resensi buku pejuang subuh

Buku, Non Fiksi, Resensi

resensi buku pejuang subuh

Judul Buku : Pejuang Subuh
Penyususun : @PejuangSubuh
Penerbit : WahyuQolbu
Jumlah halaman : xxviii+208
Cetakan pertama : 2013

SUBUHKU UNTUKMU
@pejuangsubuh merupakan kumpulan orang-orang yang telah memuali istiqomah untuk melalulan sholat subuh berjamaah di masjid. @pejuangsubuh rata-rata adalah orang yang pernah bermasalah dalam kehidupanya. Mereka rata-rata orang yang pernah melalui hidup hedonism, dunia malam, ganja, dan pergaulan bebas lainnya. Namun setelah mereka mendapatkan hidayah dari Allah mereka kembali ke jalanNya dan dengan senang hati menceritakan semua kisahnya agar bisa dijadikan infirasi dan semoga mendapat manfaat dari cerita yang telah dibukukan dalam buku “Pejuang Subuh” ini.
Fenomena sekarang yang sering terlihat di lingkungan masyarakat kita yaitu jarangnya remaja yang solat subuh berjamaah di masjid. Ketika subuh biasanya yang menghidupkan masjid adalah orang tua saja. Hanya sedikit remaja yang solat berjamaah di masjid. Alasannya lebih enak tidur dibalik selimut padahal dalam azan subuh telah diserukan “Ash shalaatu khairun minan naum” ‘solat itu lebih baik daripada tidur’. Seruan ini hanya kita dengar ketika waktu solat subuh saja, bukan? Mengapa seruan itu kita dengarkan ketika solat subuh saja? Karena pasti ada maksud dari semua ini yaitu kasih sayang Allah kepada umat islam. Selain itu Allah memerintahkan kita untuk bangun mengerjakan solat, karena ada keistimewaan berlimpah yang Allah curahkan pada waktu subuh ini yaitu solat yang nilainya jauh lebih berharga dibandingkan dunia seisinya. Sebagaimana telah dikatakan dalam hadist muslim dan ahmad “dua rakaat subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim dan Ahmad).
Solat subuh merupakan hulu dari empat solat wajib lainnya, bila menegrjakan solat subuh dengan baik, insyaAllah empat solat wajib yang lainnya akan dikerjakan dengan baik pula. Karena waktu solat subuh yang sangat sulit untuk dikerjakan, ibarat kata kalau kita sudah terbiasa mengerjakan hal yang berat hal yang ringan akan lebih mudah untuk dikerjakan. Begitu pula kalau sudah terbiasa bangun ketika subuh dan solat berjamaah di masjid, maka kemungkinan keempat solat wajib yang lainnya akan ringan untuk dikerjakan.
Fenomena yang terjadi, yang sulitnya mengerjakan solat subuh berjamaah bahkan banyaknya orang yang tidak mengerjakan solat dan lebih asyik tidur, menganggap solat hal yang sepele. Bila ditahu betapa penting solat subuh, bahkan solat subuh ini adalah perkara yang menjadi garis pembeda antara orang yang munafik dan bukan orang munafik. Seperti dalam sabda Rasulallah SAW, berikut ini:
“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan salat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya dengan merangkak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim no. 651).
Selain keistimewaan yang telah disebutkan di atas, terdapat keistimewaan solat subuh yang lainnya, seperti yang telah disabdakan Rasulallah Saw dalam hadist berikut ini:
“Barang siapa solat isya berjamaah, maka seakan-akan dia melakukan qiamul lail tengah malam dan barang siapa shalat subuh berjamaah maka seakan-akan dia melakukan solat sepanjang malam.” (HR. Imam Ahmad dan Imam Muslim melalui Ustman bin Affan).
“Berikanlah khabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (waktu isya dan subuh) meuju masjid dengan cahaya sangat terang pada hari kiamat.” (HR. Abu Daud, At-Tarmizi, dan Ibnu Majah).
Allah memberikan kelimpahan berkah dan keistimewaan bagi orang-orang yang mngerjakan solat subuh. Berikut akan disebutkan sedikit keistimewaan dari solat subuh berjamaah:
1. Para pelaku shalat subuh berjamaah mendapat ganjaran keselamatan Allah pada hari itu.
2. Shalat subuh salah satu penyebab seseorang bisa masuk surga.
3. Shalat subuh menghindari siksa neraka.
4. Para pelaku shalat subuh mendapat persaksian para malaikat.
5. Shalat subuh berjamaah pahalanya bagaikan shalat sepanjang malam.
6. Shalat subuh membuat seseorang dijahui dari sifat munafik dan sifat buruk lainnya.
7. Shalat subuh adalah pembuka rizki terbaik.
8. Shalat subuh adalah kunci kemenangan.
9. Shalat subuh menjadikan para pelakunya berhak ditolong Allah.
10. Shalat subuh lebih baik dari dunia seisinya.
11. Shalat subuh adalah salah satu cara mudah untuk mendapatkan pahala yang besar.
Itulah sedikit keutamaan solat subuh yang dalam buku ini akan dijelaskan tentang keutamaan solat subuh. Selain keutamaan solat subuh dalam segi agama dalam buku ini juga dijelaskan tentang fakta ilmiah tentang solat subuh dan dalam buku ini terdapat kisah-kisah para pejuang subuh yang dulunya hidup jauh dari jalan Allah dan setelah istiqomah menjalankan solat subuh berjamaah, mereka mendapatkan keistimewaan dan kenikamatan dari Allah. Ada banyak hikmah yang dapat dipetik dari kisah-kisah pejuang subuh. Dari kisah-kisah para pejuang subuh bisa memberika inspirasi dan semoga bisa menggerakkan hati untuk mengerjakan solat subuh berjamaah di masjid secara istiqomah. Semoga Allah memberikan ridha-Nya. Sebab shalat subuh merupakan salah satu pilar kebangkitan umat islam. Buku ini menceritakan banyak hal yang sangan bermanfaat, untuk mengetahui keutamanaan dan kisah-kisah yang menarik dalam buku ini, dan bahasa yang digunakan sangat mudah untuk dimengerti, maka bacalah! Insyaallah pembaca tidak akan pernah menyesal, bahkan mungkin akan menjadi salah satu sahabat pejuang subuh selanjutnya. Selamat membaca.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *