cover novel layla majnun syaikh nizami cetakan terbaru

Resensi Novel layla Majnun Karya Syaikh Nizami Update 2022

Asal Tulis

Novel Layla Majnun atau Qays dan Laila adalah Sebuah genre novel Romance yang ditakdirkan laris sepanjang sejarah. menjadi perbincangan dari genereasi ke genarasi tanpa henti.

Novel ini juga selalu menjadi objek kajian menarik para kritikus sastra dari berbagai belahan dunia.

Identitas Buku

Judul : Layla Majnun
Penulis : Nizami Ganjavi
Penerbit : Navila
Kota Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2010
Cetakan : Ke-1
Deskripsi Fisik : 236 hlm.
ISBN : 978-979-306-544-1

Sinopsis Novel Layla Majnun

Duhai betapa dunia akan bermuram durja
Bila engkau tidak pernah
berkunjung kerumah seorang kekasih
Dan tidak memiliki seorang kekasih
Untuk menghiburmu

Layla Majnun adalah dua insan manusia yang memiliki ketulusan cinta yang telah membuat mereka menjadi pecinta sejati, yang tak terbatas pada cinta kepada sang kekasih, namun semangat cinta telah membuat Qays dan Layla manusia yang mencintai alam dan cinta perdamaian.

Cinta alih-alih membelenggu,justru membebaskan mereka dari nafsu keduniaan.
Inilah kisah pencarian terhadap kesejatian cinta.

kisah cinta dua anak manusia yang akan membuka mata hati anda tentang makna perjuangan dalam mempertahankan cinta sejatinya dan tentang makna cinta yang akan membuat anda yakin dengan kekuatan cinta.

Wajib Baca: Terlanjur Menjadi Pecandu Narkoba? Hidupmu Belum Berakhir

Unsur intrinsik novel

Adapun yang membangun unsure intrinsic dalam sebuah karya sastra khususnya novel adalah sebagai berikut :

a) Tema

Tema dalam novel”Layla Majnun” yaitu:
• Cinta yang abadi antara anak manusia.
• Tentang kesejatian cinta antara dua insan manusia yaitu Layla Majnun.
• Perjuangan seorang pecinta untuk menggapai cinta sejatinya.
• Cinta yang membuat seseorang pecinta menjadi gila.

b) Tokoh

Tokoh dalam cerita “Layla Majnun adalah:
Tokoh Utama : Layla dan Qays (majnun)
Tokoh Kedua : Naufal,ibnu salam
Tokoh Ketiga / Tokoh Pembantu : syed Omri,ayah layla,ishaq dan zayd
Tokoh Piguran : ibu Qays atau majnun,warga.

c) Penokohan

Disini terdapat penokohan dari tokoh dari novel”layla majnun” yaitu :

Tokoh utama

Tokoh Layla “disini digambarkan sebagai gadis yang cantik yang sabar dan penurut, akan tetapi ia lemah sehingga ia tidak mempunyai kekuatan untuk menolak perintah ayahnya.

Layla yang sabar menunggu kekasihnya sampai ia terkubur oleh tanah dengan batu nisan”.
Tokoh Qays(Majnun) “yang memiliki sifat yang mudah putus asa dengan dikisahkan bagaimana perilaku Majnun setelah ia pisah dengan Layla.

Majnun yang hidup dengan keputusasahan dan penderitaan hanya karena cintanya pada Layla. Perilaku Majnun yang dianggap banyak orang bahwa ia gila sehingga ia dijuluki Majnun”.

Tokoh kedua

Tokoh Nufal “seorang penggembara yang terkenal yang memiliki sifat pemberani, bersahabat, baik, dan jujur.

Hal itu bisa dilihat ketika Naufal menolong Majnun, dan Naufal rela menukarkan nyawanya dan berperang melawan kabilah Qhatibiah asal keluarga Layla menyetujui Qays untuk meminang Layla meskipun Naufal gagal karena ia tidak tega dengan ayahnya Layla”.

Tokoh Ibnu Salam “suami Layla, Ibnu Salam yang sabar menunggu sampai Layla bisa mencintai sepenuh hatinya sampai Ibnu Salam wafat karena rasa sakit dalam hati yang diderita karena cintanya pada Layla”.

Tokoh ketiga/Pembantu

Tokoh seyh Omri ayah dari Majnun” yang memiliki sifat bijaksana dan baik dengan kekayaannya yang berlimpah akan tetapi ia tidak begitu mengenal apa itu cinta sebenarnya, ia lebih membangga-banggakan kekayaannya yang berlimpah.

Yang dalam kisah ia datang meminang Layla untuk Qays dengan membawa emas yang belimpah. Ia mengira dengan emas ia bisa membawa Layla untuk anaknya yang gila karena cinta”.

Tokoh ayah Layla “memiliki sifat yang tegas dan sangat mempunyai pendirian, dan sangat menjaga harga diri dari bani Qhatibiah, hal itu bisa dilihat ketika ayah Layla menjauhkan Layla dari Qays dan ia tidak sudi menikahkan puterinya yang cantik jelita dengan orang gila, ia tidak mau mencoreng nama baik Bani Qhatibiah”.

Tokoh Iskhaq dan Zayd “seseorang yang mempunyai sifat fathonah yaitu seseorang yang dapat dipercaya. Mereka berdua yaitu seseorang yang pernah disuruh Layla untuk menyampaikan pesan Layla pada Majnun”.

Tokoh Piguran

Wajib Baca: Rekomendasi Tempat Menulis ini Lahirkan Sejuta Inspirasi

d) Alur

Alur yang di gunakan dalam novel Layla Majnun adalah alur maju karena menceritakan mulai dari awal bahagianya Layla dan Qays/Majnun ketika mereka bertemu sampai mereka dipisahkan oleh maut meskipun cinta kedua insan manusia tersebut tidak pernah bersatu di dunia tempat mereka hidup.

e) Sudut Pandang

Dalam kisah roman ini, si pengarang menggunakan sudut pandang orang ketiga yaitu tepatnya si pengarang menceritakan kisah seseorang bernama Majnun atau dengan nama aslinya yaitu Qays dan kekasih Qays yaitu beranama Layla.

f) Amanat

Dalam novel yang berjudul Layla Majnun ini saya banyak mendapatkan pesan maupun moral. Kisah seorang Majnun atau Qays yang menjadi gila hanya karena cinta.

Memang benar cinta itu segalanya bagi remaja, cinta bisa menjadi racun sekaligus menjadi obat bagi yang merasakannya.

Dengan cinta kita bisa merasakan indahnya dunia, namun juga karena cinta kita bisa mengalami penderitaan yang tak terukur bagaimana rasanya.

Qays dan Layla, dua sejoli yang sudah terperangkap dalam naungan cinta.

Dalam roman ini kita bisa mengetahui bagaimana cinta itu sesungguhnya, akan tetapi kita tidak boleh teperangkap oleh duri cinta yang mengandung racun sehingga kita lupa akan segalanya, melupakan semua yang ada disekeliling kita, sanak saudara kita bahkan kita melupakan bagaimana hidup yang semestinya.

Bisa dilihat pada Qays yang putus asa ketika dipisahkan dengan Layla. Hidup Qays yang semakin memburuk bahkan dicela semua orang dengan sebutan orang gila.

Qays yang dalam hidupnya hanya bisa menyebut nama Layla terus menerus dan melantunkan syair-syair indah yang keluar dari bibirnya.

Juga dalam kisah novel ini kita bisa memetik kebijaksanaan dalam kehidupan. Kita tidak butuh semua harta ataupun kekayaan melimpah ketika harta itu tidak bisa ditukar dengan keindahan yang dirasakan oleh Qays.

Keunggulan dan kelemahan novel Layla Majnun

1. Keunggulan Novel

  • Mengajarkan kita makna cinta yang sesungguhnya.
  • Sebuah cerita yang sangat menarik yang dapat menginspirasi seseorang untuk mencintai dengan tulus.
  • Kata-katanya mudah dipahami.
  • Alur ceritanya mudah dipahami karena menggunakn satu alur yaitu alur maju.

2. Kelemahan novel

  • Kurang tebal
  • Ending ceritanya kurang bagus.
  • Gaya bahasa pada syair yang digunakan cukup sulit dipahami.

Kesimpulan

Novel ini pantas dibaca untuk siapa saja, terutama untuk kaum pecinta. Sesuai konsep nya yang inspirasional, novel ini memberikan kita banyak inspirasi, pesan dan kesan yang dapat mengalir hingga ke lubuk hati dan pikiran.

Sebuah novel yang mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana.

Baca Juga: Resensi Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *