sandbox bagi programer fintech dan perbankan

Fungsi dan Manfaat Sandbox Bagi Programer Fintech

Teknologi

Sebagai coder profesional ada runtutan kerja yang seharunya tidak dilewatkan sebelum sebuah aplikasi atau fitur baru diluncurkan.

Hal tersebut bisa jadi sangat fatal ketika aplikasi yang anda kelola adalah aplikasi untuk mendukung transaksi keuangan baik transaksi B2B atau antar perusahaan atau dari personal ke Perusahaan seperti toko online yang sedang menjamur saat ini.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan untuk dilakukan adalah proses pengujian pada lingkungan virtual. 

Pada April 2021, Bank Indonesia merilis inovasi sekaligus penyempurnaan dari Regulatory Sandbox, yakni Sandbox 2.0 dan telah diimplementasikan oleh penyedia API seperti BRIAPI dari Bank BRI.

Apa itu sandbox

Sebuah simulasi transaksi yang akan menguji segala fungsi dan fitur. Dari sana akan kelihatan cacat, bug, dan kendala lain yang muncul yang berpotensi menimbulkan risiko di bidang security.

3 Fungsi utama sandbox

Ada tiga fungsi sandbox yang diluncurkan oleh Bank Indonesia.

Innovation Hub

Dalam proses pengetesan di dalam sandbox terkadang ada hal-hal, kedaan, dan variabel baru yang belum pernah terpikirkan atau belum dimasukkan ke dalam sistem.

Dan faktanya banyak sekali inovasi di bidang pembayaran yang lahir selama dalam inkubasi sandbox. Itulah sebabnya sandbox ini disebut sebagai innovation hub.

Industrial Sandbox

Setelah mendapatkan inovasi di bidang pembayaran maka inovasi-inovasi tersebut akan di ajukan, dikembangkan, dan didorong agar bisa menjadi produk keuangan baru di masyarakat luas.

Regulatory Sandbox

Potensi penyalahgunaan transaksi seperti penggunaan kartu kredit untuk membeli produk token atau saldo virtual bisa dideteksi selama testing di sandbox. 

Alur & Cara Kerja Sandbox

Tidak disarankan untuk menggunakan sebuah tool sebelum kita tahu bagaimana cara kerjanya, termasuk penggunaan Sandbox ini. Beginilah cara kerja sandbox:

Menentukan Goals

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan goals atau target supaya bisa lebih fokus menganalisa hasil uji coba. Ini akan membuat anda tidak menghamburkan waktu dan tenaga untuk menganalisis hasil data ujicoba yang sebenarnya tidak anda perlukan. Karena data dalam sandbox adalah data besar yang sangat mirip dengan data real di lapangan.

Mencari Potensi Hambatan Inovasi

Tidak semua inovasi bisa berhasil mulus tanpa tantangan dan halangan secara teknis. Atau bahkan potensi penolakan oleh publik yang akan merasa dirugikan jika inovasi tersebut diberlakukan secara luas. 

Menemukan Solusi

Setelah beberapa potensi masalah ditemukan maka proses selanjutnya adalah mencari solusi. Mempertimbangkan berbagai kemungkinan aksi solutif harus dilakukan secara hati-hati supaya tidak menimbulkan potensi masalah baru.

Manfaat Sandbox

Ada 4 manfaat utama sandbox yaitu:

1. Sebagai wadah pengecekan secara teknikal atas software atau hardware yang akan digunakan untuk memproses transaksi nantinya.

2. Sandbox menjadi wadah ujicoba yang sangat mirip dengan kondisi di  lapangan.

3. Meminimalisir kegagalan sistem sebelum diluncurkan. 

4. Mengeksplorasi model fitur untuk disesuaikan dengan kebutuhan pasar yang terus berubah.

Semoga para coder atau project manager bisa memaksimalkan penggunaan fitur ini untuk mendapatkan sebuah aplikasi yang sempurna sebelum diluncurkan kepada publik.


Tinggalkan Balasan