Menulis Bisa Membuat Kaya

Artikel, Belajar Menulis, Kepenulisan, Non Fiksi

Menulis Bisa Membuat Kaya

Tidak peduli apapun motivasi Anda menjadi penulis, namun menulis bisa membantu Anda menjadi kaya. Hal ini bukan sekedar asumsi kosong karena telah dibuktikan oleh banyak penulis besar yang karya-karyanya menjadi best seller seperti JK Rowling hingga Dewi Lestari. Meskipun karya yang Anda hasilkan tidak bisa diukur dengan uang, namun uang yang Anda hasilkan dari menulis ini akan membuat Anda terpacu untuk terus membuat karya terbaik.

Royalti dari penerbit

Karya yang Anda buat baik berupa karya fiksi atau nonfiksi yang diterbitkan akan mendapatkan hak royalti dari penerbit yang mencetak karya milik Anda. Beberapa penerbit memiliki aturan pemberian royalti tertentu yang biasanya disepakati dengan penulis. Semakin banyak karya Anda terjual hingga harus melakukan cetak ulang, semakin banyak pula royalti yang Anda dapatkan. Hal ini sudah terjadi pada JK Rowling yang buku-bukunya terjual habis hingga harus cetak ulang berkali-kali.

Buku difilmkan

Buku-buku best seller biasanya menarik minat para pemilik rumah produksi untuk memfilmkan buku tersebut. Hal ini sudah terjadi pada beberapa penulis lokal yang karya-karyanya menjadi best seller. Sebut saja Andrea Hirata dengan bukunya Laskar Pelangi yang juga difilmkan dengan judul yang sama. Hal yang sama juga terjadi pada JK Rowling yang kesemua seri Harry Potter telah difilmkan. Untuk buku yang difilmkan ini biasanya penulis juga menerima uang dari rumah produksi yang membuat film berdasarkan buku-buku yang ditulisnya.

Buku diterjemahkan

Penulis akan kembali menerima komisi jika buku-bukunya diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa lainnya. Hal ini sudah dialami JK Rowling yang buku-bukunya diterjemahkan kembali ke dalam berbagai bahasa di dunia. Penulis kembali akan menerima komisi atau royalti untuk alih bahasa yang dilakukan pada buku-bukunya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *