double ninth festival di china 2022

Double Ninth Festival, Perayaan Hari Lansia di China 2022

HIburan

Salah satu hal yang paling ditakutkan umat manusia adalah menjadi tua, diabaikan, dan dilupakan. Tapi, tahukan kamu kalau di China memiliki festival khusus untuk para lansia? namanya Double Ninth Festival.

Yap! Sebagaimana yang kita ketahui, China terkenal memiliki banyak festival tradisional yang penuh warna-warni. Dari Festival Tahun Baru Imlek, Festival Lentera, Festival Perahu Naga, Festival Qingming, dan masih banyak lagi Festival-festival tradisional yang penuh dengan kegembiraan dan suka cita.

Festival tersebut tak hanya untuk anak muda lho, tetapi ada juga yang dirayakan khusus untuk para lansia, sampai leluhur mereka.Festival Chong Yang atau Double Ninth Festival

Salah satunya adalah, Festival Chong Yang atau Double Ninth Festival. Masyarakat China memperingati “Hari Warga Lansia” dalam Festival tersebut, yang kalau dibahasa Indonesiakan menjadi Festival Sembilan Ganda.

Chong Yang atau Double Ninth merupakan sebuah hari raya tahunan tradisional warga Tionghoa. Ya, seperti kita di Indonesia saat merayakan hari Idul fitri atau Idul adha.

Pada perayaan Double Ninth Festival manusia diingatkan untuk melakukan bakti kepada orang tua dan leluhur mereka. Kita diminta untuk selalu mengingat dan senantiasa menghormati serta merawat mereka dengan cara-cara terbaik yang kita bisa.

It’s okay to be old, let’s Celebrate Double Ninth Festival


Makna Perayaan Festival Chong Yang atau Double Ninth Festival

Dinamakan demikian karena Perayaan ini dirayakan pada tanggal 9 bulan ke-9 menurut kalender Imlek. sehingga masyarakat China menyebutnya Chong Yang atau Double Ninth.

Kalau di Indonesia, Double Ninth biasa sekitar pada 7 Oktober, tetapi tahun ini Double Ninth Festival jatuh pada tanggal 25 Oktober.

Ada filosofi mendalam dalam perayaan Double Ninth Festival. Angka Sembilan dinilai memiliki sifat ‘Yang’ atau positif dan juga angka Sembilan adalah angka tertinggi dari angka-angka yang lain.

Tak hanya itu, angka Sembilan dalam bahasa mandarin disebut Jiu. Jadi pada saat menyebutkan tanggal 9 dan bulan ke-9 kita akan menyebutnya ‘Jiu-jiu’. Jiu-jiu itu mirip dengan pelafalan yang berati ‘lama-lama’.

Sering juga diartikan sebagai panjang umur. Dengan merayakannya, para lansia diharapkan memiliki umur yang panjang.

Cara Merayakan Festival Chong Yang atau Double Ninth Festival

Festival Chong Yang atau Double Ninth Festival paling ramai diselenggarakan di Tiongkok daratan dan di Hong Kong dengan berkumpul untuk berpesta bersama, menikmati bunga krisan, mendaki gunung, dan memakan kue spesial yang dikenal Kue ChongYang.

Kue Chong Yang ini tak ubahnya seperti kue kukus yang didalamnya berisikan kacang dan buah jujube yang diletakkan dibagian tengah. Kue ini dalam bahasa mandarin disebut ‘Gao’ yang memiliki arti tinggi.

Orang-orang menganggap mendaki gunung yang tinggi sama dengan memakan kue ChongYang. Kesuksesan yang tinggi juga diharapkan datang setelah memakan kue ini.

Tak hanya memakan kue, masyarakat China juga meminum Chrysanthenum Wine yanv merupakan hal yang wajib juga untuk dilakukan saat Festival Chong Yang atau Double Ninth Festival.

Bunga krisan sendiri merupakan jenis bunga yang memiliki fungsi antitoksin tinggi. Sehingga dapat mengusir segala kejahatan seperti dijauhkan dari segala jenis penyakit serta bencana.


Namun, China bukan satu-satunya negara yang merayakan perayaan ini. Beberapa negara serumpunnya juga turut merayakan perayaan ini dengan berbagai sebutan yang berbeda.

Ada Festival Chōyō di Jepang, Festival Chung Yeung di Hongkong, dan Festival Tết Trùng Cửu di Vietnam. Di Jepang perayaan Chong Yang atau Double Ninth juga dikenal sebagai Festival Krisantenum.

Di Indonesia sendiri Chong Yang Festival atau Double Ninth Festival masih terdengar asing dan tidak umum dirayakan masyarakat tionghoa. Namun rak jarang kita bisa menemhkan kue ChongYang pada saat perayaan Ulang Tahun orang-orang keturunan Tionghoa.

Baca Juga: Festival Gendang Beleq sebagai upaya Meningkatkan Pelestarian Budaya Sasak


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *