resensi novel inspirasi cinta karya kinoysan tulis menulis.jpg

Resensi Novel Inspirasi Cinta Kinoysan

Resensi, Buku

Bercermin pada Kisah Inspiratif Kinoysan

Judul Novel     : Inspirasi Cinta

Pengarang       : Kinoysan
Terbit               : Juni 2015
Penerbit           : PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta

Tebal Buku      : v+122 halaman

Harga              : Rp.37.000,00

ISBN               : 978-602-375-046-7

Dalam novel “Inspirasi Cinta”, Kinoysan mengisahkan perjalanan hidupnya. Berlatarkan seorang penulis profesional yang lebih kurang telah menulis 20 judul novel, 65 judul buku nonfiksi, lebih dari 100 cerpen di media, puluhan judul skenario sinetron, mengisi berbagai pelatihan kepenulisan, mendirikan Griya Kinosyan University, dan mendapat berbagai penghargaan, Kinoysan cukup banyak makan asam garam kehidupan. Oleh karena itu, novel ini terdiri atas kisah-kisah pengalaman hidup Kinoysan yang luar biasa sehingga mampu menginspirasi para pembacanya untuk tetap kokoh melewati lika-liku kehidupan.

“Hidup tak selamanya berada di jalan yang mudah. Ada banyak hal yang tak terduga. Syukur adalah cara mudah untuk mencintai hidup yang dianugerahkan Sang Pencipta. Cinta, kasih, sayang, dan keberkahan akan terbentuk dari mereka yang berjiwa positif, penuh semangat, memiliki harapan, dan berfokus pada cita-cita luhur. Perjuangan akan terasa indah bila kita mendedikasikan hidup untuk kebaikan dan kemuliaan.

Hidup ibarat perjalanan panjang penuh liku dan rahasia. Kita sering tak tahu arah yang benar. Kita sering tanpa sadar tersesat dari tujuan. Dengan kembali menekuri jalan yang direstui Tuhan, semuanya akan mudah. Satukan hati, bulatkan tekad untuk mencari petunjuk. Temukan inspirasi cintamu menuju kebahagiaan dan kemuliaan agar hidup lebih bermakna.” (hlm. cover belakang).

Begitulah sekelumit ungkapan Kinoysan dalam novel “Inspirasi Cinta” yang menjadi cermin dari isi novel. Dalam novel “Ispirasi Cinta”, Kinoysan menyuguhkan berbagai persoalan kehidupan beserta cara pandang menghadapi persoalan tersebut. Aspek-aspek persoalan kehidupan yang ditampilkan sangat beragam, yaitu meliputi perjuangan mengenyam pendidikan, usaha menyenangkan hati orang tua, usaha menghargai seseorang, menanggapi kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak seimbang, memillih jodoh yang sepadan, menghadapi kesulitan besar dengan berpikir positif, usaha menjadi orang yang bijaks, usaha menjadi orang yang selalu rendah hati, dsb.

Dengan bahasa yang santai dan mudah diterima, membaca novel “Inspirasi Cinta”, akan mengantarkan kita untuk menjumpai realitas nilai-nilai kehidupan yang terkadang kita lalaikan. Padahal, sekecil apapun nilai kehidupan yang pernah kita lalui, dapat menjadi cermin untuk memperbaiki kehidupan selanjutnya. Kisah-kisah Kinoysan dalam novel ini akan mengingatkan kita pada serpihan-serpihan pengalaman kecil dan besar yang pernah kita lalui. Dengan mengingat pengalaman-pengalaman itu, kita akan bercermin untuk melihat diri kita dan memperbaiki diri kita. Dengan demikian, kita mampu menjadi bijak dalam menyikapi persoalan kehidupan.

Kisah hidup Kinoysan dalam novel “Inspirasi Cinta” terdiri atas 52 edisi. Secara keseluruhan, kisah-kisah tersebut sangat menarik untuk dibaca dan dijadikan sumber inspirasi. Namun, ada satu kisah yang menurut saya kurang menarik dan kurang memberikan inspirasi. Kisah yang kurang menarik tersebut yaitu pada edisi “Ungkapan Cinta”. Pada edisi tersebut, Kinoysan tidak menuntaskan makna dari ungkapan-ungkapan cinta yang telah disebutkan. Selain itu, jika Anda membaca novel “Inspirasi Cinta”, Anda akan sedikit terganggu dengan kesalahan tik, namun Anda tidak perlu khawatir karena kesalahan tik tersebut masih dapat dipahami oleh para pembacanya.

Bagi Anda yang ingin menjadi bijak dalam menyikapi persoalan kehidupan, Anda dapat membaca novel “Inspirasi Cinta”. Karena, di dalam novel ini Anda akan menemui pelajaran berharga untuk melewati persoalan kehidupan dari berbagai aspek. Selamat Membaca!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *