Festival Gendang Beleq sebagai upaya Meningkatkan Pelestarian Budaya Sasak

Berita, Kepenulisan, Non Fiksi

festifal gendang beleq

Gendang Beleq adalah alat musik tradisional suku sasak yang dimainkan secara berkelompok. Dan Gendang beleq sendiri berasal dari gabungan bahasa Indonesia dan bahasa sasak yaitu ‘Gendang’ dan ‘Beleq’ yang berarti ‘Gendang yang Besar’.

Perlu diketahui bahwa gendang beleq ini juga menjadi kebanggaan masyarakat suku sasak dan biasanya digunakan sebagai musik pengiring dalam acara-acara adat di Lombok seperti Nyongkolan, Sunatan(Khitanan), Merariq(Pernikahan), Ngurisang(Aqiqah) dan lain-lain. Untuk itulah dalam rangka memeriahkan ulang tahun Provinsi NTB yang ke-56 maka pada tanggal 13 sampai 14 desember 2014 diadakan Festival Gendang Beleq di Monumen Bumi Gora, jalan Udayana Mataram. Selain itu juga akan diadakan Pagelaran Wayang Sasak dan Pentas Seni Presean.

Adanya Festival Gendang Beleq, Pagelaran Wayang sasak, dan Pentas Seni Presean ini bertujuan untuk meningkatkan pelestarian nilai-nilai warisan budaya tak benda agar selalu diingat oleh masyarakat suku sasak terlebih para pelajar dan mahasiswa.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *