Peran dan Fungsi Mahasiswa tulismenulis.com

Peran dan Fungsi Mahasiswa!!

Non Fiksi, Opini

Mahasiswa adalah seorang pelajar yang sedang menikmati keindahan pendidikan di lembaga Perguruan Tinggi. Namun, menjadi mahasiswa tidak semudah yang dibayangkan karena tugas mahasiswa bukan hanya sekedar belajar di kelas, diskusi, persentase, ataupun kegiatan-kegiatan yang bercorak kekampusan lainnya. Tetapi, masih banyak tugas Mahasiswa yang jauh lebih berat dari pada hal tersebut. Karena Mahasiswa adalah orang yang dipercayai oleh masyarakat sebagai pro-perubahan dan sebagai orang yang mampu mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya dalam pengabdian masyarakat.
Memahami peran dan fungsi mahasiswa merupakan langkah awal yang harus dipahami oleh setiap Mahassiswa, mengingat posisi mahasiswa di mata masyarakat yang merupakan kelas menengah yang masih diuntungkan baik secara ekonomi maupun politik. Namun ada hal yang mendasar yang menyebabkan mahasiswa memiliki peran di mata masyarakat, dikarenakan Mahasiswa belum terkooptasi dengan kepentingan-kepentingan politik. Dalam artian bahwa Mahasiswa tidak terlibat langsung dalam proses produksi dan secara politik, inilah yang menyebabkan posisi tawar yang cukup bagus di mata rakyat.
` Mahasiswa dapat dikatakan sebuah komunitas unik yang berada di masyarakat, karena tidak bisa dipungkiri Mahasiswa berasal dari masyarakat dan kembali kepada masyarakat. Akan tetapi, dengan kesempatan dan kelebihan yang dimilikinya, mahasiswa mampu berada sedikit di atas masyarakat. Berdasarkan berbagai potensi dan kesempatan yang dimiliki oleh mahasiswa, tidak sepantasnyalah bila Mahasiswa hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap Masyarakat terlebih-lebih terhadap bangsa dan negaranya. Ironisnya, saat ini banyak yang kita lihat Mahasiswa yang hanya mementingkan akademiknya saja tanpa memeperdulikan keadaan masyarakat saat ini. Padahal tugas Mahasisawa bukan hanya sekedar itu tetapi sebagai seorang pelajar sekaligus sebagai seorang penggerak perubahan, Mahasiswa harus mampu menjadi orang yang bisa bermanfaat bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara.
Terkait dengan hal itu, secara umum Mahasiswa menyandang dua peran dan fungsi strategis, yaitu :
Pertama,Mahasiswa sebagai Agent Of Change (agen perubahan social), Mahasiswa sebagai agen perubahan sosial selalu dituntut untuk menunjukkan peranannya dalam kehidupan nyata agar dia tak menjadi mahasiswa gadungan yang secara hakekatnya dia pun tak mau dan tak sudi menyandangnya. Perubahan itu sendiri sebenarnya dapat dilihat dari dua pandangan. Pandangan pertama menyatakan bahwa tatanan kehidupan bermasyarakat sangat dipengaruhi oleh hal-hal bersifat materialistik seperti teknologi, misalnya kincir angin akan menciptakan masyarakat feodal, mesin industri akan menciptakan mayarakat kapitalis, internet akan menciptakan masyarakat yang informatif, dan lain sebagainya. Pandangan selanjutnya menyatakan bahwa ideologi atau nilai sebagai faktor yang mempengaruhi perubahan. Sebagai mahasiswa nampaknya kita harus bisa mengakomodasi kedua pandangan tersebut demi terjadinya perubahan yang diharapkan. Itu semua karena kita berpotensi lebih untuk mewujudkan hal-hal tersebut. Mahasiswa adalah golongan yang harus menjadi garda terdepan dalam melakukan perubahan dikarenakan mahasiswa merupakan kaum yang “eksklusif”, hanya 5% dari pemuda yang bisa menyandang status mahasiswa, dan dari jumlah itu bisa dihitung pula berapa persen lagi yang mau mengkaji tentang peran-peran mahasiswa di bangsa dan negaranya ini. Mahasiswa-mahasiswa yang telah sadar tersebut sudah seharusnya tidak lepas tangan begitu saja. Mereka tidak boleh membiarkan bangsa ini melakukan perubahan ke arah yang salah. Merekalah yang seharusnya melakukan perubahan-perubahan tersebut.
Kedua Agent Of control, Mahasiswa sebagai Agent Of Control berkaitan dengan kemampuan mahasiswa dalam mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh penguasa. Apakah kebijakan tersebut berpihak kepada Masyarakat atau tidak,sehingga orientasi perubahan dapat diawasi setiap saat.
Jadi, bagaimana dengan kita sekarang ini? Sudahkah kita menjadi mahasiswa yang paham dengan peran dan fungsinya sebagai Mahasiswa?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *