jenis jasa pembukuan perusahaan profesional

Jenis Pembukuan Perusahaan ini Harus Dikerjakan Profesional

Ekonomi

Pembukuan sebuah perusahaan memang susah-susah gampang dan bisa dipelajari melalui bangku sekolah atau secara otodidak.

Namun, untuk menghindari kesalahan fatal ada baiknya menyerahkan beberapa perkara pembukuan berikut kepada perusahaan yang memang bergerak di bidang jasa pembukuan perusahaan guna menghindari masalah yang lebih besar dikemudian hari.

Pembukuan Tentang Hutang

Hutang merupakan perkara yang super sensitif terlebih jika berbicara nominal yang semakin besar, sekelas hutang korporasi misalnya. Tentu saja tak seperti hutang deterjen di warung depan rumah yang masih bisa diingat atau dicatat pada buku strimin anak anda.

Bayangkan hutang sejumlah ratusan juta sampai milyaran rupiah bisa jadi sangat fatal dan banyak pihak yang akan merasa keberatan jika melakukan kesalahan perhitungan.

Sedikit kesalahan perhitungan bisa berdampak sangat besar bagi investor, komisaris, partner, dll.

Pembukuan tentang hutang harus dapat menyajikan keterangan mengenai saldo hutang pada saat tertentu dan mutasi hutang pada saat tertentu dengan membukukan semua transaksi baik penambahan maupun pengurangan hutang sehingga dapat diperoleh keterangan mengenai :

  • Nama dan alamat kreditur
  • Jumlah hutang kepada masing-masing kreditur
  • Saat timbulnya maupun berkurangnya hutang
  • Jenis hutang misalnya hutang dagang
  • Hutang kepada pegawai
  • Hutang kepada pemegang saham
  • Hutang jangka panjang
  • Hutang jangka pendek dan hutang bank
  • Kewajiban pembayaran bunga
  • Tanggal jatuh tempo
  • Keterangan lainnya yang berkaitan dengan hutang.

PembukuanTentang Modal

Pengertian modal meliputi modal yang disetor oleh pemilik atau pemegang saham dan Iaba ditahan atau laba yang belum diambil oleh pemilik.

Pembukuan tentang modal harus memuat secara terinci mengenai besarnya modal pada awal periode, perubahan-perubahan penambahan maupun pengiriman modal dan besarnya modal pada akhir periode.

Dalam hal dilakukan penilaian kembali atas aktiva yang diperkenankan berdasarkan Peraturan Pemerintah, maka selisih penilaian kembali merupakan salah satu unsur permodalan yang harus dibukukan tersendiri.

Pembukuan Tentang Penghasilan

Pembukuan tentang penghasilan harus dapat menyajikan keterangan tentang besarnya penghasilan yang sebenarnya diterima atau diperoleh selama periode tertentu yang dapat dikelompokkan lebih lanjut menjadi:

  • Penghasilan dari pekerjaan,.misalnya upah, gaji, honorariun, praktek dokter, notatis, akuntan publik dan sebagainya;
  • Penghasilan dari kegiatan usaha, misalnya penjualan tunai atau kredit;penghasilan dari modal, misalnya bunga, dividen, royalti, sewa, keuntungan karena pengalihan harta;
  • Penghasilan lainnya, misalnya pembebasan hutang, jasa giro dan menang lotere.

Pembukuan juga harus mencantumkan secara jelas dan terinci mengenai:penyerahan barang atau jasa yang terhutang PPN, penyerahan barang atau iasa yang tidak terhutang PPN, penyerahan barang yang dikenakan tarif 0%, penyerahan barang atau jasa yang PPN terhutangnya tidak dipungut, penyerahan barang yang PPN-nya dibebaskan, penyerahan barang yang PPN-nya ditangguhkan pengenaannya, penyerahan barang atau jasa yang PPN-nya Ditanggung Pemerintah, penyerahan barang yang dikenakan PPnBM.

Apabila terjadi retur penjualan, maka selain harus dibukukan dalam buku retur penjualan, juga harus dilakukan dalam buku penjualan dan mengurangi jumlah penjualan maupun pajak keluaran dalam periode terjadinya penjualan retur tersebut.

Sedangkan dalam hal terjadi pengambilan barang dari persediaan selain untuk keperluan usahanya, misalnya untuk pemakaian sendiri, hadiah dan untuk contoh (sampel) harus dibukukan secara jelas dan terinci, karena transaksi tersebut digolongkan sebagai penyerahan dan terhutang PPN/PPnBM.

Selain itu, dari pembukuan tentang penghasilan harus dapat diketahui dengan jelas penghasilan yang merupakan obyek pajak dan penghasilan yang tidak termasuk sebagai obyek pajak.

Pembukuan Tentang Biaya

Pembukuan tentang biaya harus dapat menyajikan keterangan mengenai biaya yang sebenarnya dibayarkan atau terhutang selama periode tertentu.

Selanjutnya dari penghasilan tersebut harus pula dapat diketahui secara jelas biaya-biaya yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto sesuai dengan ketentuan perpajakan.

Misalnya biaya-biaya yang berkaitan dengan hubungan kerja seperti pemberian kenikmatan dalam bentuk natura harus dipisahkan secara jelas dari pembayaran dalam bentuk uang karena pemberian kenikmatan dalam bentuk natura tidak boleh dikurangkan dari penghasilan bruto.

Pembukuan juga harus mengungkapkan secara jelas dan terperinci mengenai:penyerahan barang atau jasa yang terhutang PPN, penyerahan barang atau jasa yang tidak terhutang PPN, penyerahan/impor barang atau pemanfaatan jasa yang PPN terhutangnya tidak dipungut, penyerahan/impor barang yang PPN-nya dibebaskan, penyerahan/impor barang yang PPN-nya ditangguhkan pengenaannya, penyerahan/impor barang atau pemanfaatan jasa yang PPN-nya Ditanggung Pemerintah, penyerahan/impor barang yang dikenakan PPnBM.

Apabila terjadi retur pembelian, maka harus dibukukan dalam buku retur pembelian dan mengurangi jumlah pembelian maupun pajak masukan dalam periode terjadinya retur pembelian tersebut.

Terselenggaranya pembukuan yang lengkap dan terinci mengenai semua transaksi yang telah dilakukan akan memberi manfaat antara tain memperriudah Wajib Pajak dalam mengisi SPT, Penghasilan Kena Pajak dapat dihitung dengan tepat oleh Wajib Pajak dan Wajib Pajak dapat mengetahui secara pasti mengenai posisi keuangan serta hasil kegiatan usahanya.

Pembukuan Tentang Harta Lainnya

Pembukuan tentang harta lainnya harus dilakukan sedemikian rupa sehingga dapat diketahui keterangan mengenai : nilai perolehan masing-masing harta tersebut, saat timbulnya harta yang bersangkutan, penambahan maupun pengurangan harta.

Melakukan pembukuan yang baik dan benar memang bisa jadi hal yang sangat ribet dan membutuhkan ketelitian super.

Jika anda merasa was-was tidak bisa melakukan pekerjaan ini dengan tepat karena pengalaman dan jam terbang masih sebatas UMKM, ada baiknya menggunakan jasa pembukuan UMKM saja.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Fotocopy Untuk Pemula di Tahun 2022


Tinggalkan Balasan