RESENSI (EDISI REMAJA) Menjadi Penulis Hebat karya Solihin

RESENSI (EDISI REMAJA) Menjadi Penulis Hebat karya Solihin

Buku, Non Fiksi, Resensi

Judul : Menjaadi Penulis Hebat
25 Tips agar Menulis Gampang dan Menyenanngkan (Tuntunan bagi Pemula)
Pengarang : Oleh Solihin
Penerbit : IDeA Pustaka Utama
Cetakan : Cetakan I, Juni 2013
Tebal : 255 halaman
Harga : Rp 25.000,00

Menulis adalah gabungan antara keterampilan, pengetahuan dan sekaligus sikap mental. Untuk menghasilkan tulisan berkualitas tinggi diperlukan pengetahuan yang memadai, kelihaian mengomunikasikan pesan, dan memiliki mental juara. Buku ini bisa menjadi alternatif panduan untuk mewujudkan itu semua. “Menulis bisa dilakukan oleh siapa saja, dan dari kalangan mana saja. Syarat utamanya mudah, yakni tidak buta huruf,” Inilah salah satu ungkapan ringan yang diungkapkan dalam bukunya.
Buku “Menjadi Penulis Hebat” menuangkan 25 tips agar menulis gampang dan menyenangkan. Pilihan kata dan gaya bahasa yang digunakan mengasyikkan. Mengapa? Karena penuturannya menggunakan bahasa remaja yang mudah diserap oleh pembaca. Penyajian tips-tipsnya membuat pembaca selalu ingin mencoba satu demi satu tips yang disajikan tanpa menunggu menuju tips berikut. Satu tips untuk satu percobaan. Bisa dikatakan bahasa yang digunakan ringan tanpa menguras energi dan pikiran untuk mencernanya. Jadi, pada dasarnya buku ini dibuat dengan gaya bahasa yang mudah dipahami.
Buku ini ditujukan kepada remaja, namun tidak melarang yang bukan terkategori ramaja untuk membacanya. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Idea Pustaka pada Juni 2003. Isinya adalah panduan menulis untuk pemula. Buku ini kaya dengan tips-tips yang dibutuhkan oleh seseorang yang ingin menjadi penulis. Meski isi buku ini ditujukan untuk remaja–karena menggunakan bahasa komunikasi gaya remaja–tapi masih bisa ‘dikonsumsi’ juga oleh mereka yang sudah berstatus “remaja di garis finish” Bisa dikatakan untuk umum, namun lebih ditekankan pada remaja. Buku ini dibuat sebagai hasil perpaduan dalam mengamati, mempelajari, dan tentunya pengalaman dalam mempraktekkan setiap tips. Bisa dikatakan buku ini adalah perpaduan antara teori dan praktek yang pernah dilakukan oleh penulisnya. Dari 25 tips yang dimaksudkan, 24 tips di antaranya merupakan teori yang mesti dipraktekkan, sisanya adalah motivasi. Memahami teknik penulisan memang perlu, namun mempunyai motivasi diri yang kuat untuk menulis sungguh sangat penting dipunyai oleh setiap orang yang hendak terjun ke dunia kepenulisan ini. Sebab, tanpa motivasi yang kuat, lebih baik keinginan menjadi penulis dikubur saja.
Buku ini sangat memotivasi pembaca untuk berani memulai menulis, bahkan bagi mereka yang merasa tidak punya bakat menulis. Keyakinan diri seorang Solihin untuk menerbitkan buku ini sudah menunjukan bahwa motivasi diri sangat mutlak diperlukan guna berhasilnaya seseorang menjadi penulis hebat dengan cara yang gampang dan menyenagkan.
Namun, segala sesuatu yang ada di dunia ini memiliki kekurangan, terlebih sebuah buku karya manusia yang pada dasarnya terbatas. Tidak ada hal yang sempurna yang dilahirkan dari manusia yang tidak sempurna. Kekurangan buku ini adalah terletak pada sampul depan terlihat sangat kontras, judul buku dan ilustrasi gambar sampul depan kurang sinkron. Buku ini berjudul “Menjadi Penulis Hebat”, namun ilustrasi gambarnya melukiskan bahwa kegiatan menullis itu perkara yang sangat sulit. Digambarkan pada sampul depan buku tersebut seorang laki-laki yang sedang berusaha menulis, namun menulis terkesan sangat sulit dan membuat laki-laki tersebut frustasi. Pada gambar tersebut, si lelaki terlihat memegang kepala dengan wajah pasrah. Pada sampul depan tersebut juga terdapat gambar pensil yang patah, menambah kesan bahwa menulis itu sangat sulit dan dapat mematahkan semangat bagi penulis pemula. Seharusnya sampul depan disesuaikan dengan judulnya bahwa menulis itu mudah dan menyenangkan. Agar penulis pemula merasa terpancing semnagatnya untuk memulai menulis.
Apapun bentuknya, kemampuan menulis tidak terlepas dari keterampilan yang mendukungnya, seperti membaca, menyimak, dan berbicara. Yang terpenting adalah membaca. Permulaan tips yang disodorkan kepada pembaca, yaitu “berawal dari membaca.” Penulis yang baik adalah pembaca yang baik.
Dalam buku ini, disuguhkan tips-tips ampuh bagi penulis pemula. Tips 1, berawal dari membaca. Tips 2, Bikin deh, Buku Harian!. Tips 3, Menulis Surat? Boleh Juga, Tuh! Tips 4, Jadi Peneliti Kecil-kecilan. Tips 5, Memilih Topik. Tips 6, Membuat Kerangka Tulisan. Tips 7, Menabung Kosakata. Tips 8, Hindari ‘Kalimat Raksasa’. Tips 9, Hemat Kata. Tips 10, Buatlah Judul yang Menarik. Tips 11, Pastikan Membuat Subjudul. Tips 12, Biasakan Membuat Lead ‘Menggoda’. Tips 13, ‘Bermesraan’ dengan Feature. Tips 14, Membuat Tulisan Feature. Tips 15, Menulis Hasil Wawancara. Tips 16, Gimana Sih, Menulis Ilmiah? Tips 17, Menulis Gaya Populer, Apa Pula itu? Tips 18, Tulisan Ilmiah Populer, Kayak Gimana Sih? Tips 19, Menulis Fiksi, Mengasah Kepekaan. Tips 20, Mari Menulis Biografi. Tips 21, Menulis Resensi, Belajar Mengkritisi. Tips 22, Menulis Berita, Gimana, Sih? Tips 23, Akurasi Data dan EYD? Perlu, Dong! Tips 24, Tentang Subyektif dan Obyektif, Tips 25, Ngomongin Motivasi dan Mood.
Dari sekian banyak tips yang disuguhkan, telah disusun sedemikian runtun. Di awal-awal pembaca diminta hanya menulis tanpa memikirkan bentuk dan pilihan kata. Initnya hanya berani mulai menulis. Hingga sampai pada tips yang sedikit rumit, yaitu harus memperhatikan EYD dan diksi yang tepat. Jadi pembaca yang ingin memulai tidak merasa berat karena akan dibiasakan mulai dari yang ringan. Kebiasaann yang akan dibentuk oleh penulis pada diri pembaca. Dengan motivasi yang diberikan akan semakin memacu hasrat untuk segera ingin menulis.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *