Penyebab Kenakalan Remaja

Non Fiksi, Opini

OPINI Penyebab Kenakalan Remaja

OPINI

“Penyebab Kenakalan Remaja”

 

Kenakalan remaja merupakan suatu perilaku atau perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau masa anak-anak ke dewasa.

Penyebab terjadinya kenakalan remaja, yaitu:

  • Lingkungan yang kurang baik, dan

Kenakalan remaja diakibatkan oleh ketidak puasan seorang anak terhadap apa yang diinginkannya. Seorang remaja melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan norma atau aturan dalam suatu lembaga masyarakan, itu dikarnakan remaja atau anak tersebut merasa tidak puas dengan apa yang ada dalam lingkungan.

Kenakalan remaja juga tidak hanya disebabkan oleh faktor lingkungan, melainkan juga bias disebabkan dari keluarga remaja itu sendiri. Salah satu contohnya, yaitu perceraian dan tidak ada komunikasi seorang anak dengan orang tua. Hal ini sangat memungkinkan terjadinya tindakan yang tidak diinginkan dari seorang remaja. Dimana seorang remaja tersebut masih dalam keadaan yang tidak setabil atau lemahnya kontor diri, itu bisa memicu remaja untuk melakukan hal-hal kriminal yang tidak diinginkannya. Tindakan kriminal atau perbuatan yang dapat dilakukan seorang remaja bias berupa, mengisap narkoba, mencuri, mabuk-mabukan, bahkam juga sexsual.

Dari urain di atas sudah nampak jelas bahawa, kenakalan remaja itu bias di akibatkan dari faktor luar dan dalam kehdupan remaja. Faktor luar yaitu, lingkungan dan pergaulan, sedangkan faktor dari dalam yaitu, keluarga dan ekonomi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *