Pengertian rumah sehat menurut pu

Pengertian Rumah Sehat dan Syarat Yang Harus Dipenuhi

Artikel, Lifestyle

Pengertian Rumah Sehat

Apakah Rumah Sehat itu? Menurut Departemen Pekerjaan Umum Indonesia ( PU ), Pengertian Rumah Sehat adalah rumah yang memungkinkan para penghuninya dapat mengembangkan dan membina fisik serta mental maupun sosial keluarga.

Artinya sebuah rumah hendaknya bisa menjadi tempat bernaung yang sehat bagi kesehatan fisik dan juga kesehatan mental. Dengan mengikuti standar rumah sehat, tentunya potensi untuk terjangkit suatu penyakit bisa dikurangi.

rumah sehat dan hunian yang nyaman

Syarat-syarat Lingkungan Untuk Rumah Yang Sehat

Beberapa hal di bawah ini adalah syarat umum yang harus dipenuhi untuk bisa masuk kategori rumah sehat:

Pencahayaan Alami

Salah satu Syarat rumah sehat adalah mendapatkan Cahaya matahari dengan porsi yang cukup di siang hari. Jangan sampai di siang hari kita lebih banyak menggunakan bohlam sebagai sumber pencahayaan.

Arah Bangunan Rumah Sehat

Rumah sehat sebaiknya dibangun menghadap Utara-selatan. hal ini untuk menghindari gelombang panas matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama.

Sangat disarankan untuk menghindari pembangunan rumah yang menghadap ke arah barat. Karena dari pukul 14.00 – 17.00 rumah akan terus dihantam gelombang panas dan tidak cukup waktu untuk mengembalikan suhu. Hal ini bisa membuat rumah anda terasa tidak nyaman di malam hari ketika anda hendak istirahat. Kemungkinan besar anda butuh memasang AC yang tentunya kurang baik bagi kesehatan fisik dan dompet anda.

Ukuran Ruangan dan Bukaan

Ukuran ruangan hunian sehat yang disarankan adalah 2 kali ukuran tinggi bukaan. Hal ini dimaksudkan supaya cahaya matahari bisa maksimal masuk dan menerangi ruangan.

Baca Juga : Cara Menanam Rumput Jepang Dan Merawatnya

ventilasi rumah sehat yang luas dan lega

Ventilasi Rumah Alami

Ventilasi rumah alami memiliki prinsip utama menciptakan perputaran udara yang seimbang dengan memasukkan udara dingin ke dalam ruangan dan mengalirkan udara panas keluar melalui celah atau bukaan yang ditempatkan secara strategis.

Untuk menciptakan sistem sirkulasi udara yang optimal, anda perlu membuat bukaan atas dan bukaan bawah.

Manajemen Limbah Rumah Tangga

Untuk menghindari pencemaran persediaan air bersih, sebuah manajemen limbah atau sampah rumah tangga sangat penting dilakukan sebelum membangun rumah. Anda mungkin membutuhkan bantuan jasa arsitek rumah jika anda kurang memiliki pengetahuan dalam membangun manajemen limbah rumah.

Penampungan Air Hujan

Mari panen air hujan, jangan biarkan air hujan terbuang begitu saja. Anda bisa menggunakannya untuk keperluan sehari-hari seperti menyiram tanaman, mencuci motor atau mobil, dll.

Menerapkan standar ini, artinya anda sudah ikut serta dalam menyelamatkan pasokan air bersih di bumi dan bisa menghemat tagihan air dan listrik.

Wajib Baca: Letak sumur bor yang baik

Resapan Air

Penggunaan Lapisan atau permukaan tembus air seperti grass block atau rumput pada halaman, parkiran, dan jalan bisa meminimalisasi efek negatif dari bencana alam sepeti banjir dan tanah longsor.

Semoga Pengertian Rumah Sehat dan Syarat-syarat Lingkungan Untuk Rumah Yang Sehat di atas dapat memberikan anda gambaran yang jelas tentang bagaimana cara membangun rumah yang sehat. Kemudian kita juga bisa mengukur apakah rumah kita dapat dikategorikan sebagai hunian sehat atau justru masuk sebagai rumah tidak sehat.

Selalu ingat kata pepatah ” Rumahku Adalah Istanaku”

keluarga bahagia rumahku istanaku


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *