agama yahudi ortodoks dan agama kristen ortodoks yang menyerupai cara ibadah agama islam. Hal ini disebabkan cara-cara ibadah tersebut tidak pernah ditampilkan pada film atau televisi.

Wudhu

Sebelum beribadah, ketiga agama ini sama-sama membersihkan diri dengan air.

Waktu Ibadah agama Yahudi, Islam, dan Kristen

  1. Sholat Subuh dalam islam adalah Singsing Fajar bagi umat yahudi. Umat kristen ortodoks juga memperingati kebangkitan Kristus di pagi hari.
  2. Sholat Duha / Sholat Pagi ( Sekitar Pukul 9 )
  3. Sholat Zuhur / Tengah Hari. Dalam kristen digunakan untuk memperingati waktu penyaliban kristus
  4. Sholat Asyar / Petang ( Sekitar Pukul 15). Dalam kristen untuk memperingati ucapan “Sudah genap”, saat Yesus putus nafas.
  5. Sholat Magrib / Senja ( Sekitar Pukul 18). Dalam Kristen adalah waktu mengingat waktu mayat yesus diturunkan dari salib.
  6. Sholat Isya’ / Setelah Senja ( Sekitar Pukul 19 ) Dalam kristen ortodoks adalah untuk mengingat saat mayat Yesus dikuburkan
  7. Sholat Tahajjud / Tengah Malam ( Pukul 24 keatas ) pada kristen ortodoks memperingati penantian akan kedatangan kristus.

Puasa

Dalam islam tujuan puasa adalah untuk menahan diri dari hawa nafsu yang bisa mengambil alih kesadaran manusia. Tidak makan dan minum, tidak menggauli istri, tidak merokok, dan sebagainya adalah cara untuk melatih umat mengendalikan hawa nafsunya.

Puasa dalam agama kristen adalah pertobatan, melawan nafsu duniawi, dan keiginan daging. yang di maksud daging dalam arti kristen adalah manusia itu sendiri, karna manusia berdaging. jadi, keinginan daging adalah keinginan manusia itu sendiri. Berpuasa juga tidak dianjurkan untuk diketahui atau memberitahukan kepada siapapun.

Puasa dalam agama Katolik berarti makan kenyang sekali sehari ( 24 jam ) dan makan ringan sebanyak dua kali. Tidak ada larangan untuk minum air. Puasa katolik Ini dilakukan selama 40 hari menjelang Paskah

Puasa dalam agama yahudi bermakna menahan diri dari segala bentuk makanan dan minuman, termasuk air. Pada puasa hari besar Yom Kippur dan Tisha B’Av Gosok gigi diharamkan, tetapi dibolehkan pada puasa hari kecil. Mereka boleh memilih berpuasa sampai hari keenam. Dengan pengecualian Yom Kippur, puasa tidak dibenarkan pada hari Sabat ( Hari sabtu ).

Percaya Adam Manusia Pertama

Baik agama islam, agama yahudi, dan agama kristen sama-sama mempercayai bahwa nabi adam adalah manusia pertama di bumi.

Tidak ada pelajaran dalam matematika tentang pertidaksamaan, itu hanya pengecualian. Mengapa kita selalu berpikir tentang perbedaan? Mari kita berpikir matematika dan mencari persamaan

~ Sudjiwo Tedjo ~ pada TED Bandung

Mari bantu kami menemukan lebih banyak persamaan lagi, mohon tuliskan di halaman komentar ya…


Ricko Rullyarto

No Past or Future Only Present

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *