Kotornya Rinjani

Opini

Kotornya Rinjani

Gunung rinjani merupakan gunung aktif yang terdapat di pulau Lombok dan merupakan gunung tertinggi di NTB, ketinggian gunung ini mencapai 3627 mdpl. Rinjani merupakan objek wisata yang sangat diminati para pendaki baik lokal maupun mancanegara. Keindahan alam disuguhkan mulai dari pintu masuk pendakian hingga puncak. Kawasan rinjani merupakan kawasan yang sangat subur, terdapat banyak titik sumber mata air yang tersedia di jalur pendakiannya. Dan di puncak terdapat danau yang sangat indah, dan terdapat ikan. Inilah yang menjadi andalan kawasan wisata penadkian rinjani ini.

Namun di balik keindahannya, ternyata rinjani menyimpan ketidak sedapan penikmatnya, diantaranya sampah dan kotoran. Pada musim pendakian, kita bisa melihat bermacam-macam sampah yang berserakan di jalur pendakian, pos-pos pendakian, sampai puncak. Bukan hanya sampah, kotoran pun ikut mengotori keindahan gunung ini. Para pendaki yang biasa membuang kotoran biologisnya tidak menguburnya ataupun menutupinya, alias dibiarkan begitu saja menjadi santapan mata dan hidung. Sungguh tidaklah enak dipandang mata dan dihirup.

Bagaimana upaya pemerintah untuk menanggulangi ini?. Sebenarnya untuk mencegahnya bisa saja, misalnya dengan cara memberikan peringatan kepada para pendaki dalam proses perizinan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menimbun kotoran bila tidak ada tempat yang memadai untuk membuang kotoran. Dan kesadaran para pendaki sangat dibutuhkan untuk mau menyadari bahwa membuang sampah dan membuang kotoran harus pada tempatnya, atau setidaknya sampah dapat dibakar, dan kotoran dapat dikubur, agar keindahan alam gunung rinjani tidak ternodai.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *