Kurangnya kesadaran arti kebersihan kamar mandi di FKIP, UNRAM

Opini

Kurangnya kesadaran arti kebersihan kamar mandi di FKIP, UNRAM

Kurangnya kesadaran arti kebersihan kamar mandi umum
Kamar mandi merupakan tempat membersihkan badan/mandi, selain untuk mandi, kamar mandi juga berfungsi sebagai tempat pipis atau buang hajat. Untuk itu kamar mandi harus selalu dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman ataupun bakteri. Namun kalau melihat kamar mandi di tempat-tempat umum, seringkali kamar mandinya jauh dari kata bersih. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, pertama kurang sadarnya para pengguna kamar mandi tersebut dan yang kedua tidak ada petugas kebersihan. Seperti kamar mandi yang terdapat di FKIP UNRAM contohnya. Kampus yang menyandang status Negeri ini ternyata tidak memiliki kesadaran akan pentingnya keberadaan kamar mandi. Kalau melihat dari kamar mandinya, kampus FKIP tidak layak menjadi Fakultasnya para keguruan, karena ciri khasnya keguruan tidak hanya dilihat dari kampusnya atau mahasiswanya, melainkan juga kamar mandinya. Kamar mandi yang seharusnya setiap hari dibersihkan, ternyata tidak mendapatkan perhatian sama sekali. Melihat dari kondisi bak penampungan airnya yang sudah kotor, tidak adanya aliran air, bahkan pintu kamar mandinya yang sudah tidak layak disebut pintu, masih saja bepegang teguh pada engselnya.
Seharusnya sebagai kampusnya para mahasiswa, kamar mandi harus mendapatkan perhatian khusus, karena setiap harinya mahasiswa menggunakan kamar mandi untuk membuang air kecil atau sebagai tempat berwudhu. Namun kurangnya kesadaran para mahasiswa maupun mahasiswi membuat kamar mandi menjadi terlihat kotor dan bahkan tidak layak pakai, bahkan kamar mandinya tidak layak disebut kamar mandi. Padahal sebagai mahasiswa yang pasti sudah bisa berfikir dewasa, dengan menjaga kebersihan kamar mandi bersama, didukung dengan penjaga kebersihan yang memang berperan penting juga untuk membersihkan kamar mandi.
Selain itu juga ketidak pahaman mahasiswa mengenai pentingnya menjaga kebersihan kamar mandi mendorong terciptanya rasa ketidak pedulian mereka dalam upaya menciptakan kebersihan kamar mandi. Bagi mahasiswa, mereka masih ada ketergantungan dengan teman-temannya, mereka menganggap masih banyak teman-temannya yang tidak peduli terhadap kebersihan kamar mandinya. Padahal kebersihan kamar mandi yang berada di FKIP merupakan tanggung jawab seluruh warga kampus. Namun sebenarnya kamar mandi yang berada di kampus FKIP UNRAM mampu menjadi kamr mandi yang bersih dan layak dipakai namun perlu adanya kerja sama antar warga kampus dan dengan adanya petugas kebersihan akan tercipta kamar mandi yang bersih dan sehat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *