Pesona Tugu Giri Menang Town Square

Berita, Non Fiksi

giri menang close real1

 

Sejak mulai beroperasi pada pertengahan bulan Maret 2013 lalu, Tugu Giri Menang Town Square yang terletak di Kecamatan Gerung ibu kota kabupaten Lombok Barat dipadati pengunjung dari berbagai penjuru. Tumpah ruahnya pengunjung menjadikan tugu ini begitu terkenal. Pengunjung berdatangan demi menyaksikan Landmark baru, pemecah arus kendaraan yang menuju maupun dari arah BIL (Bandara Internasional Lombok) dan Pelabuhan Penyebrangan Lembar. Karena itulah, Bundaran dengan tugu menyerupai menara ltmasjid itu, praktis menjadi jembatan penghubung antar kota, sekaligus sebagai Gerbang Utama atau Pintu masuk ke Pulau Lombok. Tugu ini dirancang sebagai magnet penarik massa oleh pemerintah daerah setempat. Tidak jauh dari bundaran, lapak PKL berjajar rapi dilengkapi tempat Parkir agar tak menggangu laju arus kendaraan. Lapak – lapak yang menyediakan berbagai kuliner tradisional hidangan khas masyarakat sasak, mulai dari sekedar Pelecing Kangkung, Sate Bulayak, hingga Ayam Taliwang, siap menggoyang lidah para penikmat dan pengunjung. Gazebo permanen, lengkap dengan beberapa ruang toilet disediakan sebagai tempat tongkrongan bagi para kawula muda dan keluarga, sembari menikmati indahnya lampu warna warni yang memancar dari tugu megah itu.

“Tugu ini unik dan memiliki daya tarik tersendiri karena ada air mancur yang bikin saya terpesona makanya senang jalan-jalan kesini. Disini juga ada berbagaimacam dagangan, jadi enak jalan-jalan sambil makan-makan sama teman,” kata salah seorang pengunjung, Senin (12/15)

Menurut pengunjung keunikan dan kemewahan yang dimiliki tugu ini menjadi daya tarik tersendiri, sehingga sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Selain keindahan dan mengingat lokasi tugu yang sangat strategis, setiap wisatawan dan pengunjung dari luar Pulau Lombok pasti akan melintasinya Tugu ini akan sangat indah jika dilalui atau disaksikan pada malam hari. Konsep tugu kubah yang dihiasi cahaya lampu beraneka warna dan air mancur merupakan perpaduan yang menghasilkan arsitektur monument bernilai seni tinggi. Hingga menarik minat para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk sekedar singgah mengabadikan foto berlatar Tugu Giri Menang Town Square.(Dian)

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *