novel 3600 detik tulis menulis indonesia

Resensi Novel 3600 Detik Karya Charon

Resensi, Buku

Identitas Novel 3600 Detik

Penulis : Charon

Desain dan Ilustrasi sampul : Yustisea Satyalim

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Alamat Penerbit : Jl. Palmerah Berat 29-37, Jakarta 10270

Cetakan Pertama : Mei 2008

Tebal : 208 halaman

ISBN : 978 – 979 – 22 – 3728 – 3

Kategori : Romance

Text Bahasa : Bahasa Indonesia

Latar Belakang Pengarang

Charon, pernah menempuh pendidikan di Jurusan Sistem informasi di Universitas Bina Nusantara, angkatan 2002. Sekarang tinggal di Sukabumi bersama orang tuanya.Selain novel 3600 detik ini, Charon juga menulis novel lain yaitu 7 hari menembus waktu. Tapi sekarang belum berniat untuk menulis novel lagi karena kesibukan bekerjanya yang sangat menyita waktu.

Baca Juga : Review Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Sinopsis Novel 3600 Detik

Sandra sangat terpukul ketika orang tuanya bercerai. Dan hatinya semakin sakit ketika ayahnya memutuskan ia harus tinggal bersama ibunya, yang selama ini tak pernah dekat dengannya. Kemarahan yang menggelora menjadikan Sandra remaja yang bandel. Berulang kali is di keluarkan dari sekolah karena kenakalannya yang di luar batas.

Akhirnya ibunya memutuskan untuk pindah kota. Mungkin suasana dan lingkungan baru akan mengubah perilaku putrinya. Namun di sekolahnya yang baru ini Sandra sudah bertekad untuk membuat dirinya di keluarkan lagi. Ia bertekad untuk membuat ulah agar para guru tak tahan terhadapnya. Namun ia salah perkiraan. Pak Donny sangat sabar menhadapinya. Wali kelasnya itu berpendapat, mengeluarkan Sandra berarti menuruti keinginan anak bandel ini.

Baca Juga: Resensi Novel dan Film A Man Called Ove

Namun, lambat laun Sandra berubah. Orang tuanyapun heran. Mereka yakin Leon lah yang membuat gadis itu berubah. Mereka juga bertanya-tanya, kenapa Leon bisa bersahabat dengan Sandra, sementara murid-murid lain justru menjauhi gadis urakan itu. Apa yang membuat Leon tertarik padanya, padahal keduanya bagaikan bagaikan langit dan bumi. Leon adalah anak rumahan yang manis, bintang pelajar, sopan, tekun, berbeda seratus delapan puluh derajat dengan Sandra.

Analisis Unsur Intrinsik Novel 3600 Detik

Tema : Percintaan

Latar : Sekolah, tempat main billiard, Rumah sakit, Pasar Malam.

Alur : Maju

Tokoh : Sandra, Leon, Pak Donny, Ibu

Perwatakan : Sandra orang yang urakan, kasar, cepat marah.

Leon orang yang baik, sabar, pengertian.

Pak Donny orang yang baik, sabar, dan pengertian.

Ibu orang yang sibuk, jarang ada untuk Sandra.
Sudut Pandang : Sudut Pandang Orang Ketiga Serbatahu

Amanat : Jangan membenci seseorang hingga terlalu benci. Hal itu tidak baik untuk di lakukan.

Analisis Unsur Ekstrinsik Novel 3600 Detik

Nilai Moral : menjadi diri sendiri akan lebih baik dan tidak menjadikan kita menjadi orang yang berkelakuan buruk.

Nilai Sosial : Semua teman itu sama, jangan menjauhi teman karena dia nakal, yang harus di lakukan adalah membuatnya baik.

Nilai Agama : –

Keunggulan Novel 3600 Detik

Novel ini mempunyai tema yang bagus, sehingga dapat membuat pembaca masuk dalam cerita. Jalan ceritanya juga tersusun rapi mulai dari awal hingga akhir. Gaya bahasanya juga mudah dipahami. Serta yang paling penting, novel ini mempunyai pesan moral yang tinggi.

Baca Juga: Resensi : All My Love (Nurul Fatimah)

Kelemahan Novel 3600 Detik

Seperti kebanyakan novel-novel “teenlit”yaitu jalan cerita yang mudah sekali ditebak oleh pembaca. Serta sedikitnya permasalahan dalam cerita yang ada di novel tersebut, sehingga terdapat kesan yang kurang seru.

Kesimpulan

Setelah membaca dan menganalisa, menurut saya Novel 3600 Detik ini layak untuk di baca dan di publikasi untuk para pembaca. Banyak amanat yang terdapat dalam novel ini. Novel ini juga dapat menghibur pembaca dan memberi banyak manfaat lain.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *