PENCARIAN CINTA KHAS REMAJA

Buku, Non Fiksi, Resensi

PENCARIAN CINTA KHAS REMAJA

Judul Buku : Seri Curhat Remaja
Penulis : Tim Yayasan Kaka
Penyunting : Dr.Nanik Prihartanti
Penerbit : Yayasan Kakak,terre de homones,dan Pustaka Pelajar
Edisi : Juli 2004
Tebal Buku : 72 halaman
Remaja dan cinta,bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.Remaja dengan kondisi demikian kebanyakan mempunyai sifat yang cenderung tertutup,malu mengungkapkan isi hatinya.Tatapi pada umumnya remaja sebenarnya ingin mendapatkan perhatian dan berharap orang lain dapat mengerti apa yang ia rasakan.
Melihat fenomena ini,yayasan kakak bekerja sama dengan harian umum SOLOPOS selama periode 2000-2002 membuat rubrik remaja untuk berkonsultasi seputar permasalahan yang dihadapi remaja terutama berkaitan dengan masalah cinta.Rubrik kesehatan remaja itu diberi judul warung gaul.Dan ternyata melalui rubrik itu banyak terungkap permasalahan yang dihadapi para remaja.
Berdasarkan pada keinginan untuk menyebarkan hasil dari konsultasi ini maka yayasan kakak mendokumentasi rubrik warung gaul dalam seri curhat remaja.Kenalilah cinta merupakan seri pertama dari tiga seri yang direncanakan atau diterbitkan.Buku kecil ini memaparkan permasalah-permasalahan remaja seputar cinta yan disertai dengan ulasan secara teoretik.Ada lima kelompok yang berkaitan dengan cinta dalam buku ini,yaitu kuliah cinta,atas nama cinta,diantara cinta,tirai cinta,fatamorgana cinta.
Kasus-kasus nyata yang dipaparkan menjadi kekuatan tersendiri bagi buku ini.Setiap kasus yang ada,mewakili satu permasalahan cinta remaja dimulai dari taksir-menaksir ,cinta ditolak,perbedaan keyakinan,tak direstui oleh keluarga sampai memilih diantara dua..
Buku ini tak hanya penting untuk remaja,tetpi juga orang tua dan para pendidik.Karena sebagai orang tua dan pendidik kadang tidak sadar bahwa anak atau muridnya sudah jauh melangkah dn berbuat jauh dari yang dibayangkan.
Dengan membaca buku ini,orang tua dan pendidik bisa memaham perkembangan anaknya dan anakk didiknya sehingga bisa memberikan masukan dan mengingatkan secara aktif dan bijaksana agar anak dan anak didiknya tidak terjerumus atau salah melangkah dalam hal percintaan.

Kelebihan/keunggulan isi buku :
a. Membahas kasus ini dari banyak sesi
b. Menjadi panduan remaja yang bijak memanfaatkan waktu remaja
c. Buku ini juga penting bagi orang tua dan pendidik
Kekuranganisi buku :
a. Uraian tips pacaran yang sehat perlu dilengkapi dengan rujukan ajaran agama yang tak jelas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *