cara membangun bisnis startup unicorn dari umkm

Cara Membuat UMKM Rasa Startup Unicorn

Ekonomi

UMKM Menyaingi perusahaan-perusahaan startup atau unicorn nampaknya agak mustahil jika kita menilai dari sisi kekuatan modal saja. Mereka para unicorn punya kekuatan investor raksasa yang dananya unlimited.

Belum lagi ditambah kekuatan tentara marketing terlatih mereka, dan para pakar seo yang ada di belakangnya. Rasanya hanya mukjizat yang bisa mengalahkannya.

Jangan mencoba berperang melawan mereka. Setidaknya ada banyak hal yang bisa kita pelajari dengan mengintai gerak-gerik mereka. Melihat bagaimana mereka menyasar pasar, dan bagaimana cara mereka tampil di hadapan calon pelanggan dan pembeli.

Artikel kali ini akan mencoba mengulas bagaimana cara agar UMKM bisa tampil lebih profesional layaknya brand-brand startup besar.


cara branding bisnis baru

Menciptakan Brand UMKM

Hanya teman dekat anda yang bisa selalu menghafal nama anda, bukan pelanggan anda. Mereka hanya bisa menghafal nama Brand, bukan nama anda.

Brand adalah identitas yang akan melekat selamanya dengan produk anda. Sebuah nama brand harus anda pikirkan matang-matang untuk menghindari rebranding saat usaha sudah berjalan.

Terkadang rebranding punya dampak positif namun jika alokasi dana untuk rebranding tidak memadai, kebanyakan rebranding perusahaan mendatangkan dampak negatif.

Butuh banyak waktu, energi, dan tentunya dana untuk menyuarakan kembali brand baru anda. Sementara orang-orang hanya mengenal brand lama anda.

Membuat logo Brand UMKM

Logo terkesan enteng dan kelihatan murah, Tapi sebenarnya tidak semudah itu. Logo harus bisa membuat orang yang melihatnya mengerti bisnis anda hanya dalam satu pandangan.

Membuat Tagline Brand UMKM

Tagline atau slogan adalah sebuah kalimat singkat yang seharusnya bisa membuat orang yang membacanya merasa bahwa brand anda keren, profesional, elegan, dan sebagainya.

Hindari membuat slogan yang terlalu panjang dan meniru slogan perusahaan lain. Meniru slogan perusahaan lain membuat perusahaan anda terkesan tak berdaya di mata pelanggan.

“Jika membuat slogan saja tidak mampu, bagaimana perusahaan ini bisa menjaga kualitasnya?” itu yang pelanggan anda akan pikirkan


cara membuat website bagi pemula beli domain murah dan hosting murah

Membuat Website UMKM

Setelah membuat website, saatnya anda mengumumkan atau meluncurkan identitas perusahaan anda. Bukan di TOA masjid ya.. tapi TOA dunia yang kita kenal dengan website.

UMKM GO ONLINE itu keharusan. Usaha yang tidak punya website seperti tidak punya identitas. Kalau identitas tidak punya maka otomatis tidak punya “TRUST”.

Bukan hanya sebagai identitas, website adalah sarana yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis dan menjangkau pelanggan.

Carilah jasa pembuatan website murah di sekitar anda, hindari menggunakan jasa pembuatan website yang tidak bisa diajak tatap muka. Karena komunikasi secara langsung sangat diperlukan dalam proses pembuatan website.

Jika terasa jasa pembuatan website di sekitar anda tidak bersahabat dengan kantong, maka belajar cara membuat website pun bisa jadi alternatif.

Saat ini membuat website sederhana untuk profil perusahaan tidak terlalu sulit. Tidak seperti membuat website pada tahun 90-an sampai 2000-an. Dimana dibutuhkan keahlian pemrograman website yang cukup rumit.

Membuat website di zaman sekarang nyaris hanya drag and drop. banyak sekali tool dan tutorial beredar di internet yang bisa membantu anda membangun website yang profesional.

Membeli Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang akan mengarahkan orang-orang menuju website anda. Usahakan nama domain yang anda beli berhubungan dengan nama brand anda.

Hindari menggunakan nama domain yang terlalu panjang karena biasanya orang malas mengetik dan kurang bisa mengingat nama domain website yang terlalu panjang. Terlebih mayoritas pengguna internet saat ini menggunakan handphone.

Gunakan akhiran domain yang umum seperti .COM. Karena jari kita sudah terbiasa mengetik .com di browser. Selain itu, harga domain dengan akhiran .com juga relatif murah. Hanya sekitar 130 – 150 ribu rupiah saja. Tergantung tempat membeli domainnya.

Membeli hosting

Hosting adalah rumah bagi website anda. Di hosting inilah anda akan menaruh semua file yang berhubungan dengan website anda. Di hosting inilah anda akan menyimpan text, database, gambar, banner, dan material promosi lainnya.

Gunakan hosting yang ada di indonesia jika pelanggan yang anda target adalah pelanggan indonesia. Untuk menargetkan pelanggan luar negeri, belilah hosting yang ada di luar negeri minimal di singapura.

Sebab, lokasi hosting yang anda pilih berpengaruh besar dengan kecepatan website anda nantinya.

Baca Juga: Memulai Bisnis Online


gambar ilustrasi email profesional modern

Menggunakan Alamat Email Resmi Website

Website sudah jadi, selanjutnya membuat alamat email resmi website. Menggunakan email biasa seperti @gmail.com atau @yahoo.com tidak ada masalah.

Tapi kalau anda adalah pemilik UMKM yang ingin tampil se-profesional perusahaan besar, maka email resmi website ini mutlak.

“info@namadomainwebsiteanda.com” adalah contoh penggunaan email resmi yang profesional. Anda bahkan bisa menghubungkannya dengan Gmail dan memeriksa email resmi anda dari sana. bahkan bisa mengirim email atas nama email profesional anda dari interface Gmail.


kumpulan nomor wa whatsapp cewek cewek cantik

Menggunakan Kontak Whatasapp Bisnis

Media komunikasi saat ini didominasi oleh whatsapp. Kita harus mengikuti trend pasar termasuk dalam hal media komunikasi.

Pisahlah kontak whatsapp untuk brand bisnis anda dari kontak whatsapp pribadi. Gak lucu kan kalau status galau-galauan dibaca pelanggan.

Baca Juga: Rahasia Bisnis Orang Cina


gambar pesawat membawa banner iklan untuk branding perusahaan

Mengiklankan Produk UMKM

Tidak serta-merta orang bisa mengenal bisnis anda segera setelah anda meluncurkannya. Butuh proses lagi untuk menanamkan Brand Awareness. Proses ini biasanya disebut sebagai proses Aktivasi Brand Perusahaan.

Iklan adalah salah satu cara yang paling menghemat waktu dan energi anda dalam mengaktivasi sebuah brand UMKM yang sedang anda rintis.

Iklan Berbayar

Iklan di koran, iklan di radio, iklan di surat kabar, iklan di website-website, iklan di google, iklan di facebook dan media sosial lainnya merupakan kombinasi media periklanan berbayar yang patut dicoba.

Nanti anda bisa menganalisa sendiri iklan di tempat mana yang paling banyak mendatangkan pelanggan.

Iklan Sosmed Organik

Iklan organik adalah iklan yang bisa anda buat sendiri, tulis sendiri, publish sendiri, di media sosial sendiri atau blog sendiri. Atau dengan cara broadcast via whatsapp ke kontak-kontak yang ada di smartphone anda.

Iklan Sosmed Hybrid

Iklan hybrid adalah iklan yang dibuat oleh anda dengan menggunakan akun media sosial anda sendiri namun menggunakan jasa pihak ketika untuk membagikannya kembali ( Repost, retweet, regram ).

Ada kalanya mengelola banyak akun media sosial untuk kebutuhan promosi terasa melelahkan dan membosankan. Pada titik tersebut kita butuh bantuan social media manager.

Para social media manager biasanya menyediakan jasa kelola instagram bahkan jasa konten instagram, jasa kelola facebook fanspage, jasa kelola akun twitter, dan lain-lain.

Jika anda punya dana lebih dan ingin menghemat waktu dan tenaga, maka gunakanlah jasa mereka.


gambar ilustrasi analisa keuangan perusahaan unicorn

Menggunakan Aplikasi Laporan Keuangan Untuk UMKM

Selain alasan kemudahan bagi anda sendiri dalam menganalisa laporan keuangan. Aplikasi-aplikasi ini juga berguna ketika ada calon investor yang melirik bisnis anda.

Penyajian data yang lebih terorganisir dan mudah dianalisa tentunya akan menaikkan kredibilitas perusahaan anda dan meyakinkan mereka untuk segera Invest di Bisnis UMKM anda.


metode pembayaran kartu kredit paypal dan online fintech ovo dana oris

Menerima Pembayaran Dengan Kartu Kredit atau Jasa Keuangan Digital Lainnya

Metode pembayaran cash dan transfer manual adalah metode pembayaran yang akhir-akhir ini dianggap jadul dan ribet. Jika tersedia, kebanyakan orang lebih memilih membayar lewat kartu kredit, paypal, atau layanan keuangan digital lainnya yang menggunakan sistem scan barcode.

Semakin banyak metode pembayaran yang anda terima maka semakin tinggi pula kemungkinan penjualan. Sebab, di beberapa kasus, metode pembayaran sering menjadi “Deal Breaker”.

Misalnya, seseorang yang ingin membeli produk tertentu di website anda hanya punya saldo di Paypal, sementara anda tidak menerima pembayaran melalui metode tersebut.

Pastilah orang tersebut akan mencari penjual lain yang menyediakan metode pembayaran di mana uangnya berada.


costumer service cantik bank mandiri bank bca telkomsel xl telkom indosat

Pekerjakan Customer Service

Pelanggan merasa senang ketika ada tempat mengadu, komplain dan bertanya. Apalagi jika respons rate kurang dari 10 menit.

Response rate kurang dari 10 menit rasanya susah dicapai ketika anda sedang sibuk dengan aspek-aspek bisnis yang lain. Untuk itu anda perlu mempekerjakan orang yang tugasnya khusus untuk menangani komunikasi kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Itulah hal-hal sederhana yang akan membuat bisnis kelas UMKM anda naik Kelas.

Baca Juga: Bukan Hanya Ikut Organisasi, Ini dia Hal Penting Penunjang Karir Saat Kuliah


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *