resensi buku surat kecil untuk tuhan

Buku, Resensi

resensi buku surat kecil untuk tuhan

Indentitas buku
Judul buku/ novel : surat kecil untuk tuhan
Penerjemah : _
Penenerbit : inandra Published
Tahun terbitan : 2008

cetakan :Jakarta 2011
edisi : -18
tebal buku : 232

harga buku:
Pengarang : Agnes Danovar

Latar Belakang Pengarang
Agnes davonar adalah sebuah fenomenal di dunia sastra Indonesia. Ia memulai kariernya sebagai penulis amatir di sebuah blog. Kemudian dengan cepat berkembang menjadi penulis yang mau belajar hingga melahirkan lima novel online dan 42 cerita pendek yang begitu melekat bagi semua pembaca situs pribadinya. Tak heran bila sebuah kutipan dari sebuah portal informasi detik.com mengatakan “bahwa tidak sulit untuk mencari karya dari seorang Agnes davonar ”. Keunikan sendiri terdapat dalam nama Agnes davonar. Agnes berasal dari namanya sedangkan Davonar diambil nama dari adiknya. Jadi mereka adalah dua saudara yang bersatu dalam sebuah karya.
Agnes lahir di Jakarta 8 oktober, sedangkan Davonar lahir di Jakarta, 7 Agustus . mereka adalah Dua saudara yang besar dalama lingkungan seni. Ayahnya adalah seorang penulis kaligrafi Cina sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang tangguh. Mereka berdua membentuk sebuah blog dengan situs
Agnes berkerja sebagai karyawan swasta dan Davonar berkuliah di Universitas sastra Jepang Bina Nusantara. Keduanya memiliki hobby yang sama yakni menyukai olahraga. Tapi kelihaian menulis telah mengantarkan keduanya sebagai penulis muda berbakat dalam jajaran sastra Indonesia. Agnes Davonar menyebutnya sebagai novelis dan cerpenis online. Karena ketulusan dan kedisplinan dalam berkarya sebuah situs peringkat Blog Topseratus.com
menempatkan Blognya sebagai peringkat pertama dari 100 blog terbaik di Indonesia. Sangat mencengangkan, sebuah Blog sastra mengalahkan Blog dan situs internet yang pada umumnya lebih mengfokuskan pada musik ataupun tips tips mencari uang marketing lewat internet. Karyanya juga tak kalah mencengangkan hingga menjadi fenomenal. Kisah Gaby dalam Lirik lagu terakhir, diadaptasi dari sebuah lagu jauh yang dibawakan oleh penciptanya band caramel dianggap sebagai kisah nyata dan menjadi Kontroversial karena berhasil menarik opini masyarakat jika kisah kematian dalam tokoh itu adalah kisah nyata. Tidak pernah dalam sejarah Sastra Indonesia dimulai dari Anak anak sekolah, pengamen , ibu ibu rumah tangga hingga tukang bangunan tau tentang kisah Gaby karyanya.
Di paruh kedua bukunya berjudul kisah surat kecil untuk Tuhan adalah sebuah kisah nyata yang penuh ispiratif, diangkat dari sebuah perjalanan panjang gadis cilik bernama Gitta sesa wanda cantika. Kisah ini mengajarkan tentang kehidupan diujung pengharapan dimana Gitta yang divonis kanker ganas berjuang untuk hidup. Walau pada akhirnya ia menyerah namun ia tidak kalah karena penyakit itu , ia pun menuliskan surat terakhirnya kepada Tuhan yang ia beri judul surat kecil untuk Tuhan.

SINOPSIS
SURAT KECIL UNTUK TUHAN

Tuhan . . .
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan didunia ini
Tuhan . . .
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku terjadi pada orang lain
Tuhan . . .
Bolehkan aku menulis surat kecil untuk-Mu
Tuhan . . .
Bolehkah aku memohon satu hal kecil untuk-Mu
Tuhan . . .
Biarkanlah aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya
Tuhan . . .
Izinkanlah rambutku kembali tumbuh agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya
Tuhan . . .
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bias memberikan kebahagiaan kepada ayah dan sahabat-sahabatku
Tuhan . . .
Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa
Agar aku bisa memberikan arti hidup kepada siapapun yang mengenalku
Tuhan . . .
Surat kecilku ini
Adalah surat terakhir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali . . .
Ke dunia yang Kau berikan padaku
Sepenggal surat dari Gita sessa Wanda cantika untuk tuhan yang memberikannya hidup, untuk tuhan yang mengijinkannya tersenyum untuk tuhan yang pencipta segala hal. Agnes dalvonar itulah nama penulis yang mendapat kesempatan untuk menuangkan kisah tersebut dalam sebuah novel yang berjudul surat kecil untuk tuhan. Untuk saat ininovel ini sudah tak asing lagi bagi para pembaca atau penggemar novel namun kisahnya yang inspiratif dan mengharukan membuat saya tidak bosan untuk membaca novel ini.
Novel ini menceritakan tentang seorang gadis remaja yang berjuang melawan kangker ganas Rabdomiosarkoma ( kangker jaringan lunak ) remaja yang bernama Gita Sessa Cantika adalah seorang artis cilik era 1998. Gadis remaja ini yang menjadi tokoh utama dalam novel yang di tulis agnes dalvonar. Di dalam novel ini seorang gadis remaja yang di vonis mengidap kangker ganas dan hidupnya di vonis hanya tinggal lima hari lagi, kangker ganas itu menggerogoti wajah sehingga terlihat seperti monster. Walau dalam keadaan sulit gadis ini atau lebih dikenal dengan sebutan keke terus berjuang untuk bertahan hidup dan tetap sekolah seperti gadis pada umumnya.
Orang tuanya berat mengambil keputusan, bagai manapun juga sebagai orang tua mereka tidak tega melihat separuh wajah putrinya harus hilang karna oprasi. Maka ayahnya merahasiakan kangker itu kepada keke. Seorang gadis berprestasj model dan juga penyanyi ini. Namun pada ahirnya keke mengetahui penyakit ganas yang menyerangnya. Keke tida marah pada siapun yang merahasiakan penyakit ganas tersebut padanya,dia membalas dengan senyuman dan tetap melanjutkan hidupnya.
Sang ayah yang sangat mencintai putrinya ia terus berjuang untuk mencari pengobatan bagi sang putrid kesayang demi melepas dari jeratan mau yang sedang di alaminya. Perjuangan sangayah yang sangat mngharukan dalam menyelamtkan putrinya. Sangayah berkeliling iindonesia untuk mencari pengobatan artenatif untuk sang anak.
Perjuangan keke dalam melawan kangker ganas yaqng menyerang tubuhnya membuahkan hasil dengan perjuangan orang tuanya keke berhasil hidup lebih lama, selama 6 bulan melalui kemoterapi yang setiap kemoterapi merontokan rambutnya, keke dengan tubuhnya yang kecil harus menjalani 25 kali kemotrapi untuk dapat sembuh.
Tuhan memberikan kesempatan kepada keke untuk bersama keluarga serta sahabat yang ia cintai lebih lama. Kasus kangker yang di alami gita menjadi kasus kangker jaringan lunak pertama di Indonesia dan menjadi sebuah perdebatan di kalangan kedokteran,karna biasanya kangker tersebut hanya menyerang kalangan orang tua. Keberhasilan dokter Indonesia dalam menyembuhkan kangker tersebutmenjadi prestasi tersendiri bagi kalangan dokter di Indonesia. Sekaligus membuat para dokter di dunia bertanya-tanya.
Namun kangker itu kembali. Keke sadar nafasnya di dunia ini semakin sempit ia tidak marah kepada tuhan justru ia bersukur karna mulanya ia di vonis hidup selama 5 hari namun ataskebesaran tuhan ia di berikesempatan hidup selama 3 tahun. Kangker itu datang lagi di tempat yang berbeda kali ini di pelipis kanan gita dan ayahnyapun mencoba kembali untuk melakukan kemoterapi pada gita, berharap bis membunuh kangker tersebut seperti sebelumnya, namun sepertinya kangker tersebut sudah kebal terhadap kemoterapi ia tetap berada di pelipis kanan gita.
Ahirnya sang ayah mengajak gita untuk berobat di singapur di sana dokterpun menyarankan untuk oprasi, namun mereka kembali ke Indonesia dengan keadaan gita yang semakin parah. Kangker irtu mulai menyebarke seluruh badanya, ke paru-paru, jantung serta organ lainnya. Keke tetap belajar dan sekolah meski tangan dan kakinya tidak bias di gerakan. Semakin hari keadan keke semakin memburuk hingga ahirnya dia harus di rawat inap di rumah sakit dan mengalami koma selama tiga hari. Di ahir hidunya keke menjadi juara di sekolah dalam ujian ahir sekolah dan dokterpun menyerah atas kangker yang gita alami.
Di ahir hanyanya ia menuliskan sebuah surat kecil untuk tuhan , surat yang menggambarkan kebesaran hatinya yang berharap tidak ada air mata lagi ini seperti yang terjadi padanya tak akan terjadi pada siapapun. Nafasnya telah berakhir tanggal 25 desember 2006 dan kisahnya menjadi abadi.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NOVEL “SURAT KECILUNTUK TUHAN”
 Kelebihan dari novel “surat kecil untuk tuhan”
• Mengajarkan untuk ikhlas, kuat, tawakal, serta pantang menyerah pada cobaan
• Mengharukan dan mampu membawa pembaca dalam dunia yang penulis suguhkan secara sedemikian mungkin
• Mengambil dari kisah nyata seseorang remaja yang benar-benar terjadi di Indonesia
 Kekurangan dari novel “surat kecil untuk tuhan”
Novel ini sangat mengharukan di mana seorang remaja yang sangat berprestasi melawan maut yang mengintai hidupnya, kekurangan dari novel ini ada bagian-bagian tertentuyang kurang dapatsaya pahami
Dan terlalu tingginya saqtra yang di suguhkan penulis sehingga apa yang di sampaikan kadang tidak terlalu tersampaikan kepada pembaca karn apembaca kurang memaknai atau mentafsirkan maksud penulis.

CATATAN SAYA
Novel yang sangan inspiratif mengajarkan berbagai hal yang kadang tak sanggup mungkin saya jalani jika saya berada di posisi keke, bagai mana dengan ikhlas dan tawakalnya ia menjalani cobaan yang tuhan beri, semoga kau tenang di alam sana gita sessa wanda cantika. Kisah mu akan selalu jadi inspirasi untuk kami terutama saya yang kadang menyepelekan sekolah serta prestasi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *