Keunikan dan inovasi baru jajan cerorot

Artikel

Cerorot merupakan salah satu jajan khas Lombok yang tak kalah lezatnya dengan jajanan khas Lombok lainnya. selain itu, cerorot memeiliki beberapa keunikan yang membuat jajan ini berbeda dengan jajanan lainnya, baik dari segi bentuk, cara pembuatan, hingga cara mengkonsumsinya.
a. Segi bentuk.
cerorot memiliki bentuk yang unik seperti kerucut, cara pembuatan wadahnyapun harus memiliki keahlian khusus, sehingga tidak semua orang bisa membuatnya dan daun yang harus digunakan sebagai wadah harus daun kelapa atau janur kuning.

DSC_0639
b. cara pembuatan cerorot inovasi baru
Cara pembuatan cerorot dengan inovasi baru ini hampir sama dengan cara pembuatan cerorot biasa. Yang berbeda adalah bahan yang digunakan tanpa menggunakan gula merah, diganti dengan bawang goreng, udang rebon/ udang kecil-kecil  yang sudah digoreng, wortel dan daun seledri selain bahan lainnya seperti tepung beras, santan kental dari butir kelapa, dan garam
Adapun cara pembuatannya :
1.    Campurkan semua bahan seperti santan, garam, dan terakhir tepung beras secara perlahan . Lalu aduk rata hingga mendidih.
2.    Tempatkan wadah cerorot atau janur kelapa yang sudah dibuat berbentuk kerucut tersebut kedalam lubang- lubang kelakat. Dengan catatan, saat pembuatan wadahnya yang harus diperhatikan adalah bagian bawah dan atasnya. Bagian bawah harus kecil dan rapat, dan bagian atas harus disemat agar tidak lepas.
3.    tuang adonan tepung beras ke dalam kerucut-kerucut kurang lebih 3/4 bagian.
4.    Kukus hingga adonan tepung hampir matang (sekitar 15 menit) lalu tuangkan udang rebon yang sudah digoreng, wortel, daun seledri, dan taburi bawang goreng kemudian tuangkan kembali adonan tepung beras sekitar setengah senti.
5.    Diamkan beberapa menit hingga benar- benar matang.
6.    Cerorot siap disajikan.
Keunikan dalam pembuatan cerorot ini terletak pada waktu pembuatannya, yaitu cerorot biasanya dibuat pada saat perayaan acara pernikahan di Nusa Tenggara Barat, khususnya di pulau Lombok. terdiDan terdiri dari 2 warna, yaitu cerorot merah dan cerorot putih.

05112011002IMG_7246
c. cara mengkonsumsi.
Cara mengkonsumsi cerorot yaitu tidak dengan membuka langsung semat yang diatas, lalu disantap. Tapi dengan menekan atau mendorong ujung bawah yang runcing hingga keluar isinya. Oleh karena itu selain berfungsi untuk mengenyangkan perut, jajan khas Lombok ini juga berfungsi untuk melihat asal usul orang yang memakannya apakah asli Lombok atau tidak. Karena cara mengkonsumsinya yang berbeda tadi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *