Mengenal Saham dan Jenisnya

Artikel, Ekonomi, Non Fiksi

Mengenal Saham dan Jenisnya

Meski istilah saham sudah banyak diketahui publik, namun tidak banyak yang tahu definisi saham itu sendiri. Saham adalah sebuah surat berharga yang digunakan sebagai tanda keikutsertaan modal atau kepemilikan seseorang dalam perusahaan hingga perusahaan terbatas. Dulunya saham lebih banyak diketahui dalam bentuk kertas yang bernamakan pemiliknya atau lebih dikenal dengan sistem warkat. Namun sekarang ini saham lebih banyak dalam bentuk akun dengan nama pemilik saham, bukan lagi saham dalam bentuk kertas. Saham seperti ini disebut saham tanpa warkat.

Common stock atau saham biasa

Pengertian saham biasa ini adalah saham yang membuat pemiliknya paling akhir dalam pembagian deviden juga kekayaan perusahaan jika suatu saat nanti perusahaan dilikudasi. Saham biasa juga akan membuat deviden selalu dibayarkan selama perusahaan dalam kondisi laba. Pemilik saham biasa memiliki hak suara dalam rapat pemegang saham. Saham ini jauh lebih fleksibel karena kepemilikannya mampu dipindahkan kepada orang lain. Satu hal yang sangat penting, pemilik saham biasanya juga memiliki tanggung jawab kepada klain yang dilakukan pihak lain yang besarnya sama dengan persentase saham miliknya.

Saham preferen

Saham preferen ini merupakan saham yang memiliki ciri-ciri mirip obligasi dan saham biasa. saham preferen ini mampu menghasilkan pendapatan yang tetap dan dianggap lebih aman dibandingkan jenis saham biasa. Dianggap lebih aman karena pemilik saham preferen memiliki hak klaim untuk kekayaan perusahaan termasuk pembagian deviden terlebih dahulu. Jika saham biasa mudah diperjualbelikan kepada siapa saja, saham preferen berbeda. Saham preferen lebih sulit untuk dijual karena jumlahnya lebih sedikit dari saham biasa.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *