PACAR ARIF

Cerpen, Fiksi, Komedi

 

images

Ini sebuah cerita tentang betapa begonya temen-temen gue yang gue koleksi dalam satu wadah cerita dan gue kumpulin dalam diri satu tokoh.

*   **

Gue cakep, gue keren, gue pinter, jarang-jarang ada cowok kayak gue. Itu yang gue pikirin kalo gue lagi ngaca di cermin ajaib gue di kamar seolah-olah itu adalah bisikan gaib dari si cermin. Sayangnya, sampe sekarang gue belum-belum juga punya pacar. Hanya karena gue berkacamata orang-orang sekitar gue mikir kalo gue idiot dan sejenisnya, padahal nyokap gue aja bilang gue lebih mirip Daniel Radcliffe daripada mirip sama bokap gue. Meskipun sebenarnya gue sering tulalit kalo kelamaan diajak ngobrol nggak jelas.

“Usia udah dua puluh, bro! udah waktunya loe pacaran.” Usul Rangga saat kami lagi antri di depan ruangan Kaprodi untuk sekedar minta tanda tangan.

“Kayak artis aja nih pak Kaprodi!” keluh gue.

“Tuh kan ngalih lagi..” Rangga bersungut-sungut.

“Kalo loe kesulitan cari pacar, kita bakalan bantu loe kok. Sesama temen kan mesti tolong menolong dalam hal kebaikan. Iya kan, Ga?” Tawar Akrom.

“Ho oh” Rangga membenarkan. “Masak di antara kita bertiga cuma loe aja yang belum pernah pacaran?!” lanjutnya.

“Pacaran” gumam gue masih belum serius menanggapai ocehan Rangga dan Akrom. “Kenapa mesti punya pacar?”

“Alamak! Ya iya lah! Kalo pacaran ya mesti punya pacar dulu baru bisa dibilang pacaran. Ckckck…” Rangga kelihatan mau nelen gue bulet-bulet.

“Sama kayak loe kudisan mesti punya kudis dulu, bego!” Akrom juga kelihatan mau ngunyah gue sampe lumat.

“Loe yang bego! Maksud gue kenapa mesti pacaran?” bantah gue.

“Ya biar loe punya pacar.” Jawab Rangga makin bego.

Akrom mulai ngamuk mau nagis. “Loe b’dua sama begonya!”

“Oke, gini aja deh, tipe cewe loe tuh kayak gimana? Entar kita bantuin nyarinya.” Rangga berlagak serius dan pura-pura berniat baik.

“Cantik, baik, pinter, aktif…”

Rangga dan Akrom saling pandang lalu nyengir sambil ngelirik Fany yang lagi duduk di meja tunggu nggak jauh dari arena perdebatan kami, dia kelihatan sedang sibuk mencatat sesuatu.

“Nah, itu tuh! Cantik, pinter, aktif…” kata Akrom.

“Baik” sambung Rangga.

Gue manggut-manggut. “Boleh juga”

“Ini nih moment yang baik buat deketin cewe, mumpung dia lagi sendiri mending loe deketin aja, daripada boring nungguin kaprodi. Sana!” Rangga mendorong gue.

“Terus?” Tanya gue dengan tampang lugu.

“Loe tinju dia abis-abisan!!” Akrom kehilangan kesabaran. “Loe ajak ngobrol kek, apa kek… masak iya loe mesti diajarin melulu?!”

“Ngobrol soal apa?”

“Yaaah! Apa mesti loe dikasi naskah dulu baru mau ngajakin dia ngobrol?” Kata Rangga sambil ngunyah-ngunyah. Mungkin dia udah ngebayangin ngunyah kepala gue.

“Oke, oke!” gue ngedeketin Fany yang masih asik dengan kegiatannya. “Lagi baca apaan?” Tanya gue sambil duduk mepet ke samping Fany.

“Nggak ada.” Fany melototin gue, atau mungkin perasaan gue aja yang kelewat gugup.

“Itu kan!” gue maksa.

“Ini bukan baca, tapi nulis!” jawabnya kecut. Gue baru menyadari betapa gobloknya gue.

“Sori! Maksud gue nulis. Lagi nulis apaan?”

“Jadwal kegiatan tujuh belas agustusan.”

“Ooh, jadi panitia toh?” gue manggut-manggut dan Fany diem aja, gue jadi bingung mau ngomong apa lagi. “Emangnya tanggal berapa sih acara tujuh belas-agustusan?”

Fany ngeliatin gue dengan pandangan ingin ngucek cucian super kotor. “Entar tanggal 32 desember!” jawabnya ketus lalu ninggalin gue gitu aja. Sementara Rangga dan Akrom ketawa guling-guling sampe keluar air mata mereka.

“Loe mikir-mikir dulu kek! Kalo ngedeketin cewe tu jangan tampakin kebodohan loe donk!” Rangga LOL, Akrom udah mulai nangis.

“Gue gugup, jadinya salah ngomong.”

“Udah deh! Kita ke fotocopy-an dulu yuk! Gue mau fotocopy KHS gue nih. Bosen gue disini terus nungguin kaprodi.” Ajak Akrom.

“Ayo! Gue juga belum nih.” Rangga menyetujui.

Kami bertiga keluar dari gedung menuju tempat fotocopy-an. Secara kebetulan kami berpapasan dengan Riska, cewe paling cantik di kelas gue yang kebetulan sedang menuju ruang kaprodi.

“Cewe, godain kita donk!” goda Rangga, Akrom juga mulai main mata, sementara gue cuma melongo sambil berusaha gigit siku saking keselnya.

“Iih, apaan sih?!” Riska cemberut. “Mau kemana?” Tanyanya ke gue, terang aja gue gelagapan sembunyiin ekor.

“Ke fotocopy-an.” Jawab gue.

“Oh, kebetulan. Tolong beliin map merah sekalian ya!”

“Oke.”

Difotocopy-an kami kembali ngantri panjang, gue jadi tambah kesel. Tiba-tiba HP Akrom berdering.

“Hallo, beb?” Jawabnya bikin gue jadi pengen muntahin usus halus gue.

“Beb lagi dimana?” tanya si cewe dari seberang.

“Di hatimu.” Sekali lagi gombalan Akrom bikin gue mual.

Rangga nggak mau kalah, dia segera merogoh HPnya kemudian ikut ikutan ngegombal.

“Lagi ngapain, yank?” Tanya cewe dari seberang.

“Lagi mikirin kamu.” Rangga juga mulai mengeluarkan jurus mautnya.

“Kemana aja selama ini?”

“Ke hatimu.”

Aku sudah puyeng mau muntahin mereka berdua. Tiba-tiba HP-ku juga berdering, panggilan masuk dari Riska. Gue nyengir, jangan kira mereka aja yang bisa gombal.

“Hallo, cinta?” Sapa ague.

“Lagi fotocopy apa sih? Lama bener.” Riska terdengar sewot.

“Fotocopy hatimu.”

Rangga dan Akrom batuk-batuk keselek HP mendengar gombalan gue, detik selanjutnya mereka ngakak sengakak-ngakaknya.

Setelah selesai ngantri di fotocopy-an dan di depan ruang kaprodi, gue sengaja duduk-duduk di bawah pohon ketapang sambil baca manga Naruto yang baru gue sewa kemarin di penyewaan komik Marvel. Riska ngedeketin gue dengan tampang keren sambil tebar pesona, dia duduk di samping gue, deket banget. Gue jadi salah tingkah dan pura-pura benerin letak kacamata gue. Gue ngelirik dia sebentar, dia tersenyum lalu memainkan ujung-ujung kukunya yang merah karena cat kuku.

“Baca apaan?” tegurnya.

“Komik.” Jawabku singkat dengan muka merah sepeti digigit lebah.

Riska kembali memainkan ujung kukunya. “Emm, loe punya pacar nggak, Rif?” tanyanya.

“Pacar?” gue mikir-mikir sebentar sambil menatap langit kayak orang lagi ngerjain soal ujian. “Kemarin sih masih ada, tapi kayaknya udah dipake sama adik gue.”

Riska melongo.

“Kalo loe mau, ntar gue bisa beliin di toko arab deket rumah gue, nyokap gue juga sering beli disana.”

Riska makin melongo dengan tampang bodoh.

“Kenapa, Ris?” tanya gue heran.

“Maksud loe apaan sih, Rif?”

“Pacar.”

“Maksud gue pacar kekasih, orang yang loe cinta. Bukan pacar pemerah kuku!” Riska merenggut ninggalin gue yang bengong.

“Abisnya loe nanya sambil megang kuku loe, ya gue kira pacar pemerah kuku.” Gue membela diri meskipun gue tahu Riska nggak bakalan dengerin gue.

Esoknya Rangga dan Akrom kembali ngakak ngetawain gue.

“Abisnya dia nunjukin kukunya, ya gue kira dia minta pacar.”

“Arif, Arif. Loe bener-bener bego ya!” Ledek Akrom. “Padahal itu kesempayan yang sangat bagus, lho.”

“Ya, mau gimana lagi.”

“Loe suka ya sama Riska?” Tanya Rangga

“Bukan, bukan Riska.”

“Terus??” Akrom dan Rangga bertanya bersamaan dengan memasang muka persis orang yang kailnya lagi kesambet ikan piranha.

“Rahasia.”

“Ayo donk kasi tau kita!” Rengek Rangga.

“Siapa sih yang loe rahasiain?” Desak Akrom.

“Kalo gue kasi tau kalian bukan rahasia lagi namanya.”

Rangga dan Akrom memasang tampang bego ala Spongebob. “Pelit amat sih loe!”

“Wati.” Jawab gue.

“Wati?” tanya Rangga dan Akrom serempak.

“Ya, anak Sastra itu.”

“Cewe yang suka menyendiri itu?” Tebak Akrom.

“Yang cuek beud itu?” Sambung Rangga.

Aku mengangguk-angguk kayak odong-odong lepas baut lehernya.

“Loe beneran suka sama dia?” Tanya Rangga memastikan.

“Gue nggak tau, tapi gue suka berdebar-debar kalo ketemu dia, badan gue jadi panas dingin kayak orang demam.”

“Itu artinya loe beneran suka sama dia!” Akrom berseru pasti.

“Yang bener?” Gue nanya dengan tatapan lugu gue.

“Ya, bener banget!” Akrom meyakinkan. “Mendingan sekarang loe tembak dia sebelum rasa suka loe ilang!”

“Dia dimana?”

“Mana gue tau! Yang tau kebiasaannya kan loe. Buruan deh!”

“Kalo dia nolak gue gimana?”

“Jadi cowo jangan pernah takut gagal!” Ranggan menirukan kata-kata dari sebuah  iklan. “Yang penting loe udah nyoba, nggak ada salahnya mencoba semua kemungkinan meskipun Cuma satu persen.” Tiba-tiba saja dia jadi bijak.

“Oke.”

Kami bertiga berbondong-bondong menuju tempat dimana Wati biasa nongkrong sendiri, di sebuah bangku deket taman belakang gedung A, Wati terlihat khusuk dengan kesibukannya.

“Buruan!” Akrom mendesak.

Gue memberanikan diri mendekati wati yang sedang sibuk menulis sesuatu, setelah gue narik nafas dalem-dalem sampe dada gue terasa kembung dan gue hampir melayang, gue baru berani duduk di samping Wati dipandangi Akrom dan Rangga di belakang pohon flamboyan.

“Ehem!” gue mendehem perlahan.

“Hai.” Sapanya sambil tersenyum.

Gue malah bingung hendak mulai dari mana. “Wati..”

“Ya?”

“Gue suka sama loe.”

Wati menoleh memandang gue seperti melihat makhluk luntur di lumpur bekas pembajakan sawah.

“Kata temen gue, gue suka sama loe.” Gue jadi gugup dipandang begitu.

“Kata temen loe?”

Gue ngangguk-ngangguk gemetaran.

“Ooh.” Dia menggumam.

Beberapa saat suasana jadi sepi. Wati kembali sibuk dengan catatannya seolah nggak terjadi apa-apa sebelumnya.

“Jadi jawaban loe apa?” Tanya gue.

“Lho, itu pertanyaan ya?” dia terlihat heran. “Gue kira pernyataan.”

“Oke deh, gue nanya. Loe mau nggak jadi pacar gue?” Gue diem sebentar. “Maksud gue bukan pacar pemerah kuku, maksud gue pacar sinonim dari kekasih.” Jelas gue takut kejadiannya bakalan kayak gue sama Riska.

“Oh, ya.. pacar itu sinonimnya kekasih. Kalo ‘pacar’ dengan ‘pacar’ namanya homonim kan?”

“Ya.”

“Kalo homofon itu contohnya apa aja?”

“Misalnya ‘bang’ dengan ‘bank’, Nah, kalo homograf itu yang tulisannya sama kan? Contohnya ‘apel’ dengan ‘apel’.. bener nggak?”

“Bener.”

“Apa lagi istilah-istilah dalam bahasa Indonesia?” Tanya gue lupa kalo ini sebenarnya acara gue nembak Wati.

“Banyak lagi, gue aja sampe lupa saking banyaknya. Gue ke kelas dulu ya, ada jam kuliah nih!” Wati beranjak pergi ninggalin gue.

“Ya.”

Gue melongo melihat Wati makin jauh lalu menghilang di balik gedung. Sementara Rangga dan Akrom sudah hampir nangis-nangis sambil maki-maki gue.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *