NARMADA KOTA SEJUTA PESONA

Artikel, Opini

NARMADA KOTA SEJUTA PESONA

Narmada adalah sebuah kecamatan di kabupaten Lombok barat, Nusa tenggara barat, Indonesia. Narmada ini terdiri dari beberapa desa, di antaranya desa lembuak, desa suranadi, sesaot, dan lain sebagainya. Narmada terletak kurang lebih 10 kilometer di sebelah timur kota mataram. Kota narmada ini terkenal dengan julukan kota “AIR”. Hal ini di dasarkan pada kenyataan bahwa Narmada mempunyai banyak sumber mata air. Sumber mata air ini berasal dari simpanan air hutan di daerah narmada yang terletak di desa suranadi dan sesaot.

Selain dijuluki sebagai kota air, narmada juga memiliki moto yaitu “AIR” yang berarti “Aman, Indah, dan Rapi”. Moto ini sendiri dijadikan sebagai pedoman yang dipegang teguh oleh masarakat narmada itu sendiri. Hal ini terbukti dari segi keamanan yang selalu terjalin dalam kehidupan sehari-hari. Selain menjaga keamanan, setiap warga masyarakat juga menjaga dan mewujudkan keindahan dari segala aspek, baik itu tempat-tempat umum maupun di lingkungan sekitar masyarakat. Begitupun dengan kerapian, kerapian tetap selalu diperhatikan di mana hal ini terbukti dari penataan pasilitas-pasilitas yang menunjang kepentingan umum seerti halnya tempat-tempat wisata.

Terkait dengan moto keindahan dan kerapian, kota narmada menyuguhkan pesona dari tempat-tempat yang dapat memanjakan semua pencitraan dari orang-orang yang mengunjunginya. Tempat-tempat tersebut seperti Taman Narmada yang terletak di pusat kota narmada, Taman suranadi yang terletak di desa suranadi bagian utara, Hutan wisata yang terletak di desa sesaot, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak tempat wisata, Taman narmada dapat kita katakana sebagai icon dari kota narmada dan raja dari semua tempat wisata yang berada di kota narmada itu sendiri. Taman narmada ini merupakan replica dari gunung rinjani. Dikatakan replica gunung rinjani karena di dalam taman narmada ini terdapat rumah-rumah yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan raja-raja dahulu pada pemerintahan anak agung. Selain rumah-rumah tersebut, terdapat juga pura yang di mana pura tersebut dulunya tempat persembahyangan atau pemujaan bagi umat hindu dan hal inipun masih berlaku sampai sekarang di mana umat hindu selalu melakukan sembahyang setiap ada acara bagi penganut agama hindu. Tidak hanya itu, di dalam taman narmada ini juga terdapat beberapa telaga dan kolam yang dijadikan sebagai tempat pemandian. Telaga-telaga tersebut di antaranya telaga kembar, telaga wangi, dan telaga beleq sementara kolam pemandiannya adalah kolam duyung. Dari sekian banyak isi taman narmada ini, yang menjadi daya tarik terbesarnya adalah air awet mudanya yang di mana menurut kepercayaan yang beredar di kalangan masyarakat bahwa barang siapa yang meminum air awet muda ini dia akan menjadi awet muda.

Besarnya pesona taman narmada ini tidak menutupi pesona tempat wisata lainnya karena tempat wisata di sana memiiki pesona-pesona tersendiri yang mana dapat memanjakan para pengunjung yang mengunjunginya. Tempat-tempat tersebut di antaranya melingkupi taman wisata suranadi dan sesaot dengan pesona pemandian dan hutan wisatanya yang sering dijadikan tempat berkemah dan berpetualang.

Selain pesona tempat wisatanya, Kota narmada juga memiliki pesona dari segi kuliner. Dari sekian banyak kuliner khas kota narmada, yang paling terkenal adalah sabu-sabunya (sate bulayak). Sate bulayak ini dapat dengan seketika menggoyang lidah kita karena rasa dari sate bulayak khas narmada ini dibuat dengan rempah-rempah khusus khas racikan warga narmada itu sendiri. Kuliner sate bulayak ini dapat dengan mudah kita temukan yaitu di tempat-tempat wisata yang dipaparkan di atas dan pasar-pasar narmada.

Itulah sejuta dari sekian juta pesona yang ditawarkan oleh Kota Narmada untuk memanjakan anda baik dalam berlibur ataupun berkuliner. Jadi jangan lupa mampir ke kota narmada karena semua itu bisa anda dapatkan jika anda mengunjunginya.

SALAM DAMAI KOTA NARMADA


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *