NORMA DALAM KEHIDUPAN

Non Fiksi, Opini

NORMA DALAM KEHIDUPAN

Manusia adalah makhluk sosial karena manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Sebagai makhluk sosial, tiap individu memerlukan interaksi dengan manusia lain. Interaksi tersebut bisa berupa kontak yang menyenangkan atauyang tidak menyenangkan. Oleh karena itu dalam bermasyarakat dibutuhkan norma-norma untuk menjaga kenyamanan dan keharmonisan di masyarakat tersebut.

Penerapan perilaku yang sesuai dengan norma bisa dilakukan oleh setiap individu. Hal ini dapat terwujud dengan pemahaman yang matang, harus ada kesadaran bahwa pada dasarnya norma dibuat untuk mengatur kehidupan masyarakat agar tetap harmonis.

Kita sebagai mahasiswa yang dianggap memiliki pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, kita harusnya memberikan contoh yang baik melalui penerapan perilaku yang sesuai dengan norma yang berlaku. Misalnya sebagai mahasiswa FKIP jurusan Bahasa dan Seni, didalam lingkungannya terdapat norma yang tidak tertulis. Semisalnya ia dating kuliah dengan make up yang mencolok dan beberapa perhiasan yang terlihat. Dan disekitar kampus ia menggunakan bahsa-bahasa yang tidak layak atau tidak pantas diucapkan sebagai seorang mahasiswa, maka ia telah melanggar norma di lingkungan FKIp jurusan Bahasa dan Seni.

Sebagai warga Negara yang baik, kita harus menjaga norma-norma yang telah membuat kita berbeda dengan bangsa lain.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *