Membuat Novel yang Baik Untuk Pemula

Belajar Menulis, Kepenulisan

Membuat Novel yang Baik Untuk Pemula

Dibandingkan cerpen, menulis novel membutuhkan pemikiran yang sedikit lebih rumit dan tenaga yang lebih banyak. Salah sedikit saja, novel yang Anda buat bisa dianggap tidak memiliki korelasi jalan cerita hingga berakhir pada penolakan. Meski begitu bukan berarti menulis novel tidak bisa dilakukan. Anda hanya harus berlatih untuk menulis sedikit lebih banyak dari biasanya.

Pengalaman pribadi

Cerita akan lebih mudah dibuat jika Anda menuangkan pengalaman pribadi untuk menulis novel. Pengalaman pribadi ini biasanya memiliki kesatuan cerita yang utuh yang mudah dituangkan menjadi cerita terutama cerita yang sangat panjang seperti novel. Meski begitu novel juga bisa dibuat dengan memanfaatkan serbuan informasi yang diberikan internet. Anda bisa mencari segala hal melalui internet bahkan ketika Anda tidak pernah mengalaminya atau mendatangi suatu daerah tertentu untuk dituangkan dalam novel Anda.

Karakter tokoh

Sama halnya dengan cerpen, membuat novel juga memerlukan penokohan yang kuat. Anda tidak perlu menjabarkannya secara detil dalam cerita Anda, tapi Anda harus membuat detil tokoh diluar cerita Anda. Karakter tokoh harus Anda buat dengan sangat detil sehingga cerita yang Anda buat tidak bertentangan dengan detil karakter tokoh yang telah Anda buat. Semakin kuat karakter tokoh yang Anda buat, semakin hidup cerita yang Anda buat.

Dialog

Bagi karya fiksi, dialog dapat menambah kedalaman cerita. Anda dapat membuat pembaca membayangkan kondisi yang sama dengan tokoh dalam cerita Anda jika dialog yang Anda buat menarik dan menghidupkan tokoh. Karena itu pembuatan dialog dalam novel tidak boleh dilakukan sembarangan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *