IJAZAH MASA KINI

Non Fiksi, Opini, Pendidikan

IJAZAH MASA KINI

`Ijazah merupakan tanda tamat belajar yang berisi hasil jerih payah kita selama mengenyam penidikan. Ijazah dapat kita terima jika kita telah memenuhi syarat atau telah menyelesaikan suatu pendidikan. Jika kita telah menerima sebuah ijazah, itu berarti kita telah diizinkan oleh guru kita untuk mengamalkan ilmu yang telah diberikannya. “Definisi ini adalah definisi kuno”. Ya, mengapa saya katakana kuno? Tentu saja karena zaman telah berubah.

Pada masa yang serba modern sekarang ini bisa dikatakan semua telah mengalami perubahan. Semua hal seakan berlomba-lomba untuk mengikuti trend atau arah jarum zaman, tidak terkecuali ijazah. Ijazah pada zaman sekarang ini berarti selembar kertas dengan dibumbui seciprat tinta yang memiliki harga selangit.”We O we banget kan?”.

“Mengapa demikian?”, Sudah barang tentu, hal itu disebabkan karena pada zaman sekarang ini ijazah bisa kita dapatkan meskipun kita tidak menyelesaikan suatu pendidikan atau malah tidak memasuki dunia pendidikan itu sendiri. Ya, begitulah faktanya. Pada zaman sekarang ini orang-orang bisa dengan mudah mendapatkan ijazah, dengan syarat orang-orang yang menginginkan ijazah instan tersebut harus berani merogoh kantong dalam-dalam.

“Di mana kita dapat menemukan ijazah instan tersebut?” Saya tidak tahu dan tidak mau tahu. Sebagai warga negara yang tidak kalah trend, saya lebih memilih mendapatkan ijazah kuno. Saya memilih mendapatkan ijazah kuno bukan berarti saya tidak beruang, melainkan saya lebih memilih melalui serangkaian proses karena proses itulah letak seninya.

Jadi, Bagaimana dengan anda??


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *