Kue Temerodok

Artikel, Kepenulisan, Non Fiksi

Temerodok 

 

Kue temerodok adalah salah satu jenis kue yang sangat digemari oleh banyak orang. Kue temerodok ini banyak terdapat di Desa Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur, karena kue ini dibuat pertama kali di Desa Sakra. Sehingga merupakan salah satu ciri khas jenis kue buatan Sakra. Mula-mula kue temerodok ini dibuat sebagai makanan ringan saja, tetapi lama-kelamaan merupakan suatu usaha yang diperjual belikan dilingkup desa sekitar. Tetapi karena banyak orang yang suka memakannya sehingga dengan cepat menyebar luas ke berbagai daerah melalui usaha dagang. Kue temerodok ini sangat cocok untuk dihidangkan sebagai pelengkap dalam pesta maupun acara-acara biasa.

Desa Sakra merupakan salah satu daerah yang berada di Lombok Timur. Daerah ini dahulu merupakan tempat yang sangat terpencil dan jarang dikunjungi oleh masyarak baik dari perkotaan maupun pedesaan. Pada daerah ini banyak pedagang kecil dan menengah yang mengadu nasib di sana. Namun kondisi Desa Sakra pada saat sekarang sudah sangat baik, apalagi dengan adanya kue temerodok, banyak pembeli yang datang karena kue temerodok sudah terkenal di mana-mana. Peranan kue temerodok dalam perekonomian pada dasarnya sudah besar sejak dulu. Namun demikian sejak krisis ekonomi melanda, peranan kue temerodok meningkat dengan tajam. Oleh karenanya melalui praktikum kewirausahaan ini kami bermaksud ingin mewawancarai salah satu pembuat kue temerodok untuk diambil data-datanya dan meminta penjelasan tentang cara pembuatan kue temerodok.

Kue temerodok ini bisa dipasarkan secara eceran atau dijual ditempat , dan bisa juga dijual dalam jumlah yang banyak. Bahkan tidak jarang orang membeli dalam bentuk paket (kue temerodok yang dimasukkan dalam sebuah kantong mika). Kadang-kadang banyak pembeli yang memesan untuk dijual lagi di tempat lain seperti: di pasar, di kios, maupun di toko-toko besar.

Selain proses pemasaran di atas, pemasaran juga dapat dilakukan dengan cara promosi langsung kepada pembeli, pada saat kue temerodok dimasak, penjual mencari pembeli dan menawarkannya, sehingga setelah kue temerodok matang pembeli bisa langsung menikmatinya atau dengan cara memasangkan iklan sehingga orang bisa melihatnya bahwa di sana ada produksi kue temerodok untuk dijual. Dengan demikian banyak orang yang datang untuk membeli atau memesan baik untuk dijual lagi di tempat lain maupun untuk keperluan pesta-pesta sebagai kelengkapan dalam hidangan pesta .

Ada dua hal yang menjadi masalah dalam kue temerodok yaitu :

  1. Kue temerodok cepat lemas apabila kena dengan hawa lembab yang terlalu lama dan air.
  2. Kue temerodok ini tidak mesti laris setiap hari, tetapi laris pada bulan-bulan tertentu seperti hari-hari besar.

Supaya tetap baik dan rasanya tetap gurih, kue temerodok harus ditaruh di tempat yang terhindar dari hawa lembab dan air seperti, dibungkus dalam kotak mika atau kantong plastik dan stoples yang ditutup rapat. Agar cepat laris atau tidak tergantung pada bulan-bulan tertentu seperti hari-hari besar, strategi pemasarannya diubah untuk mencapai penghasilan yang maksimal. Penjual harus bisa menarik perhatian pelanggan dengan cara menghasilkan rasa yang berbeda dari sebelumnya atau melakukan pendekatan dengan pelanggan.

Kue temerodok ini membutuhkan dana yang cukup besar lebih-lebih pada bulan tertentu seperti menghadapi hari raya idul fitri dan idul adha, maulid Nabi Muhammad SAW, atau pesta-pesta besar. Untuk itu bagi yang tidak punya cukup dana kadang-kadang mendapat pinjaman dari koperasi. Oleh karena itu, bagi yang menjual kue temerodok harus pandai-pandai menghemat dana yang didapatkan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *