Macam-macam Asuransi dan Manfaatnya

Artikel, Ekonomi, Non Fiksi

Macam-macam Asuransi dan Manfaatnya

Asuransi menjadi populer seiring dengan rencana pelepasan jaminan kesehatan yang seharusnya menjadi tanggungan negara. Beberapa produk asuransi banyak dipromosikan lewat berbagai media massa baik elektronik maupun cetak. Bagi orang awam yang tidak begitu memahami asuransi, promosi asuransi ini tentunya membingungkan. Sebelum Anda memilih asuransi yang tepat untuk Anda dan keluarga, ketahui lebih dulu macam-macam asuransi dan juga manfaatnya berikut ini:

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa biasanya memberikan keuntungan kepada keluarga tertanggung. Beberapa asuransi hanya memperbolehkan pembayaran klaim setelah kematian pihak tertanggung. Namun beberapa asuransi lainnya memperbolehkan penarikan dana sebelum kematian pihak tertanggung. Banyak orang membeli polis asuransi jiwa untuk menjaga keluarganya jika sesuatu terjadi padanya.

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan hanya diperuntukkan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kesehatan seseorang. Biasanya masalah kesehatan ini disebabkan oleh penyakit tertentu yang diharuskan untuk menjalani perawatan pada pihak tertanggung. Biasanya upaya perlindungan yang diberikan adalah melindungi tertanggung dari cedera, cacat, sakit hingga kematian karena kecelakaan.

Asuransi mobil

Asuransi mobil biasanya digunakan untuk mengatasi masalah cedera atau kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan tertanggung. Asuransi kendaraan ini juga dapat diklaim untuk kehilangan dan kerusakan kendaraan pihak tertanggung. Biasanya pemegang asuransi ini adalah pemilik mobil hingga sopir kendaraan umum.

Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan ini digunakan untuk menjamin kelangsungan pendidikan seseorang. Biasanya para orangtua sering menggunakan asuransi ini untuk menjamin pendidikan buah hatinya. Pembeli polis akan membayarkan sejumlah uang tertentu untuk membayar premi asuransi.

Asuransi rumah atau properti

Asuransi ini khusus dibuat untuk melindungi rumah atau properti yang dimiliki seseorang. Biasanya perlindungan yang ditawarkan berupa perlindungan dari kebakaran, kehilangan hingga kerusakan yang menyebabkan rumah atau properti Anda tidak lagi layak digunakan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *