video explainer video animasi

Mengenal Video Explainer Sebagai Media Promosi Baru

Teknologi

Pernahkah anda melihat video-video marketing di youtube, facebook, dan media-media sosial lainnya? Beberapa di antaranya menggunakan video animasi kan?

Nah, diantara beberapa video animasi tersebut ada yang menggunakan video explainer yang sedang menjadi tren branding dan promosi saat ini.

Video explainer itu seperti video whiteboard dengan marker menulis sendiri, atau sekedar tulisan berjalan saja.

Ada banyak kelebihan dari video animasi dalam bentuk video explainer yang membuat penggunaannya semakin meluas akhir-akhir ini.

Murah

Memproduksi video animasi explainer biayanya jauh lebih murah daripada harus memproduksi iklan audio visual yang membutuhkan peran serta sutradara, kameramen, penata artistik, dan tentunya bintang iklan.

Bayangkan berapa banyak yang harus anda bayar hanya untuk membuat sebuah video yang belum tentu efektif menjangkau audience? sepertinya terlalu besar resiko yang harus anda ambil.

Sementara untuk video explainer, anda hanya membutuhkan beberapa klik saja. Hanya bermodalkan browser dan akses internet sebuah materi video promosi bisa anda dapatkan.

Menjangkau Penonton Yang Malas Membaca

Ada banyak tipe audience di muka bumi ini salah satunya adalah yang malas membaca, lebih suka menonton video, konten menarik atau mendengarkan sebuah penjelasan audio.

Memang masih banyak blog remaja seperti bitibingit yang masih enak untuk dibaca tetapi Orang-orang tersebut tidak bisa kita paksa untuk menyukai media text begitu saja.

Namun, kita sebagai advertiser tentunya harus mengalah dengan masuk pada media yang mereka sukai.

Salah satunya melalui video explainer animasi.

Ukuran File Ringan

Sebuah video explainer tidak akan menguras memori smart phone atau harddisk laptop anda. Filenya hanya berukuran puluhan sampai ratusan megabytes saja tergantung durasi dan kepadatan materi animasi video.

Jika dibandingkan dengan membuat video promosi, sebuah sesi syuting iklan akan menghabiskan puluhan hingga ratusan giga media penyimpanan.

Lebih Efektif

Sebuah iklan yang dibuat dengan biaya mahal, dibintangi oleh artis terkenal sekalipun belum tentu bisa menjual dengan efektif karena penonton bisa saja merasa terhibur namun tidak tertarik membeli produk anda karena kurangnya kesempatan untuk menjelaskannya dalam video.

Namun, sebuah video explainer menjelaskan kepada audience dengan detail, panjang lebar, sehingga tidak ada lagi pertanyaan yang muncul di benak penonton.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Popularitas Instagram Anda di Tahun 2022


Tinggalkan Balasan