menjalankan bisnis 4.0

Sebelum Menjalankan Bisnis Lakukan 8 Hal Ini

Ekonomi

Menjadi wirausahawan dan menjalankan bisnis bagi sebagian orang yang belum pernah menggelutinya kadang terlihat mudah. Tidak sedikit orang yang tiba-tiba resign karena ingin banting setir menjadi business man.

Saran kami.. jangan resign dulu sebelum bisnis anda jalan dan melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Menentukan Ide

Ide adalah benda abstrak paling mahal saat ini. banyak orang yang memiliki modal namun masih bingung dalam mencari ide bisnis yang tepat.

Sebab ide ini tidak bisa dipaksakan kehadirannya kapan pun kita inginkan. Namun ide dapat dipancing kedatangannya dengan cara memperluas wawasan, bersilaturahmi, bahkan traveling.

Sangat jarang ada orang yang bisa menemukan ide bisnis yang bagus hanya dengan duduk di atas meja kerja.

Membuat Perencanaan yang fleksibel

Setelah ide ditemukan maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat beberapa perencanaan. Ya.. tidak salah, “Beberapa”. Anda harus memiliki rencana lain ketika satu rencana gagal. Plan A, Plan B, dan Plan C.

Anda tidak boleh berharap bahwa satu perencanaan akan berjalan mulus, namun anda juga harus berpikir bahwa itu bisa saja gagal dan membutuhkan sebuah backup plan.

Melakukan Studi Kelayakan

Untuk hal yang satu ini agaknya terlalu sulit untuk dilakukan sendiri. Lebih baik menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan yang memang sudah mengerti dengan disiplin ilmu tersebut.

Salah satu jasa studi kelayakan yang kami sarankan adalah Itialus Grapadi Internasional yang memang merupakan perusahaan berbasis penelitian dan konsultan manajemen yang bergabung dengan Grapadi Network. Berdiri sejak tahun 1993, jadi udah kebayang kan jumlah klien yang pernah ditangani?

Mengenali Target Pasar

Dengan mengenali target pasar maka setidaknya kita sudah punya insight yang bagus dalam melakukan treatment pasar kedepannya saat menjalankan bisnis.

Menyiapkan Strategi Pemasaran

Setelah mengenali pasar langkah selanjutnya adalah mempersiapkan strategi bisnis atau branding perusahaan.

Tentukan dari sekarang bagaimana anda akan mempromosikan brand anda dari sekarang. Apakah dengan serius, dengan hal-hal nyeleneh, atau dikombinasikan?

Tentukan juga media-media yang akan dipakai sebagai tempat pemasaran. Apakah televisi, sosmed, youtube, atau media konvensional seperti koran dan baliho.

Mencari Investor dan Sumber Pendanaan

Ide bisnis saja tidak cukup kan? untuk mewujudkannya perlu mengajak beberapa pihak atau investor untuk menggalang kekuatan finansial sebagai bahan bakar bisnis.

Namun harap berhati-hati saat menawarkan ide bisnis, jangan terlalu vulgar karena bisa saja ide bisnis anda dicolong. Harus ada beberapa ide yang dikunci sebelum agrement dengan calon investor.

Menghitung Untung-rugi

Silahkan berbaik sangka dengan menghitung keuntungan namun anda juga perlu berburuk sangka dengan adanya risiko kerugian yang tidak mustahil sama sekali.

Sebab menjalankan bisnis adalah ikhtiar, usaha, kita hanya bisa berusaha tuhan dan pasar lah yang menentukan.

Mulai Menjalankan Bisnis Impian Anda

Rahasia sukses menjalankan bisnis terbaik adalah dengan segera memulainya. Tentunya setelah anda menghitung bahwa potensi keuntungan lebih besar dari potensi kerugian.

Baca Juga: Kenapa Perlu Beternak Saham PT Mayora di Tahun 2022?


Tinggalkan Balasan