anak kuliah kerjain tugas bareng rame-rame

Bukan Hanya Ikut Organisasi, Ini dia Hal Penting Penunjang Karir Saat Kuliah

Artikel, Pendidikan

Sebelum kamu benar-benar resmi lulus kuliah dan mulai sibuk mencari Lowongan Kerja. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu lho!

Hal-hal tersebut tentunya tidak akan membuang-buang waktumu semata. Tetapi dapat menguatkan kakimu, sebelum kamu meniti karir dan terjun ke hutan rimba dunia pekerjaan. Dimana hal tersebut tidak melulu seindah dan semudah yang kamu bayangkan.

Berikut ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resmi Lulus Kuliah

job fair jooble lowongan kerja
Sumber Foto: Jooble

1. Habiskan Lebih Banyak Waktu Bersama Teman

Mumpung belum lulus kuliah, habiskan lebih banyak waktumu bersama teman-temanmu. Karena ketika nanti kamu sudah lulus kuliah, adalah hal yang sulit bisa main dan berkumpul bersama teman-teman seperti sedia kala.

Pastinya teman-teman kampusmu kebanyakan akan kembali ke daerah asal mereka masing-masing. Komunikasi kalian tidak akan seintens seperti sebelumnya, meskipun telah ada sosial media. Namun, kenangan menikmati moment bersama teman-temanmu tak akan tergantikan.

Selain itu dengan semakin mempererat pertemanan, siapa tau di masa yang akan datang kamu dan temanmu bisa bersekutu dan membangun bisnis bersama. Seperti membuat perusahaan rintisan ala Nam Do San beraama ketiga temannya dalam drama korea Start Up.

2. Perbanyak Traveling

Percayalah! Sebelum benar-benar lulus kuliah, kamu harus memperbanyak traveling. Jalan-jalan ke tempat wisata atau tempat-tempat baru. Baik di dalam daerah, luar daerah, dan kalau mampu ya ke luar negeri sekalian, lur!

Selama traveling, baik solo traveling maupun traveling bersama teman-temanmu, kamu bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mengenali diri sendiri. Mengenali diri sendiri dengan lebih baik dapat membuatmu menjadi seseorang dengan karakter yang lebih kuat dan unik. Hal ini akan sangat membantumu, ketika berhadapan dengan HRD saat melamar pekerjaan nanti.

Tak hanya itu, wawasan dan pikiranmu akan lebih terbuka. Sehingga kamu bisa lebih optimis dalam menghadapi hidup ini. Dalam setiap perjalanan yang kamu lakukan, siapa tahu kamu juga bisa menyembuhkan luka-luka batin yang kamu alami.

3. Perluas Relasi

Selama kamu menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman-temanmu dan memperbanyak traveling, jangan lupa untuk memperluas relasimu. Tentu saja selama itu, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru dan jangan sia-siakan hal tersebut.

Usahakan untuk membangun relasi yang baik. Kamu juga harus pintar-pintar memilih relasi dengan orang-orang yang sesuai dengan passionmu.

Kalau bisa kamu harus masuk ke lingkaran setan. Gak deng becanda! Kalau bisa kamu harus masuk ke lingkaran orang-orang yang menekuni passion mereka. Contohnya misalnya, kamu memiliki passion di kepenulisan, kamu bisa bergabung dengan komunitas menulis atau gabung ke tulismenulis.com juga sangat boleh.

Contoh kedua, misalkan kamu memiliki passion di bidang Enterpreneurship, kamu bisa ikut komunitas tersebut yang pastinya sudah banyak ada baik di sosial media maupun dunia nyata.

Selama berada pada komunitas tersebut pastikan kamu menjadi gelas kosong dan curi ilmu sebanyak-banyaknya dari master-master yang ada di sana. Hindari drama-drama yang tidak perlu jika ada. Fokus saja untuk belajar dan jangan pernah cepat merasa puas ya!

4. Mulai Magang atau Kerja Part Time

Ini yang penting. Jangan sampai kamu kebablasan main dan traveling sehingga kamu lupa kamu mencari pengalaman kerja juga penting. Kamu bisa memulai dengan ikut magang atau kerja part time.

Hal ini bukan semata-mata untuk menambah uang sakumu, tapi akan membuat CVmu kelak menjadi sangat menarik di mata para HRD.

Jangan gengsian dan jangan pilih-pilih dulu! Yang penting mau kerja dulu karena pengalaman sangat dibutuhkan ketika kamu memasuki dunia pekerjaan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *