Mengenal Olahraga Basket, olahraga yang gampang-gampang susah

Artikel, Non Fiksi

basket ball

Sebelum kita mengenal olahraga basket, terlebih dahulu kita melihat sejarah perkembangan oalahraga basket itu sendiri. Sejarah perkembangan Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pada tahun 1891, Dr. James Naismith., seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England.Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario,Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Bola basket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu dimana masing-masing regu terdiri dari 5 orang pemain. Inti dari permainan ini adalah berusaha mencari nilai atau angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke keranjang (basket) lawan. Dalam memainkan bola, pemain dapat mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melemparkan atau menggiring bola ke segala penjuru dalam arena permainan.Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup maupun terbuka dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil dengan ukuran lapangan panjang 28m dan lebar 15m, ukuran papan tinggi 120cm dan lebar 180cm, tinggi ring 3,05m. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar dengan ukuran ukuran bola basket 567-650 gram dan keliling 7,49-78,0 cm, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut. Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia. mengapa saya katakan olahraga ini sangat produktif, karena olahraga basket ini selain memiliki jumlah pemain yang sedikit, olahraga ini juga menuntut kita untuk aktif berlari untuk mencetak angka serta menjaga agar lawan untuk melakukan hal sebaliknya.

Didalam sebuah pertandingan bola basket memiliki ketentuan jumlah pemain disetiap regu berjumlah 12-15 pemain, memiliki kostum tiap regu yang berbentuk seperti baju dalaman serta memiliki nomer punggung, kostum ini biasanya sudah tersedia di beberapa toko olahraga, bagi ketentuan individu wajib menggunakan sepatu. Olahraga basket memang terkenal dengan olahraga yang mempunyai peraturan yang begitu banyak sehingga membuat orang yang tidak mengetahui permainannya merasa sulit untuk mengerti serta dengan jumlah wasit yang memimpin pertandingan 2-3 wasit yang bisa mengambil keputusan sendiri tanpa harus berunding dengan wasit yang lainnya. Hal ini tentunya bukan hal yang biasa ketika dibandingkan dengan jumlah wasit yang memimpin pertandingan dalam cabang olahraga lain yang bersifat beregu. Olahraga basket selain bebas mengeksplorasi beberapa trik, bisa melakukan dunk (memasukkan bola sambil memegang ring ) sampai dengan melakukan gaya yang diluar batas kemampuan orang yang dianggap tidak biasa, sah-sah saja asalkan bola yang dilemparkan masuk dan tidak melanggar aturan. Permainan bola basket juga dibutuhkan fisik yang kuat karena permainan ini banyak melakukan kontak fisik dengan lawan, dibutuhkan kecepatan mata dalam menerima operan dari rekan tim, dan harus tetap fokus agar tidak terjadi berbagai kesalahan yang merugikan diri sendiri dan tim yang diperkuat.

Semoga dengan adanya artikel singkat ini bermanfaat bagi pembaca untuk mengetahui sejarah perkembangan bola basket serta ketentuan dan syarat-syarat yang harus dimiliki oleh orang-orang yang akan menghadapi sebuah pertandingan basket secara umum, dan melalui artikel ini juga semoga banyak yang menggemari olahraga basket khususnya bagi orang-orang yang tidak suka berolahraga.

Marilah berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *