RESENSI BUKU NON FIKSI “SIRAH NABAWIYAH, Sisi Politis Perjuangan Rasulullah Saw”

Buku, Non Fiksi, Religi & Spiritual, Resensi

RESENSI BUKU NON FIKSI SIRAH NABAWIYAH, Sisi Politis Perjuangan Rasulullah Saw

RESENSI BUKU NON FIKSI

 

Judul Buku                  : SIRAH NABAWIYAH, Sisi Politis Perjuangan Rasulullah Saw

Pengarang                   : Prof. DR. Muh. Rawwas Qol’ahji

Penerbit                       : Al Azhar Press

Kota terbit                   : Bogor

Tahun terbit                 : 2011

Tebal                           : 515 halaman

 

Buku ini berisi tentang biografi Rasulullah Saw yang dikemas dalam bentuk kisah-kisah yang bersambung tentang sisi politis perjuangan beliau sejak lahir hingga wafatnya beliau. Buku ini membahas tentang bagaimana Rasulullah tumbuh, penggambaran keluarga beliau, bagaimana beliau diangkat menjadi rasul, mukjizat-mukjizat yang diberikan Allah kepada beliau hingga beliau menjadi pemimpin kaum muslim dan mendirikan Negara islam.

Muhammad Saw adalah seorang anak dari Abdullah bin Abdul Muthallib dari suku Quraisy dan ibunya bernama Siti Aminah. Beliau lahir di Mekkah dalam keadaan yatim dan di asuh oleh perempuan bernama Halimah Al-sa’diah karena tak lama setelah ia dilahirkan ibunya pun wafat. Kabar kelahirannya telah terdengar di seluruh penjuru jazirah arab dan selama ia diasuh oleh halimah, membuat keluarga halimah mengalami peristiwa-peritswa yang menakjubkan. Ini merupakan sebagian dari mukjizat-mukjizat yang diberikan oleh Allah Swt untuk beliau. Hingga beliau mencapai umur dewasa dan diangkat menjadi Rasul melalui perantara malaikat Jibril. Inilah kisah awal kepemimpinan beliau yang nantinya akan tersebar diseluruh jazirah Arab. Kepemimpinannya ini tentunya tidak beliau dapatkan dengan mudah karena banyaknya kaum-kaum pada saat itu yang berasal dari Yahudi yang sangat menentang ajaran agama yang dibawa Muhammad Saw, yaitu agama Islam. Hingga pada saatnya beliau mampu mendirikian sebuah Negara islam dengan kepemimpinan pertama dipegang oleh beliau sendiri dibantu sahabat-sahabat beliau yang penuh teladan.

Dewasa ini, tidak banyak kaum muslim yang mengenal dengan benar siapa Muhammad saw, yang merupakan Nabi sekaligus Rasul dan Kekasih Allah Swt tersebut. Kebanyakan dari kita hanya tahu cerita-cerita umum tentang beliau. Salah satunya yaitu, kisah Isra’ Mi’raj yang kita peringati setiap tahunnya. Namun, selain itu sangat banyak kisah rasulullah Saw yang sangat menarik dan patut untuk diteladani yang tidak kita ketahui dan tidak menyebar secara luas. Kisah-kisah yang dapat diketahui hany melalui Al-qur’an saja. Sedangkan saat ini, tak banyak orang yang mau membaca Al-qur’an dan meresapi makna-maknanya.

Buku ini mengantarkan pembaca untuk mengenal bagaimana sosok Muhammad Saw, sang utusan Allah Swt yang merupakan Nabi sekaligus Rasul umat manusia akhir zaman. Membaca buku ini membuat kita megetahui sekaligus mempelajari bagaimana kepribadian Muhammad Saw melalui kisah-kisah teladan yang termuat di dalamnya. Bagaimana agar ummatnya dapat meneruskan perjuangan yang telah ia alami di masanya.

Keunggulan buku ini terdapat pada bagaimanapenulis mengemas rangkaian kisah yang terdapatdi dalamnya seperti alur cerita dalam novel, membuat pembaca merasakan emosi yang terkandung di setiap detail-detail cerita sebagaimana ketika membaca novel perjuangan. Di dalam buku ini banyak mengutip dialog-dialog rasulullah Saw yang membuat pembaca merasakan bahwa sedang mendengarkan Rasulullah saw secara langsung. Banyak terdapat firman-firman Allah Swt dan hadist-hadist rasulullah Saw yang dapat menambah pengetahuan keagamaan para pembaca.

Adapun kelemahan buku ini yaitu, terdapat banyak istilah-istilah yang penjelasannya memerlukan dari buku lain yang terkait walaupun terdapat catatan kaki disetiap akhir halaman. Namun catatan kaki tidak cukup untuk menjelaskan istilah-istilah tersebut secara mendalam.

Buku ini ditujukan untuk para kaum intelektual maupun untuk semua kalangan yang sekiranya dapat memahami isinya, yang ingin mengenal rasulnya lebih dekat dan untuk menambah ilmu keagamaan.

Segeralah miliki buku ini agar dapat menumbuhkan kecintaan kita kepada Rasul kita melalui rentetan kisah-kisah teladan beliau yang menguras emosi!

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *