MAJALAH PEMULA KELOMPOK 3 KELAS VB

Artikel

Salam Redaksi

Segala puji bagi Allah SWT. Karena berkat rahmat dan ridho-Nya majalah jurnalistik ini dapat terselesaikan. Walaupun banyak mengalami beberapa hambatan mengenai lokasi atau narasumber tempat kami mencari berita. Adapun laporan utama yang kami angkat dari pembuatan majalah jurnalistik ini adalah mengenai isu kebijakan pemerintahan Jokowi-Jk yang tidak akan membuka penerimaan CPNS selama lima tahun, dengan agle Penerimaan CPNS melalui sistem online, Terbatasnya formasi penerimaan PNS, dan Pemerintah melibatkan pihak swasta dalam upaya menanggulangi pengangguran.
Isu mengenai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintahan Jokowi-Jk yang tidak akan membuka penerimaan CPNS selama lima tahun merupakan suatu berita yang menarik untuk kami bahas, karena isu ini sangat mengejutkan bagi sebagian besar masyarakat, karena tidak tanggung-tanggung, isu itu mengatakan bahwa tidak akan dibukanya penerimaan CPNS itu selama lima tahun. Kami pun, mencari tentang kejelasan berita itu dengan mendatangi Kantor Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan Pelatihan, MATARAM. Dengan narasumber Darsiah, S.Sos. M.H, selaku (Kasubbag Umum dan Kepegawaian).
Selain kami menanyakan mengenai kebijakan pemerintah Jokowi-Jk yang tidak akan membuka penerimaan CPNS selama lima tahun, kami pun menanyakan mengenai sistem baru yang digunakan dalam penerimaan CPNS yaitu menggunakan sistem online, dan sedikitnya CPNS yang diterima, serta bagaimana upaya pemerintah dalam menanggulangi pengangguran, semuanya kami bahas dalam majalah jurnalistik ini. Adapun tim redaksi yang terlibat dalam penyelesaian majalah jurnalistik ini adalah sebagai Pemimpin redaksi : Lalu Toni Suherman, Sekretaris redaksi : Irma Suyatna Rizki, Reporter : Lailatul Badriah , Editing : Husnul Fatimah, Fotografer/ karikatur : Siti Latipah dan Kartina. Kami segenap tim redaksi ingin mengucapkan selamat membaca !!!

Tajuk
Berita pokok yang dibahas dalam majalah jurnalistik ini adalah tentang kebijakan pemerintahan Jokowi-Jk yang tidak akan membuka penerimaan CPNS selama lima tahun, dan kami pun mengkonfirmasi masalah ini kepada kantor yang menaungi masalah pengurusan SK PNS, yaitu kantor (Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan Pelatihan Provinsi NTB) dengan narasumber Darsiah, S.Sos. M.H, selaku (Kasubbag Umum dan Kepegawaian). Mengenai isu yang kami bahas yaitu berkaitan dengan seputar dunia PNS.
Kami tidak hanya sekedar membahas tentang isu pemerintahan Jokowi-Jk yang tidak akan membuka penerimaan CPNS selama lima tahun, akan tetapi kami juga membahas tentang penerapan sistem baru penerimaan CPNS, yaitu sistem online yang merupakan cara yang paling efektif untuk menghindari adanya indikasi kecurangan, karena dengan sistem online, peserta ujian CPNS akan langsung tahu tentang skor nilai mereka berapa, sehingga indikasi kecurangan itu tidak akan pernah terjadi.
Selain itu, kami juga membahas mengenai formasi penerimaan PNS yang terbatas, akan tetapi hal itu bukanlah semata-mata kemauan dari pemerintah, melainkan pemerintah pusat telah melakukan survey terhadap hal itu, dimana setiap keputusan yang di ambil harus mempertimbangkan banyak hal, serta dalam majalah Jurnalistik ini kami membahas tentang upaya-upaya pemerintah dalam menanggulangi pengangguran, yaitu pemerintah banyak melibatkan pihak swasta.
Harapan kami setelah pembaca, membaca majalah jurnalistik yang kami buat ini, pembaca dapat menyimpulkan bahwa pemerintah dalam melakukan sebuah kebijakan tentu ada alasannya, tidak semata-mata karena penyalahgunaan kekuasaan yang mereka miliki, melainkan pemerintah telah memikirkan secara matang apa yang terbaik untuk kita, termasuk kebijakan pemerintah yang membatasi formasi penerimaan PNS dan pembaca dapat menyadari bahwa peran pemerintah dalam menaggulangi banyaknya pengangguran sangatlah besar, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam menanggulanginya adalah dengan cara melibatkan pihak swasta.

Berita
PEMERINTAHAN JOKOWI-JK TIDAK AKAN MEMBUKA PENERIMAAN CPNS SELAMA 5 TAHUN

Pemerintahan Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni tidak akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selama lima tahun. Isu ini di bantah oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Darsiah yang ditemui di kantornya (Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan Pelatihan Provinsi NTB) hari Selasa (23/12/14), pukul 11.03 wib. Ia mengatakan bahwa “Hal tersebut masih sekedar isu belum pasti pelaksanaanya, karena tidak ada surat resmi, hal ini pun pertama kali disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) Yuddy Chrisnandi, hal ini merupakan isu pertama yang beliau katakan setelah dilantik. Gubernur NTB pun mempertanyakan tentang kebenaran isu ini. Akan tetapi, jika memang benar isu itu akan diterapkan pelaksanaanya, maka pelaksanaanya itu tidak berlaku pada tenaga guru dan kesehatan. Karena tenaga guru dan kesehatan hanya sedikit yang menjadi PNS, lebih banyak yang masih honor sehingga penerimaan CPNS untuk tenaga guru dan kesehatan akan tetap dibuka setiap tahun.”, ucapnya (Darsiah).

PENERIMAAN CPNS MELALUI SISTEM ONLINE

Wawancara bersama Narasumber, Darsiah, S.Sos. M.H
(Kasubbag Umum dan Kepegawaian)

Beralih dari pembahasan mengenai kebijakan pemerintahan Jokowi-Jk yang tidak akan membuka penerimaan CPNS selama lima tahun. Penerimaan CPNS tahun 2014 dibuka dengan menggunakan sistem online. Penerimaan CPNS dengan Sistem online ini merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya aksi suap-menyuap atau kesewenang-wenangan para pejabat untuk mempromosikan sanak saudaranya agar menjadi PNS. Hal ini dikatakan oleh Darsiah, selaku Kasubbag Umum dan Kepegawaian yang ditemui dikantornya, hari Selasa (23/12/14). Ia mengatakan bahwa “ Dengan penerimaan sistem online ini, waktu tes CPNS sedang berlangsung, kita langsung pasangkan LCD sehingga kita langsung online. Dan sekarang tes CPNS itu tidak di awasi karena ruangan sudah dilengkapi dengan kamera cctv. Sehingga penerimaan CPNS dengan sistem online ini adalah cara yang paling efektif, karena benar-benar murni, tidak ada celah untuk sembunyi titip sana, titip sini oleh para pejabat yang ingin menjadikan anaknya atau sanak keluarganya untuk menjadi PNS, karena telah disaksikan oleh semua orang dan peserta sudah tahu nilainya, sehingga dapat langsung di jawab tentang lulus tidaknya peserta CPNS. Dan apabila terjadi kasus penipuan itu adalah suatu hal yang bodoh.” Ujarnya (Darsiah).

TERBATASNYA FORMASI PENERIMAAN PNS

Darsiah, S.Sos. M.H
(Kasubbag Umum dan Kepegawaian)

Menanggapi mengenai begitu banyaknya sarjana yang masih menganggur, sedangkan penerimaan calon PNS begitu sedikit, Darsiah yang ditemui dikantornya, hari Selasa (23/12/14) menjelaskan bahwa “Itulah yang direbut oleh masing-masing PEMDA (Pemerintah Daerah) Formasi yang disusun. Formasi disini maksudnya adalah PEMDA misalnya, mengusulkan 200 penempatan tenaga kerja , dan 200 itu adalah meliputi semua jenis tenaga kerja dan yang paling banyak itu adalah tenaga pengajar dan tenaga kesehatan. Dan kemarin NTB mendapat formasi 141 penempatan tenaga kerja, dan dari 141 itu usulannya lebih banyak daripada itu, akan tetapi yang di setujui pusat setelah melakukan survey hanya menjatahkan 141 penempatan.
Oleh karena itu, formasi penerimaan PNS itu tidak mudah seseorang untuk mendapatkannya, sehingga Kabubaten ada yang dapat 30, dan ada yang mendapatkan 40 penempatan dan itu direbut oleh sekian ribu orang. NTB saja yang dijatahkan 141 penempatan tenaga kerja direbut oleh 12.000 orang. Dan misalnya pada pilihan pertama, jurusan Pertanian yang dicari hanya dua penempatan, akan tetapi dengan sedikitnya penempatan tenaga kerja untuk jurusan Pertanian, pendaftar CPNS dengan lulusan sarjana pertanian dapat memilih pilihan kedua, yaitu yang dapat di isi oleh semua sarjana, termasuk perencanaan, auditor, jurusan yang sangat teknis seperti Pertanian dapat mengikuti pilihan kedua tersebut, karena dibuka untuk semua jurusan. Dan PNS sekarang namanya adalah ASN (Aparatur Sipil Negara). Aparatur Sipil Negara terbagi menjadi dua, yaitu PNS dan pegawai P3K (Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja kontrak), kalau tidak lulus di PNS dapat ikut di kontrak, seperti pegawai PLN yang memakai sistem kontrak.” Ucapnya (Darsiah).

PEMERINTAH MELIBATKAN PIHAK SWASTA DALAM UPAYA MENANGGULANGI PENGANGGURAN

Pemerintah dalam upaya menanggulangi pengangguran, terlebih banyaknya para sarjana yang menganggur dengan sedikitnya formasi penerimaan CPNS yang disediakan oleh Pemerintah. Pemerintah berencana akan melakukan terobosan-terobosan dengan melibatkan pihak swasta. Hal ini diperjelas oleh Darsiah yang ditemui dikantornya, hari Selasa (23/12/14), yang mengatakan “Upaya Pemerintah dalam menanggulangi pengangguran adalah dengan melakukan terobosan, tentunya dengan banyak-banyaknya melibatkan pihak swasta, seperti perusahaan-perusahaan yang masuk ke NTB, dengan begitu tenaga dapat disalurkan. Seperti sekarang yang sudah berlangsung adalah tes untuk Rumah Sakit yang baru dekat Pertamina di Kekalik, peserta tesnya 700 orang, ini merupakan salah satu upaya Pemerintah, karena dapat menerima 300 orang. Artinya tidak semua yang pengangguran tidak mesti semuanya harus menjadi PNS, merupakan suatu hal yang tidak mungkin dari sekian puluh juta penduduk, yang penting dia bisa bekerja walaupun itu di sektor swasta.
Ada juga kemarin upaya pengiriman tenaga kerja antar provinsi, yaitu kerjasama dengan Kalimantan Timur dengan NTB. Ada Insinyur-insinyur yang dikirim memang untuk itu, ada juga yang meskipun bukan pegawai negeri, PSS misalnya, PSS itu yang dibutuhkan sarjana peternakan, dengan sistem kontrak sehingga tidak mesti harus menjadi seorang Pegawai. Dan upaya Pemerintah dalam bidang pariwisata adalah dengan mengembangkan tempat-tempat wisata. Dan pada tahun 2015-2016 InsyaALLAH akan dibuka STPN (Sekolah tinggi pariwisata negeri) dan itu masih dalam studi kelayakan, diterima atau tidak, nanti pusat yang menentukan. Dan sekarang NTB banyak melakukan terobosan-terobosan, yaitu dengan adanya IPDN disini, sehingga banyak orang sini yang nantinya akan jadi dosen, kalau melamar ke pusat belum tentu dia akan lulus.” Ucapnya (Darsiah).
Human Interest
Batu Bata Sumber Dari Kehidupan Inaq Saminah

Foto Inaq Saminah Inaq Saminah sedang menyusun batu-bata

Rambutnya telah memutih, kerutan kulitnya pun seakan menandakan usianya yang telah lanjut. Namun, semangatnya tak pernah luntur ketika membicarakan tentang bagaimana melanjutkan hidup demi mendapatkan sesuap nasi dan membiayai anak-anaknya untuk sekolah, apapun dia lakukan termasuk harus membuat batu bata.

Begitulah gambaran singkat tentang sosok perempuan yang telah memasuki usia senja ini, dibalik usianya yang telah senja ia pun rela bekerja membuat batu bata. Masyarakat di kampungnya memanggil ia dengan panggilan Inaq Minah, ia tinggal di Kecamatan Kuripan, Desa Pelabu. Inaq Minah yang memiliki nama lengkap Inaq Saminah (58 thn) memiliki seorang suami bernama Zainal (70 thn) yang memiliki profesi yang sama dengannya yaitu membuat batu bata. Inaq Minah juga memiliki tiga orang anak, yang semuanya masih mengenyam pendidikan. Kami menemui Inaq Minah disaat ia sedang menyusun batu bata disalah satu kebun tempat pembuatan batu bata. Kebun tempat pembuatan batu bata itu pun bukan merupakan kebun miliknya, melainkan kebun milik orang lain. Sehingga hasil dari penjualan batu bata tersebut dibagi dua dengan orang yang memiliki kebun tempat pembuatan batu bata tersebut.
Dikala musim hujan telah datang, seperti saat ini pembuatan batu bata tersebut tidak bisa dilakukan karena terhalang oleh air hujan, yang akan membuat batu bata tersebut hancur, kembali menjadi tanah, sehingga pemasukannya menjadi berkurang. Hal ini terasa sangat sulit bagi Inaq Minah, mengingat anak-anaknya yang masih mengenyam pendidikan, yaitu sampai saat ini anak pertamanya masih duduk di bangku kuliah semester lima. Ia mengatakan kepada kami, bahwa ia rela hidup serba kekurangan asal anak-anaknya dapat bersekolah, agar ia tidak menjadi seperti saya, agar dia menjadi orang berada, yang dikatakan dengan bahasa sasak “ aku siq rele hidup susah anak ke, yang penting kanak-kanak ni mauk sekolah, adekn deq jari maraq aku, adeq jari dengan araq“. Melihat kejadian ini, kami merasa salut akan perjuangan Inaq Minah, yang meski dalam kehidupan yang serba susah, ia masih mementingkan pendidikan untuk anak-anaknya.
Bisa dibayangkan untuk makan saja sudah susah, apalagi untuk membiayai anaknya sampai ke perguruan tinggi. Padahal banyak dari orang-orang yang berprofesi sama dengan Inaq Minah tidak terlalu mementingkan pendidikan untuk anak-anaknya. Kisah kehidupan Inaq Minah ini, merupakan suatu hal yang patut di contoh dan menyadarkan kita bahwa pendidikan bukanlah hanya milik untuk orang yang berada saja melainkan pendidikan juga dapat dimilki oleh berbagai kalangan meski itu orang yang tidak berada.

Resensi Novel
Oleh Lailatul Badriah

 IDENTITAS BUKU

Judul Novel : Closer and Hurted
Pengarang : Yarica Eryana
Penerbit : De Teens
Tahun Terbit : 2014
Tempat Terbit : Yogyakarta
Tebal : 256 Halaman

 TENTANG PENULIS
Yarica Eryana, lahir di Palembang, 14 Januari 1992. Terdaftar sebagai mahasiswi semester akhir kelas ekstensi STIK Bina Husada Palembang, Jurusan Kesehatan Masyarakat. Di tengah kesibukannya yang berprofesi sebagai bidan, ia selalu menyempatkan diri untuk menulis cerpen dan novel.

 SINOPSIS
Terkadang, kita tergiur untuk singgah di tempat yang membuat kita lupa tujuan. Tapi cinta selalu tahu, di mana tempat kita seharusnya kembali. Ini tentang kehebatan cinta, dan diceritakan dengan kehebatan yang sama.
Kim Myung Soo meninggalkan mokpo menuju Seoul Untuk menjadi penyanyi dengan sejuta janjinya pada yoon yeon Hyo. Kegilaannya akan dunia tarik suara membuatnya mengadu nasib dengan mengikuti audisi pencarian bakat oleh salah satu agensi paling berpengaruh di dunia industri musik Korea.
Namun, siapapun tahu kerasnya persaingan di dunia entertainment mampu mengubah peringai seseorang. Masihkah lelaki itu adalah Kim Myung Soo yang selalu menemani Yeon Hyo saat hujan dan petir mengguyur karena Yeon Hyo yang selalu takut akan petir dan hujan.
Di sisi lain, utang budi keluarga membuat ibunda Yeon Hyo menjodohkan gadis itu dengan ChoKyun Hun, lelaki dari keluarga terpandang di Mukpo.
Yeon Hyo pun berada dalam dilema. Kira-kira apa ujung dari penantian dan kerinduan Yeon Hyo pada Myung Soo?

 KEUNGGULAN ISI NOVEL
Novel ini memiliki keunggulan dari segi karakteristik tokoh-tokoh didalamnya yang membuat si pembaca dapat langsung memahami karakter tokoh tersebut. Novel ini juga dibumbui oleh kisah-kisah yang menarik yang mampu mengiris, dan menyesakkan hati pembaca.

 KELEMAHAN ISI NOVEL
Pemilihan kata-kata di novel ini menggunakan bahasa-bahasa serapan yakni banyak menggunakan bahasa korea, seperti nama-nama tokoh dalam ceritanya contohnya Kim Myung Soo, Yeon Hyo, dll. , ada juga dalam sebuah ucapan salam untuk menyapa orang, contohnya Annyeong haseyo, dll.

 SARAN-SARAN TERHADAP NOVEL INI
Penulis novel Closer and Hurted seharusnya tidak menggunakan bahasa korea baik dalam memberikan nama seorang tokoh ataupun kata-kata khusus lainnya, karena ini yang menyulitkan pembaca dalam membacanya.
 MANFAAT ISI NOVEL
Novel ini memiliki manfaat untuk menghilangkan stress bagi pembacanya karena kisah-kisah dalam novel ini sangat menarik khususnya di kalangan remaja.
Opini
PNS TERJUJUR DAN TERBAIK DARI YANG TERBAIK
Oleh Irma Suyatna Rizki

Sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menggunakan Computer Asissted Test (CAT) atau lebih di kenal dengan sistim online, ternyata sempat menuai pro dan kontra dari sejumlah pihak, termasuk pejabat negara. Sistem tes seleksi CPNS berbasis online ini bertujuan untuk membenahi reformasi birokrasi di Indonesia. Penerapan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) menggunakan sistim online dirasakan suatu cara yang paling tepat. Mengingat di negeri ini masih banyak terjadi suap-menyuap, masih banyak terjadi kesewenang-wenangan para pejabat memanfaatkan jabatannya untuk merekrut anak dan saudara-saudaranya untuk menjadi seorang PNS.
Akan tetapi, dengan diterapkannya sistim online ini dipastikan hal di atas tidak akan pernah terjadi. Pasalnya dengan sistim online, kita dapat melihat sendiri berapa nilai yang kita peroleh, kita dapat melihat kelulusan dan ketidak lulusan itu secara nyata, tanpa direkayasa. Meskipun itu adalah seorang anak presiden, semua di sama ratakan, yaitu apa adanya. Sehingga dengan penerapan sistim online ini akan mencetuskan PNS yang terpilih adalah PNS terjujur, karena kelulusannya memang benar-benar murni tanpa rekayasa, tanpa sogokan, dan akan mencetuskan seorang PNS yang terbaik dari yang terbaik, karena persaingan dalam mendapatkan pekerjaan sebagai PNS ini tidaklah mudah harus mengalahkan begitu banyak orang, sehingga PNS yang lulus adalah PNS yang terbaik dari yang terbaik mengalahkan begitu banyak orang-orang yang juga merupakan predikat terbaik.
Sistim online ini juga bertujuan mengembalikan kepercayaan pemerintah dan memberi semangat kepada generasi muda agar berjuang demi menyandang status PNS. Sehingga anak-anak pintar yang tadinya tidak bisa masuk PNS tapi tidak memiliki koneksi sekarang punya kesempatan. Kalaupun, tidak lulus, mereka tidak akan merasa ditipu karena mereka secara langsung dapat melihat bahwa yang lulus memang benar-benar pantas mendapatkannya, dengan kata lain yang lulus memang benar-benar murni tanpa bayar atau memanfaatkan kekuasaan dari keluarganya sebagai seorang pejabat.
Sehingga Indonesia bisa berubah dari semua aspek serta meningkatkan daya saing bangsa. Namun, sungguh sangat disayangkan keakuratan penerapan sistim online ini tidak di imbangi dengan penerimaan formasi PNS yang lebih banyak. Rata-rata di setiap daerah memiliki sedikit formasi untuk mendapatkan status PNS tersebut, seharusnya pemerintah lebih mempertimbangkan lagi hal ini. Mengingat banyak para sarjana yang masih menganggur.

OH….SARJANA BEGITU MALANG NASIBMU
Oleh Irma Suyatna Rizki

Seorang Mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikan dalam perguruan tinggi kurang lebih selama 4 tahun, akan mendapatkan gelar sebagai seorang sarjana. Gelar sarjana itu pun sangat susah payah di dapatkan, begitu banyak pengorbanan yang harus dilakukan untuk mendapatkan gelar sarjana tersebut, dimulai dari pengorbanan waktu yang cukup lama yaitu kurang lebih 4 tahun, pengorbanan biaya kuliah yang tidak sedikit, pengorbanan jiwa raga dalam menghadapi begitu banyak tugas dan sikap beberapa dosen yang begitu sulit dimengerti, segala pengorbanan itu dilakukan oleh seorang mahasiswa semata-mata untuk mendapatkan gelar sarjana. Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan gelar sarjana itu adalah merupakan suatu kebanggaan dan sebagai jembatan menuju kesuksesan dalam meraih cita-cita yaitu mendapatkan suatu pekerjaan sesuai dengan jurusan yang mereka pilih dalam menjalani masa perkuliahan. Akan tetapi, melihat kenyataan yang ada, mahasiswa yang memiliki gelar sarjana begitu sulit untuk mewujudkan hal tersebut, banyak dari para sarjana yang masih menganggur. Bahkan banyak dari para sarjana yang tidak tahan dengan predikat sarjana nganggur, melakukan suatu pekerjaan yang tidak sesuai dengan gelar kesarjanaannya yaitu bekerja dalam pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seseorang yang hanya tamatan SMA, seperti menjaga toko, berjualan dan sebagainya. Hal tersebut dapat terjadi karena banyaknya mahasiswa yang lulus sarjana, tidak di imbangi dengan banyaknya lapangan pekerjaan, sehingga menimbulkan persaingan yang ketat dari para sarjana untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang layak. Belum lagi ada isu yang mengatakan bahwa sekarang penerimaan PNS dilakukan 5 tahun sekali, hmm.. penerimaan PNS yang dilakukan setiap tahun saja para sarjana banyak yang masih menganggur, apalagi ada kebijakan seperti itu. Oh… Sarjana Begitu Malang Nasibmu, perjuangan susah payah mendapatkan gelar itu tidak dibalas dengan mendapatkan pekerjaan yang layak yang sesuai dengan pengorbanan jiwa raga selama menempuh masa perkuliahan. Seharusnya pemerintah dalam menanggapi permasalahan tentang banyaknya sarjana yang menganggur, membuat pemerintah semakin gencar membuka secara luas lapangan pekerjaan , agar para sarjana yang menganggur dapat berkurang.

PENGANGGURAN MEMICU AKSI KEJAHATAN
Oleh Lalu Toni Suherman

Pengangguran merupakan istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran biasanya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian, karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang, sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya. Ketidak dapatan pekerjaan menyebabkan terjadi aksi kejahatan seperti perampokan, penjambretan dan lain sebagainya, sehingga membuat masyarakat menjadi tidak nyaman. Pengagguran di sebabkan karena sulitnya mendapatkan pekerjaan karena kurangnya informasi, rendahnya pendidikan dan keterampilan serta angkatan kerja tidak dapat memenuhi persyaratan yang diminta dunia kerja. Dalam memenuhi kebutuhan seseorang akan melakukan berbagai cara tidak adanya pekerjaan sehingga memicu tindak kriminal.
Dalam hal ini seharusnya Pemerintah lebih tegas dalam mengatasi hal ini dengan cara mengedepankan pendidikan bagi kalangan yang kurang mampu, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat masyarakat di desa desa dengan cara membentuk kelompok kerja dengan memberikan modal dan pelatihan kerja, sehingga dengan cara seperti itu dapat terciptanya lapangan pekerjaan dan masyarakat bisa bekerja . seperti membuat gula aren, minyak kelapa dan kekayaan alam lainnya yang dapat di olah menjadi sebuah usaha di desa.

Puisi
Oleh Lailatul Badriah

Sajak Nista
Ketika asaku tak menjadi kehendakMu
Tak ada kata yang lebih bijak selain IKHLAS
Tuhan
Aku tau segalanya milikMu
Akupun sadar bahwa diri inipun milikMU
Sehingga aku tak punya alasan untuk melawan kehendakMU
Tapi Tuhaaan
Akupun ingin bahagia
Ingin merasakan hidup bersama orang yang ku sayang
Selama ini Kau selalu menawarkan ku yang bukan aku mau
Dan memberikan kepada orang lain apa yang kuinginkan
Kenapa Tuhan???????????????????
Kurang tunduk kah aku kepadaMU
Atau aku begitu nista tuk memperoleh sesuatu yang indah?

HANCUR
Awal perjumpaan kau dan aku
Menghadirkan cinta dihatiku
Kehadiran cinta itu membuat aku menjadi penghianat cinta
Waktuku mencintaimu
Aku buta, tuli dan bisu
Butaku tak mampu melihat sepintas siapa dirimu sesungguhnya
Tuliku tak mampu mendengar nasehat kekasih
Dan bisuku tak mampu mengatakan rasa yang begitu besar untumu
Hingga pada akhirnya semua berujung derita
Aku terbuang oleh kekasih
Olehmupun aku disingkirkan
Kini jadilah aku serpihan yang tak berarti
Kehilangan segalanya

Cerpen
Ku Ingin Kau Yang Terakhir Dalam Hidupku
Oleh Irma Suyatna Rizki

Malam terasa sangat menakutkan bagiku, karena malam membuat segala kesedihan itu berkumpul dari segala sisi. Iya, aku sedang patah hati, hatiku sedih memikirkan cintaku yang tak sampai. Kini dia yang kucinta telah hilang. Lucu memang mengapa perasaan ini bisa ada untuk dia. Untuk dia, yang baru ku temui Cuma beberapa kali, hanya sms-sms nya yang selalu menemui malam-malamku. Sudah satu tahun lebih dia selalu menemani malam-malamku melalui sms. Bagiku sms yang ia kirimkan bukan sms biasa, sms itu seakan membuat ku terhipnotis, dengan segala kedewasaan dan kebijksanaan yang ia miliki. Ku mengenalnya dari aku masih kelas Tiga SMA, namanya Ari. Saat itu dia telah lulus dari SMA dan dia bekerja di Sekolah tempatnya sekolah SMA dulu.
Wajahnya tak hanya rupawan, namun segala prinsip hidup yang begitu kuat membuat ku semakin luluh akan dirinya. Saat itu, aku berpikir bahwa dia berbeda dari lelaki lain yang telah ku kenal sebelumnya. Aku tau sinyal cinta itu telah datang pada kami berdua, namun ia tak kunjung menyatakannya padaku. Aku tau pada saat itu, cinta bukanlah prioritas utama baginya, baginya masa depannya adalah prioritas utama dalam hidupnya. Itu adalah salah satu alasan mengapa aku begitu mengaguminya, sehingga rasa kagum ini berubah menjadi rasa sayang. Hari berganti hari, hubunganku tetap saja begitu, tidak ada kepastian, padahal aku merasakan ia juga memiliki perasaan yang sama padaku, bahkan lebih.
Sehingga perasaan jenuh itu pun datang, aku memilih untuk menerima lelaki lain, meski ku tau hatiku hanya untuk dia. Meski ku telah memiliki kekasih, sms-smsnya tetap menemani malam-malamku. Tak lama aku memilih untuk putus dengan kekasih ku itu, karena hati tak dapat dibohongi. Malam tetap saja begitu, tidak ada kejelasan. Sehingga suatu ketika ia benar-benar hilang dari hidupku. Malam begitu sangat sepi bagiku, hari-hari terasa sangat berat untuk ku jalani. Salah seorang sahabat dekatku, kumala namanya, selalu menyemangati ku, untuk dapat melupakan laki-laki itu. “Sudahlah putri untuk apa lagi kamu memikirkan lelaki seperti itu, lelaki seperti dia tidak pantas untuk kamu pikirkan”. Segala yang kumala katakan padaku adalah benar, untuk apa aku memikirkan lelaki yang tidak jelas sperti dia, tapi sekali lagi perasaan tak dapat dibohongi.
Hari berganti hari, aku tetap saja masih memikirkan lelaki itu, hari-hari ku tak seceria dulu. Hingga ketika ku memasuki masa kuliah, aku tetap saja memikirkan dan mengharapkan lelaki itu. Rasanya aku tak kan mampu untuk jatuh cinta lagi, ku tidak bisa lagi membuka hatiku untuk laki-laki lainnya. Terkadang aku merasa bingung, mengapa ku harus memiliki rasa sayang yang sebesar ini untuknya.
Hingga suatu ketika, tanpa ku sadari ada seorang laki-laki yang benar-benar tulus menyayangiku. Iya, dia adalah Rizki. Rizki adalah teman dekatku yang selalu menemani malam-malam ku melalui sms, dia adalah teman SMP ku dulu. Tanpa ku sadari aku telah melukai perasaannya dengan selalu menceritakan tentang Ari, yang membuatku selama ini patah hati. Tanpa ku sadari melalui segala nasehat yang ia berikan padaku, tersimpan suatu maksud, yah iya menyayangiku. “Sudahlah Put, lupakan saja dia daripada hatimu semakin terluka, mending sama aku saja”. Dari segala sms yang menurutku itu adalah guyonan yang biasa dilakukan oleh teman biasa yang telah akrab, ternyata mengandung perasaan sayang yang besar untuk ku. Tapi, sekali lagi hatiku tidak dapat terbuka lagi untuk laki-laki lain.
Malam ku kini ditemani oleh sms-sms dari Rizki. Aku pun tak mengerti dari sekian lelaki yang mendekatiku, aku tidak malas untuk membalas sms darinya. Sehingga suatu ketika hati itu mulai terbuka sedikit untuk Rizki, hingga aku pun menerima cinta dari Rizki. Jujur perasaan sayang itu masih sedikit untuk Rizki. Tapi, aku pun tidak tahu dan tidak menyadari perasaan itu sedikit demi sedikit mulai tumbuh. Segala pengorbanan, kesabaran yang ia lakukan demi mendapatkan hatiku, membuatku seakan luluh dengan dirinya.
Kini, aku merasakan cinta yang sempurna ketika ku bersama dengan Rizki, aku tetap menjadi diriku sendiri yang apa adanya, karena cintanya yang begitu tulus untukku. Tak pernah ku menemukan sosok lelaki yang seperti ini, yang begitu luar biasa menyayangiku. Aku ingin dia menjadi lelaki terakhirku yang menemani hidupku untuk selamanya.
Dari kisah yang telah ku lalui sebelumnya, aku menyadari bahwa Tuhan akan mempertemukan ku dengan orang yang salah dulu, hingga nanti pada waktunya ku kan dipertemukan dengan orang yang benar-benar baik untuk ku, yang akan menjadi jodohku, dan ku berharap itu Rizki.
Analisis Novel dan Film “Hafalan Shalat Delisa” Dengan Kajian Ekranisasi
Oleh Irma Suyatna Rizki

A. PENGURANGAN :
1. Dari Segi Penokohan :
• Ibu Guru Nur
Dalam Novel, Ibu guru Nur adalah guru Delisa yang akan menguji bacaan hafalan shalat Delisa. Hal ini dapat terbukti dari kutipan novel, sebagai berikut :
“Ibu guru Nur mengambil daftar absen. Mulai memanggil satu persatu anak-anak untuk membaca hafalan shalatnya di depan kelas”.
Selain sebagai guru Delisa yang menguji hafalan bacaan shalat, bu guru Nur adalah orang yang sangat berjasa dengan selamatnya Delisa dari bencana tsunami, bahkan beliau mengorbankan nyawanya dem menyelamatkan Delisa, hal tersebut dapat dijabarkan dari kutipan novel, sebagai berikut :
“ Kerudung ibu guru Nur robek entah dihantam apa saat berusaha menarik tubuh delisa. Tangannya berdarah-darah. Ia setelah tersengal-sengal berhasil meletakkan Delisa di atas papan, tetapi ia segera menyadari sesuatu bahwa papan itu terlalu kecil. Tidak muat untuk mereka berdua. Tak kan mampu menampung dua nyawa , papan itu mulai tenggelam. Ibu guru Nur tidak sempat berfikir panjang. Saat tubuh mereka berdua mulai perlahan tenggelam. Ibu guru Nur melepas kerudung robeknya. Mengikat tubuh Delisa yang pingsan di atas papan sekencang yang ia bisa dengan kerudung itu.”
Akan tetapi dalam film, sosok yang luar biasa yaitu Ibu guru Nur tidak terlalu diperlihatkan, bahkan dalam film ibu Guru Nur hanya berperan sebagai pendamping guru yang menguji bacaan shalat Delisa, dalam film itu yang menguji hafalan bacaan shalat Delisa adalah Ustadz Rahman, sedangkan Ibu Guru Nur hanya mendampingi. Sehingga dapat disimpulkan penokohan Ibu Guru Nur mengalami pengurangan dalam film.

• Prajurit Smith
Dalam Novel, Prajurit Smith adalah relawan asing yang menemukan Delisa, ia kagum melihat Delisa yang wajahnya menenangkan, memberikan semua jawaban. Dan pada akhir itu, prajurit Smith memutuskan untuk masuk agama Islam, hal ini dapat di lukiskan dari penggalan novel berikut ini :
“ Esok subuh prajurit smith akan mendatangi ruangan mushalla yang terdapat di kapal induk itu, patah-patah di bimbing sersan achmed mengambil wudhu. Lantas bergetar menahan tangis mengucap syahadat “
Akan tetapi, dalam film kisah prajurit smith yang mendapatkan hidayah untuk masuk Islam tidak diperlihatkan. Sehingga dapat disimpulkan penokohan prajurit smith dalam film mengalami sebuah pengurangan.

• Kak Ubai
Dalam novel, kak Ubai adalah salah seorang sukarelawan dari Jakarta yang berinisiatif memulai pengajian buat anak-anak di meusanah darurat. Hal ini dapat dilukiskan dari penggalan novel berikut ini :
“ Kak Ubai benar-benar kakak yang baik, kata kak Ubai dia sukarelawan dari Palang Merah Indonesia” .
Tokoh Kak Ubai dalam novel cukup berpengaruh dalam bangkitnya psikologis Delisa dari bencana tsunami, ia sering menemani Delisa, bahkan ia pernah menemani Abi Delisa ke rumah sakit darurat, pada saat itu Delisa sedang sakit dan pada saat itu sedang hujan. Kak Ubai sendiri adalah orang yang menyadarkan Delisa dari kesalahan yang ia perbuat, yaitu dalam melakukan sesuatu Delisa tidak benar-benar ikhlas melainkan mengharapkan agar diberi hadiah. Hal ini dapat dilukiskan melalui penggalan novel berikut ini :
“Orang-orang yang mengalami kesulitan dalam melakukan kebaikan itu, mungkin karena hati Delisa tidak ikhlas, jauh dari ketulusan”
Penggalan novel yang menyatakan Delisa telah menyadari kesalahannya :
“Dan sekarang lihatlah ! Delisa menipu engkau YA ALLAH. Berani sekali Delisa menghafal bacaan shalat itu demi seuntai kalung ini. Delisa menangis tergugu. Kesadaran itu datang. Benar ! Kak Ubai benar sekali ! pintu-pintu kebaikan itu di tertutup bagi orang-orang yang tidak tulus. Dan Delisa benar-benar tidak ikhlas. Tidak tulus. Hanya semata-mata berharap hadiah”.
Akan tetapi, dalam film tokoh kak Ubai sama sekali tidak diperlihatkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa tokoh kak Ubai dalam novel mengalami pengurangan, bahkan penghilangan, karena sama sekali tidak diperlihatkan dalam film, melainkan segala perbuatan tokoh Kak Ubai dalam film digantikan oleh Ustadz Rahman.
• Ibu Guru Ani
Dalam novel, Ibu guru Ani adalah satu- satunya guru Delisa yang selamat dalam bencana tsunami. Ia pun kembali mengajar di sekolah darurat. Mengajar Delisa dan teman-teman Delisa. Hal ini dapat dilukiskan melalui penggalan novel berikut ini :
“Ibu Guru Ani adalah satu-satunya guru SD Delisa yang selamat. Dulu ibu guru Ani mengajar kelas enam. Delisa kasihan sekali melihat Ibu Guru Ani sekarang, terpaksa mengajar semua anak-anak, mulai dari kelas satu sampai kelas enam”.
Akan tetapi, dalam film tokoh Ibu guru Ani tidak diperlihatkan, karena dalam film tidak juga diperlihatkan kembalinya Delisa untuk bersekolah. Sehingga dapat disimpulkan tokoh Ibu guru Ani dalam film mengalami sebuah pengurangan dari kisah novel yang ada.

2. Dari segi Latar
• Tempat
Sekolah darurat :
Dalam Novel, setelah terjadinya bencana alam tsunami. Lhok Nga bangkit dari keterpurukannya, terutama untuk anak-anak agar kembali bersekolah, yaitu di dirikannya sekolah darurat untuk anak-anak di desa Lhok Nga dapat bersekolah lagi. Hal ini dapat terlukis dari penggalan novel berikut ini :
“ Dan kabar baiknya bagi Delisa, setelah memasuki bulan ke tiga, sekolah darurat akhirnya di mulai. Di tenda-tenda.”
Akan tetapi, dalam film kisah mengenai tempat yaitu didirikannya sekolah darurat tidak diperlihatkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa latar tempat dalam film tersebut telah mengalami pengurangan dari cerita novel yang sesungguhnya.

Meunasah darurat :
Dalam novel, setelah terjadinya bencana alam tsunami. Lhok Nga bangkit dari keterpurukannya , terutama untuk anak-anak agar kembali mengaji di Meunasah. Sehingga didirikannya sebuah meunasah darurat agar anak-anak bisa mulai mengaji TPA lagi. Hal ini dapat terlukis dari penggalan novel berikut ini :
”Kak Ubai salah seorang relawan dari Jakarta mengambil inisiatif memulai pengajian buat anak-anak di meunasah darurat”.
Akan tetapi, dalam film kisah mengenai tempat yaitu didirikannya meunasah darurat tidak diperlihatkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa latar tempat dalam film tersebut telah mengalami pengurangan dari cerita novel yang sesungguhnya.

• Suasana
Kereligiusan
Dalam novel, suasana kereligiusan itu tampak ketika Delisa dan ketiga kakaknya selalu melakukan jadwal rutin mereka setelah selesai shalat subuh, yaitu belajar ngaji dengan ummi. Hal ini dapat dilukiskan melalui penggalan novel berikut ini :
“Ummi sedang mengaji, mengajari Cut Aisyah dan Cut Zahra. Fatimah membaca Al-Quran sendiri. Tidak lagi diajari ummi. Ah, kak Fatimah bahkan setahun terakhir sudah khatam dua kali. Ini jadwal rutin mereka setiap habis subuh. Belajar ngaji dengan ummi, meskipun juga belajar ngaji TPA dengan ustadz Rahman di meunasah”.
Akan tetapi, dalam film, suasana kereligiusan itu tidak diperlihatkan. Suasana kereligiusan, yaitu jadwal rutin mereka habis subuh, mengaji dengan ummi tidak diperlihatkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa telah terjadi sebuah pengurangan dalam suasana kereligiusan yang terdapat dalam novel ke film.

B. PENAMBAHAN :
Perpindahan novel hafalan shalat Delisa ke film hafalan shalat Delisa hanya mengalami sedikit penambahan, yaitu sebagai berikut :
1. Dari segi latar
• Suasana
Kebahagiaan
Dalam film, pada akhir cerita Delisa dan Abinya sedang berada di pantai., mereka tertawa bersama di pantai, Delisa bermanja pada Abinya, Abi Delisa menggendong Delisa di tepi pantai. Hal itu dilakukan setelah Delisa berhasil menghafal bacaan shalatnya. Sungguh dalam adegan itu tercipta suasana yang penuh kebahagiaan. Akan tetapi, dalam novel hal di atas tidak tulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat penambahan cerita dari film.

C. PERUBAHAN VARIASI :
1. Dari Segi Penokohan :
• Ibu Guru Nur dan Ustadz Rahman
Dalam novel, yang menguji bacaan shalat Delisa adalah Ibu Guru Nur, akan tetapi dalam film, yang menguji bacaan shalat Delisa adalah Ustadz Rahman, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan variasi diantara tokoh Ibu guru Nur dengan Ustadz Rahman, bahkan dalam film tokoh Ibu guru Nur hanya berperan sebagai pendamping Ustadz Rahman dalam menguji hafalan bacaan shalat Delisa. Dalam novel, Ustadz Rahman hanya berperan sebagai ustadz yang mengajar Delisa mengaji di Meunasah, akan tetapi dalam film peran untuk Ustadz Rahman di tambah, yaitu sebagai guru penguji bacaan hafalan shalat Delisa.

• Delisa
Dalam novel, Delisa yang terluka parah akibat terseret gelombang tsunami diceritakan satu kakinya harus di amputasi dan luka yang terdapat dikepalanya mengharuskan rambut ikal pirang Delisa di pangkas. Delisa gundul total. Hal ini dapat dilukiskan melalui penggalan novel berikut ini :
“Rambut ikal-pirang Delisa di pangkas. Delisa gundul total. Luka-luka kecil di kepalanya di jahit. Muka lebamnya di balsem tebal-tebal. Lebih dari seratus baret di sekujur tubuhnya. Lebih dari dua puluh jahitan di sekujur tubuhnya”.
Akan tetapi, dalam film diceritakan hanya kaki delisa yang di amputasi, tetapi rambutnya tetap dibiarkan panjang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan variasi, dimana dalam novel dikatakan selain kaki Delisa yang di amputasi, rambutnya juga di pangkas sampai gundul total.

• Kak Ubai dan Ustadz Rahman
Dalam novel, yang menyadarkan Delisa dari kesalahan yang ia perbuat, yaitu dalam menghafal bacaan shalat, Delisa tidak benar-benar ikhlas melainkan mengharapkan agar diberi hadiah adalah kak Ubai, kak Ubai juga adalah seorang relawan yang sering menemani hari-hari Delisa dengan kegiatannya, ia memfoto Delisa, mengajak bermain Delisa. Akan tetapi, dalam film peran kak Ubai digantikan oleh Ustadz Rahman, bahkan tokoh kak Ubai sama sekali tidak diperlihatkan dalam film, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan variasi diantara tokoh kak Ubai dengan Ustadz Rahman. Dimana tokoh kak Ubai dalam novel, diperankan oleh Ustadz Rahman dalam film.

• Kak sophi
Dalam novel, kak sophi adalah suster berasal dari luar negeri yang merawat Delisa, selama Delisa masih terbaring sakit. Dalam novel dikisahkan bahwa kak sophi adalah suster yang memakai kerudung. Hal ini dapat dilukiskan dari penggalan novel berikut ini :
“Suster sophi berdoa dalam hati. Menghela nafas sambil memperbaiki kerudungnya”
Akan tetapi dalam film, kak sophi tidak menggunakan kerudung, , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan variasi, dimana dalam novel dikatakan kak sophi adalah suster yang memakai hijab, akan tetapi dalam film, tokoh kak sophi tidak menggunakan kerudung.

2. Dari segi latar
• Tempat
Rumah sakit
Dalam novel, diceritakan bahwa setelah Delisa ditemukan oleh prajurit smith, Delisa langsung dibawa ke rumah sakit kapal induk. Hal ini dapat dilukiskan melalui penggalan novel berikut ini :
“Helikopter super puma mendarat tergesa. Tandu rumah sakit sudah menunggu di pelantaran kapal Induk John F Kennedy. Dua suster berseragam putih juga sudah menunggu. Berita itu cepat sekali sampai. Sersan Ahmed melalui alat komunikasi helikopter segera mengontak rumah sakit kapal Induk”.
Akan tetapi, dalam film, Delisa hanya dibawa pada rumah sakit biasa, yaitu rumah sakit darurat yang terdapat di Lhok Nga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan variasi antara rumah sakit kapal Induk yang terdapat dalam novel ke rumah sakit darurat yang terdapat dalam film.

Tempat Ditemukannya Ummi Delisa
Dalam novel, diceritakan bahwa tempat Delisa menemukan jasad Umminya yang telah menjadi kerangka manusia adalah di sebuah sungai tempat ia mencuci tangan, ia mengenali Umminya karena sebuah kalung yang tergantung pada tangan kerangka itu, dan kalung itu bersimbol huruf D, Delisa begitu terkejut melihatnya. Hal ini dapat dilukiskan melalui penggalan novel berikut ini :
“Delisa gemetar menyeberangi sungai. Celananya basah hingga sepaha. Delisa gentar sekali. YA ALLAH ! seuntai kalung tersangkut. Seuntai kalung yang indah. Delisa serasa mengenalinya. YA ALLAH ada huruf D disana. D untuk Delisa. Delisa terkesiap. Tidak! Bukan karena menatap kalung tersebut. Kalung itu bukan tersangkut di dedahanan. Tidak tersangkut di dedaunan. Kalung itu tersangkut di tangan. Tangan yang sudah menjadi kerangka. Sempurna kerangka manusia. Putih tulang belulang. Utuh. Bersandarkan semak belukar tersebut. U-m-m-I ! Delisa jatuh terjerambab ke dalam sejuknya air sunga. Delisa buncah oleh sejuta perasaan itu. Delisa- Ummi”.
Akan tetapi, dalam film penggalan novel tersebut tidak diperlihatkan, Delisa, entah dalam khayalan atau nyata ia bertemu Umminya pada sebuah pasir pantai, lengkap dengan kalung yang dikenakan dan masih menjadi manusia utuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan variasi tempat ditemukannya Ummi Delisa, yaitu di sungai dalam novel berubah menjadi di pasir pantai di film.
Zodiak

Zodiak Capricorn (21 Desember- 19 Januari)

Karir: Terbuka saja pada atasan Anda, daripada timbul kesalahpahaman yang merugikan diri Anda sendiri.
Asmara: Berhati-hatilah karena ada orang yang sengaja menghasut pasangan Anda.
Keuangan: Pemasukan Anda masih saja seret dan sulit untuk bisa mendapatkan pendapatan yang besar.
Kesehatan: Hindarilah minum air es terlalu banyak, ingatlah bahwa batuk dan pilek mulai datang mengganggu kesehatan Anda.

Zodiak Aquarius (20 Januari- 18 Februari)

Karir: Bekerjalah dengan sungguh-sungguh jangan tunggu waktu sampai berlalu begitu saja.
Asmara: Selalu bersikaplah yang manis, walaupun itu sakit dan perihnya hati Anda saat ini.
Keuangan: Berlakulah hemat dan tidak boros pada minggu ini.
Kesehatan: Karena tenaga Anda masih belum seratus persen fit, maka pandai-pandailah Anda membagi waktu agar tidak terjadi kekacauan dalam keseharian dan kesehatan Anda.

Zodiak Pisces (19 Februari- 20 Maret)

Karir: Temukan cara yang terbaik untuk bisa menyelesaikan segala persoalan yang cukup mengganggu konsentrasi kerja Anda.
Kesehatan: Badan Anda masih terasa lemas, dan itu pertanda bahwa kondisi tubuh Anda belum begitu sehat sehingga tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan aktifitas yang terlalu berat.
Keuangan: Masih stabil dan lancar, Anda tidak perlu terlalu cemas.
Asmara: Lihatlah suatu masalah dari sisi baiknya dan berusahalah untuk selalu berpikir dengan hati dan kepala yang dingin.
Zodiak Aries (21 Maret- 20 April)

Karir: Anda tidak perlu terpancing dengan isu-isu yang beredar, sebab itu hanya akan mengacaukan konsentrasi diri Anda saja.
Asmara: Selalu diskusikan masalah yang tengah dihadapi saat ini dengannya, jangan sampai Anda mengambil keputusan secara sepihak.
Keuangan: Pemasukan Anda masih relatif tinggi, Anda tidak perlu cemas.
Kesehatan: Kondisi badan Anda harus tetap diperhatikan terutama mengenai pola makan yang tampak kacau akhir-akhir ini.

Zodiak Taurus ( 21 April- 20 Mei)

Karir: Berusahalah untuk bisa bersikap tenang meskipun masalah yang Anda hadapi benar-benar sulit.
Asmara: Tidak ada gunanya Anda terus berharap pada sesuatu yang tidak mungkin bisa diraih.
Keuangan: Anda masih punya simpanan, sehingga Anda tidak terlalu pusing.
Kesehatan: Dengan bisa menenangkan pikiran maka juga akan berdampak positif bagi kesehatan Anda. Berpikirlah seringan dan sesantai mungkin.

Zodiak Gemini (21 Mei- 20 Juni)

Karir: Jangan melakukan perbuatan yang semakin memperburuk posisi Anda.
Asmara: Keterbukaan akan membuat semuanya menjadi jelas dan tidak timbul kesalahpahaman.
Keuangan: Pengeluaran Anda masih bisa dikendalikan sehingga tidak akan mengalami pemborosan.
Kesehatan: Hadapilah setiap permasalahan sesuai porsi yang ada, tidak perlu Anda mendramatisirnya karena nanti yang rugi juga diri Anda sendiri.

Zodiak Cancer (21 Juni- 20 Juli)

Karir: Kesuksesan dan kegagalan selalu seiring sejalan, maka dari itu disaat menerima kegagalan sebaiknya Anda tidak perlu terlalu direnungi karena bisa stress sendiri nantinya.
Asmara: Jangan cepat cemas dan berpikiran yang tidak-tidak dengan berita yang ada diluar sana.
Keuangan: Masih banyak pekerjaan yang mampu mendatangkan hasil yang lumayan besar.
Kesehatan: Tenaga Anda tampak terkuras dengan berbagai urusan dikantor, maka dari itu manfaatkan waktu senggang Anda sebaik mungkin untuk bisa beristirahat.

Zodiak Leo (21 Juli – 21 Agustus)

Karir: Yang penting Anda tetap selalu berusaha dan selalu menggunakan rasio dibanding perasaan saja.
Asmara: Jangan punya pikiran kalau dengan berbohong segala urusan akan bisa terselesaikan begitu saja.
Keuangan: Pengeluaran sulit untuk bisa dibendung, meski Anda terus melakukan pengetatan dalam pengeluaran.
Kesehatan: Berolahragalah secara rutin meskipun tidak terlalu berat karena hanya dengan terus berolahraga maka hasilnya akan sangat baik terhadap kesehatan Anda.

Zodiak Virgo (22 Agustus- 22 September)

Karir: Anda jangan takut untuk bersikap lebih tegas dan berani.
Asmara: Teruslah bersikap romantis agar hatinya menjadi semakin luluh oleh Anda.
Keuangan: Cukup stabil dan jauh dari permasalahan yang berat.
Kesehatan: Imbangi dengan makanan yang lebih bergizi dan minum-minuman bersuplemen agar badan Anda tetap terasa segar selalu, jangan sampai kondisi badan Anda terus menurun karena aktifitas yang padat minggu ini.

Zodiak Libra (23 September-22 Oktober)

Karir: Terus perluas hubungan kerja Anda, sebab ada hal baru yang sangat menguntungkan buat Anda.
Asmara: Suasana sudah lebih mesra untuk itu Anda tidak perlu mempermasalahkan persoalan yang sepele.
Keuangan: Pemasukan Anda masih cukup lancar seperti yang Anda harapkan.
Kesehatan: Hindari konfrontasi dengan orang lain karena hanya akan menghilangkan selera makan saja dan tidur Anda menjadi tidak bisa nyenyak.

Zodiak Scorpio (23 Oktober – 22 November)

Karir: Perjuangan Anda akan bisa menemui banyak kemudahan asalkan hati Anda bisa yakin dan optimis.
Asmara: Semakin menyenangkan sehingga hubungan percintaan Anda tampak mesra dan kebahagiaan terus berlangsung dengan indahnya.
Keuangan: Selalu berhematlah agar Anda tidak sampai timbul persoalan baru dalam keuangan Anda.
Kesehatan: Meskipun pekerjaan setumpuk, sebaiknya Anda tetap rileks dan tidak tegang agar badan Anda tidak sampai terlalu capek.

Zodiak Sagitarius (23 November-20 Desember)

Karir: Jangan tunjukkan kelemahan Anda dengan selalu banyak bicara apalagi sampai mengagung-agungkan kehebatan diri Anda.
Asmara: Yang sudah berlalu tidak perlu terus dipikirkan, cobalah untuk bisa lebih santai dengan keadaan Anda sekarang ini.
Keuangan: Selalu ada saja pengeluaran yang harus Anda lakukan sehingga akan membikin pusing kepala saja!
Kesehatan: Dengan banyak beristirahat maka tenaga yang terkuras bisa terkumpul kembali. Hentikan untuk sementara waktu kebiasaan tidur larut malam jika tidak ingin kondisi badan Anda terus menurun.

Tips
Tips Kesehatan

Tips Menjaga Mata.

Mata merupakan organ pada tubuh kita yang sangat berharga. Denga memiliki mata yang sehat, maka kita dapat melihat keindahan dunia beserta isinya. Untuk itulah, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya seperti rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi.
Banyak sekali penyakit mata yang mungkin tidak asing di telinga kita seperti miopi atau rabun jauh, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh maupun dekat, katarak, hipermetropi atau rabun dekat, maupun buta warna yang tidak dapat membedakan aneka warna. Berbagai penyebab penyakit tersebut dapat menimpa mata anda. Seperti miopi yang banyak menimpa kalangan pelajar dan mereka yang sangat hobi dalam membaca buku. Untuk lebih memahami dan mengerti cara menjaga kesehatan mata yang benar. Berikut ini 7 tips mudah menjaga kesehatan mata anda :
1. Perhatikan Jarak Membaca Buku.
Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.
2. Jangan Sambil Tiduran
Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.
3. Pencahayaan Yang Cukup.
Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika belajar atau membaca apapun itu. karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata.
4. Istirahatkan Mata
Usahakan mengistirahatkan mata, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.
5. Jangan Kucek Mata.
Usahakan tidak mengucek mata, ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.
6. Kedipkan Mata
Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop.
7. Makanan Untuk Mata.
Usahakan memakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Tips Kecantikan

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

1. Jeruk Nipis

Bahan
• Teh yang sudah diembunkan semalaman
• minyak zaitun
• Air jeruk nipis
• Minyak Cendana
Caranya
• Campurkan semua bahan diatas tadi lalu oleskan pada wajah
• Pijat dengan lembut wajah
• Diamkan selama kurang lebih 45 menit
• Gosok wajah dengan tangan yang bersih saat campuran tadi sudah kering sehingga semua kotoran terangkat.
• Basuh dengan Sabun, lalu basuh kembali dengan air hangat setelah itu denga air dingin.
• lalu usap wajah dengan handuk kering dan lembut
2. Mentimun

Bahan
• Susu
• Mentimun
Caranya
• Parut dan peras mentimun hingga kita dapat sarinya saja
• Campurkan dengan susu dan masukan kedalam botol
• kocok dan diamkan selama 3 sampai 4 jam
• Saring ramuan tersebut lalu simpan dalam kulkas supaya tetap segar
• PAkailah setiap sore setelah melakukan berbagai macam aktifitas
• Biarkan selama 15 menit bilas dengan air hangat
• Cuci dengan facial foam lalu cuci dengan air dingin
Tips Dapur

Resep Ayam Goreng Rica-Rica :
Bahan utama yakni :
• 1 ekor ayam potong, boleh kok ayam kampung, ayam daging, atau ayam yang lain sesuai selera anda sendiri. Setelah itu potonglah menjadi beberapa bagian
• 2 batang serai, digeprek saja dan lalu dimemarkan
• 1 ruas jahe, digeprek saja dan lalu dimemarkan
• 4 lembar daun jeruk purut, cuci bersih
• selembar daun pandan, cuci bersih
• 1 buah jeruk nipis, peras saja
• segelas air putih
• 5 sendok makan minyak goreng
Bumbu yang perlu untuk dihaluskan:
• 1,5 sendok teh garam yang halus
• 25 buah cabai merah yang keriting
• 6 buah siung bawang merah
• 4 buah siung bawang putih
Cara Membuat Ayam Goreng Rica-Rica :
• Tahap pertama. Ambil potongan ayam tadi kemudian lumurilah dengan garam dan juga air perasan jeruk nipis tadi. Diamkan saja sebentar hingga kira-kira 10 menitan
• Setelah dirasa sudah cukup lama. Ambil potongan ayam tadi lalu gorenglah, cukup sebentar atau setengah matang saja.
• Selanjutnya tumislah berbagai bumbu ayam rica-rica yang disiapkan tadi hingga tercium aroma yang harum
• Berikutnya, masukkan atau campurkan saja ayam dengan bumbu-bumbu tadi dan aduk secara merata. Oh ya, jangan lupa masukkan juga daun jeruk, daun pandan, serai, jahe dan juga segelas air putih tadi kedalam masakan tadi.
• Masak terus hingga matang. Cirinya yakni memastikan sampai air di masakan tadi kering dan bumbu meresap sepenuhnya.
• Tahap yang terakhir dan ditunggu-tunggu pastinya. Ayam rica-rica siap untuk disajikan dan juga dinikmati.

Istilah Jurnalistik
1. Adversary Journalism: Jurnalistik yang membawa misi penentangan atau permusuhan, yakni beritanya sering menentang kebijakan pemerintah atau penguasa (oposisi).
2. Alcohol Journalism: Jurnalistik liberal yang tidak menghargai urusan pribadi seseorang atau lembaga.
3. Balance: Berita yang berimbang antara nara sumber dengan pencari berita (harus dicari berita benar atau tidak, dikonfirmasikan)
4. Byline: Keterangan sang penulis berita.
5. Bejana Seimbang: Teknik penulisan feature.
6. Chek & Recheck: Merupakan proses sebelum balance (mengecek kebenaran suatu berita)
7. Citizen Journalism: Jurnalisme warga.
8. Credit Line: Keterangan yang mengambil photo.
9. Crusade Journalism: Jurnalistik yang memperjuangkan nilai-nilai tertentu, misalnya demokrasi, sosialis, nilai-nilai Islam atau nilai-nilai kebenaran.
10. Development Journalism/Jurnalistik pembangunan/pers pembangunan: Jurnalistik yang mengutamakan peranan pers dalam rangka pembangunan nasional negara dan bangsanya.
11. Delik Pers: Delik yang terdapat dalam KUH Pidana, tetapi tidak merupakan delik yang berdiri sendiri, melainkan bagian dari delik khusus yang berlaku umum.
12. Dead-Line: Waktu akhir pengumpulan berita.
13. Editing: Untuk menambah/mengurangi kata atau pembenaran kata, merupakan proses koreksi.
14. Editorial: Sebuah kolom yang mencerminkan pendapat sebuah media tentang sebuah berita.
15. Electronic Journalism: Pengetahuan tentang berita-berita yang disiarkan melalui media massa modern seperti film, televisi, radio kaset, dan sebagainya.
16. Hak Jawab: Hak seseorang atau kelompok orang untuk memberikan tanggapan dan sanggahan terhadap pemberitaan yang merugikan nama baiknya.
17. Hak Koreksi: Hak setiap orang untuk mengoreksi atau membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh pers, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain.
18. Hak Tolak: Hak wartawan karena profesinya, untuk menolak mengungkapkan nama dan atau identitas lainya dari sumber berita yang harus dirahasiakan.
19. Kewajiban Koreksi: Keharusan melakukan koreksi atau ralat terhadap suatu informasi, data, fakta, opini, atau gambar yang tidak benar yang telah diberitakan oleh pers yang bersangkutan.
20. Koresponden: Wartawan yang ditempatkan diluar daerah.
Iklan
Batu Bata Super Kokoh , Awet Dan Berkualitas.
• Lokasi : Kuripan Selatan, Desa Pelabu, Nusa Tenggara Barat.

Tipe Iklan : Dijual
Kondisi : Baru Matang
Produk : Batu bata
Harga : Rp 350 ribu rupiah, per 1000 biji batu bata

Bagi Yg Berminat Silahkan Hubungi Inaq Saminah :

HP : 087865503281

Wisata Alam Dan Religi Saat Mengunjungi Batu Layar Lombok
Batu layar adalah salah satu nama desa yang terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini adalah salah satu desa dari 6 desa yang ada di Lombok Barat. Ketika mengunjungi batu layar Lombok, sempatkanlah untuk mengunjungi wisata religi yang ada di sana. Yaitu makam Batu Layar. Makam batu layar letaknya di daerah perbatasan yang memasuki area Senggigi. Jarak dari pusat kota Mataram sekitar 9 km. Makam ini dianggap oleh masyarakat Lombok sebagai makam keramat karena masyarakat Lombok percaya bahwa makam ini merupakan makam seorang tokoh yang bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami yang memiliki peranan penting dalam perkembangan agama Islam di Lombok.

Makam batu layar banyak dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah di Lombok hampir setiap tahunnya. Orang-orang yang mengunjungi batu layar Lombok ini ada yang datang untuk membayar nazar. Nazar di sini maksudnya adalah janji yang diucapkan seseorang ketika permohonannya dikabulkan. Beberapa bentuk nazar tersebut kebanyakan mengunjungi makam ini ketika permohonannya terkabul atau pada saat akan berangkat haji atau umroh. Tidak hanya wisatawan dari Lombok saja yang datang, tetapi juga dari luar Lombok yang mengunjungi makam batu layar di Lombok.
Puncak ramai makam batu layar ini adalah pada saat lebaran topat, yaitu perayaan lebaran yang diselenggarakan pada saat 7 hari setelah hari raya Idul Fitri. Masyarakat Lombok terutama Lombok Barat selalu merayakan lebaran topat. Lebaran topat diawali dengan tradisi nyangkar. Ketika mengunjungi batu layar Lombok, para pengunjung tidak hanya berziarah ke makam batu layar saja. Tetapi di dekat makam tersebut ada juga pantai batu layar yang dapat dikunjungi untuk melihati keindahan pantai.

Pantai batu layar letaknya masih di kecamatan batulayar, kabupaten Lombok Barat. Daerah ini sebenarnya bukan salah satu tujuan wisata favorit di Lombok. Karena pantainya sendiri tidak jauh berbeda dengan pantai biasa dan di pinggir pantainya banyak pemukiman penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Dapat dilihat juga banyak berjajar kapal-kapal nelayan di sana. Tapi tidak salah juga jika mengunjungi batu layar Lombok mampir ke pantai ini. Untuk dapat menuju ke pantai batu layar yang jaraknya kurang lebih 10 km dari pusat kota Mataram atau sekitar 2 km sebelum pantai senggigi ini, bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua. Tempatnya juga jarang dilewati oleh kendaraan umum kecuali taxi.
Pantai batu layar sendiri letaknya berderet dengan pantai yang terkenal di Lombok. Yaitu ada pantai batu bolong, dan juga pantai senggigi. Banyak orang yang mengunjungi batu layar Lombok mampir ke pantai batu layar karena pada saat hari libur atau pada hari minggu pantai ini padat banyak pengunjung. Tidak hanya dari pengunjung sekitar Lombok Barat saja yang datang, tetapi juga dari berbagai wilayah di Lombok seperti dari Lombok utara juga datang menikmati pemandangan pantai batu layar ini. Mungkin juga dikarenakan di dekat lokasi ini terdapat makam batu layar sehingga menjadi banyak pengunjung yang datang terutama pada hari minggu.
Dan ketika melihat sunset di pantai batu laar, para pengunjung yang datang juga dapat melihat gunung agung yang terletak di depannya. Mengunjungi batu layar Lombok tentu bisa menjadi altenatif pilihan wisata lainnya selain berwisata ke lokasi terkenal lainnya. Dengan mengunjungi daerah batu layar Lombok, selain dapat berwisata religi juga bisa berwisata alam sekaligus. Apalagi letaknya yang juga berdekatan dengan kawasan wisata lainnya di Lombok yaitu kawasan pantai senggigi. Jika sudah cukup lama bersantai di pantai batu layar, bisa selanjutnya berkunjung ke pantai sengigi.
Profil Kelompok III

Ketua Redaksi ( Lalu Toni Suherman)

Sekretaris Redaksi (Irma Suyatna Rizki)

Reporter (Lailatul Badriah)

Editing (Husnul Fatimah)

Fotografer (Siti Latipah)

Fotografer (Kartina)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *