pulau keong di minang sumatera

Pulau Keong yang Menakjubkan

Pariwisata

PESISIR SELATAN, HALUAN-Tuhan menciptakan alam ini sangat indah dan menakjubkan. Khusus di Batang Kapas, Pesisir Selatan tepatnya di depan Bukit Pulai ada pulau yang bentuknya sangat unik. Keunikan terlihat ketika berdiri di Pantai Sungai Nipah.

Layangkan pandangan agak keselatan, tepat di depan ujung Bukit Pulai siapapun akan melihat keajaiban alam. Keajaiban itu adalah sebuah pulau mirip keong (molusca) sedang berjalan. Mungkin jaraknya dari pinggir Pasir Sungai Nipah sekitar 3 hingga 4 Km saja.

Tak banyak pengguna jalan atau mereka yang singgah di bibir pantai Sungai Nipah menyadari bahwa di depannya ada pulau yang sangat menarik untuk di lihat. Bahkan masyarakat Pesisir Selatan sendiri juga banyak tidak tahu.

Masyarakat di sekitar daerah ini justeru menamakan pulau tersebut dengan Pulau Batu Nago. Bukan Pulau Keong atau sejenisnya. Pulau ini terdiri dari batu karang. Dari kejauhan terlihat mirip sekali dengan keong yang sedang melata.

Cangkang keong berada di bagian barat dan kepalanya tampak terjulur menghadap timur, dan nyaris mencium sebuah karang yang semakin dekat ke ujung Bukit Pulai. Di bagian kepalanya juga tampak seperti dilengkapi dengan aksesoris menyerupai antena keong.

Wajib Baca: Sejarah Suku Minang Yang Jarang Sekali Diketahui

Bagi masyarakat nelayan, pulau ini tidak memiliki arti besar selain seonggok karang besar, dan pada bagian ujung baratnya ditumbuhi pepohonan kelapa dan tumbuhan pantai nan rimbun lainnya. Namun akan lain halnya bagi mereka yang suka dengan sesuatu yang unik, pulau ini justeru menjadi sesuatu hal yang menarik.

Oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, pulau mirip keong berjalan ini memang belum dikelola untuk tujuan kepariwisataan. Hanya saja keberadaan pulau itu telah menambah daya tarik dan daya dukung kawasan yang ada di sekitar Sungai Nipah.

Bahkan, sejumlah pengembang wisata telah berhasil menjadikan beberapa tempat di kawasan ini sebagai pusat wisata keluarga, misalnya panorama Bukit Ransam, Pasir Sungai Nipah. Paling tidak ada tiga titik yang telah dikembangkan untuk tujuan wisata keluarga disini. Ketiga kawasan wisata ini selain mengandalkan keelokan pasir dan air laut yang bersih juga mengan­dalkan pemandangan Pulau Keong tersebut.

Bila anda berkesempatan ke lewat di kawasan ini, yang jaraknya sekitar 6 Km dari Kota Painan, maka akan merasa takjub melihat ciptaan Yang Maha Kuasa tersebut. Silahkan mencoba.(haridman kambang)

Baca Juga: Peran Minang di Kancah Nasional


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *