Pengaruh Internet bagi Pelajar tulismenulis.com

Pengaruh Internet bagi Pelajar

Opini

Tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi khusunya internet saat ini sudah menjadi hal yang lumrah alias biasa. semua orang bisa menikmati akses internet dengan biaya murah terutama bisa diakses lewat media handphone (HP) dan jenis gadget lainnya. baik di kota maupun di desa internet diakses dengan mudah karena jaringan yang luas dan terkoneksi baik telah dimiliki oleh masing-masing operator seluler yang ada di Indonesia.

Internet khususnya jika dikaitkan dengan pelajar maka bisa diibaratkan seperti dua sisi mata uang yang saling melengkapi dan berkaitan. tidak bisa dipunkiri betapa internet dewasa ini sangat membantu pelajar dalam menunjang pembelajaran seperti mencari informasi tentang pelajaran, mencari materi-materi pelajaran, mencari contoh soal dan lainnya. para pelajar tidak serepot dulu lagi yang harus bolak-balik buku di perpustakaan atau toko buku untuk mencari, kini hanya dengan ujung jari -jari semua informasi bisa dicari dengan mudah asalkan memiliki akses internet seperti mengklik situs pencarian ternama Google, wikipedia, blogspot, yahoo maupun yang lainnya. semua bisa diakses melalui PC, laptop maupun HP yang memiliki fitur penunjang untuk browsing. selain informasi tentang pelajaran, internet bisa digunakan oleh para pelajar untuk bersosialisasi dengan sesama pelajar lainnya lewat aneka jejaring sosial yang terdapat di jaringan internet seperti facebook, twitter, path, instagram, microblogging, Line, wechat, whatsapp, flickr dan lainnya.

Namun di samping berbagai manfaat seperti yang dipaparkan di atas ternyata internet tidak selamanya selalu manis, tidak bisa dipungkiri internet juga memiliki sisi negatif untuk pelajar khususnya. diantaranya penyalahgunaan akses internet oleh pelajar bisa berupa pengaksesan situs-situs dewasa atau yang berbau pornografi, dan hal tersebut marak dewasa ini yang berdampak pada meningkatnya angka kriminalitas khususnya pelecehan seksual yang dilakukan oleh pelajar maupun korbannya dari pelajar itu sendiri.

Selain itu internet juga membuat pelajar terkadang menjadi malas belajar, disebabkan oleh terlalu asyik dengan situs -situs jejaring sosial yang dimilikinya seperti facebook, twitter dan lainnya. setiap waktu terkadang mereka hanya melihat dan fokus pada jejaring sosial tersebut, sibuk mengecek status, mengupload foto, membuat postingan atau kiriman berita sehingga tugas sekolah jadi terbengkalai dan tidak terurus. bahkan terlalu larut dalam jejaring sosial dan akrab disebut dengan dunia maya (dumay) menyebabkan banyak pelajar khususnya remaja putri yang menjadi korban kejahatan mulai dari penculikan, perkosaan, pelecehan dan kejahatan lainnya. tentu hal ini sangat disayangkan, hal tersebut tidak bisa dihindarkan mengingat akses nternet bisa diakses siapa saja tanpa ada batasan.

Namun pengaruh negatif bisa diminimalisir dengan berbagai cara diantaranya meningkatkan pengawan orangtua terhadap pengaksesan internet, memblocking situs-situs dewasa ( dalam lingkup sekolah ) dan tentu saja kembali mempertebal benteng keyakinan diri sesuai agama yang dianut guna menghiindarkan diri dari perbuatan-perbuatan yang dibenci oleh Tuhan dan sesuai dengan aliran kepercayaan masing-masing.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *