RESENSI NOVEL “THE REASON IS YOU” ( ketika rindu menjelma menjadi namamu)

Buku, Resensi

RESENSI NOVEL THE REASON IS YOU

Sebuah novel karya NA FAWZIA. Na fauzia adalah seorang cerpenis, pemimpi, dan pecandu komik. Menyukai buku, anak-anak, rujak, yoghurt, dan aroma tanah saat hujan. Pernah bekerja sebagai copyeditor dan reporter, saat ini dia menetap di Lamongan dan menghabiskan waktu luang dengan membaca menulias. sejak, dulu pare_sebuah kota kecil dikediri_terkenal dengan sebutan kampung bahasa karena banyaknya tempat kursus bahasa inggris yang berdiri disana. Ribuan pelajar dari setiap dari setiap penjuru indonesia datang ke pare tiap tahunnya dengan tujuan memperdalam kemampuan bahasa inggrisnya.
Dalam novel ini diceritakan tentang seorang gadis periang dan sangat optimis menghadapi hidup, dia bernama lila, ia terdampar di pare karena gagal lolos seleksi masuk perguruan tinggi negri. Adapun tujuannya ke pare adalah untuk persiapan seleksi masuk perguruan tinggi pada tahun berikutnya, kemudian ia juga mempunyai hobi bersepeda mengelilingi kota pare di pagi hari, ada sebuah tempat yang selalu ia tuju yakni sebuah areal persawahan yang terletak di pinggiran desa TULUNG REJO namanya, yang pinggirnya mengalir sebuah sungai kecil. Di tempat inilah lila menghirup udara pagi, menikmati desir angin, gemericik air, dan cericit burung sambil menghafal kosakata bahasa inggris. dan secara tidak sengaja pula, di tempat inilah lila bertemu dengan ARIS, seorang pemuda berambut jabrik yang berlagak seolah fotografer profesional, dan tidak disangka lagi bahwa Aris adalah teman sekelasnya dalam program translation, sikap aris yang unpredictable, kadang judes, tapi terkadang mendadak baik, yang membuat lila sulit mengukur aris. Rasa kesalnya terhadap aris sering bercampur dengan rasa yang membuatnya megap-megap, rasa itu tiada lain adalah cinta. Teman-teman dekatnya ( lila ) banyak yang mengatakan bahwa si aris ini juga mepunyai prasaan yang sama kepdanya, sikap aris yang judes dan kadang suka usil itu hanyalah trik untuk mendapatkan perhatiannya semata, karena aris berprinsip bahwa cinta dan benci garisnya tipis. Meski begitu, lila yang angkuh pun tidak mau mengakui perasaannya, hingga suatu ketika ia mengetahui bahwa aris telah mempunyai kekasih jauh sebelum mereka bertemu di pare, hal itu yang membuatnya merasa sakit hati dan kecewa. Ia mengira bahwa dirinya hanya dijadikan sebagai tempat persinggahan sementara, walaupun aris meyakinkah bahwa hubungannya dengan sang mantan telah lama berahir, namun lila tetap tidak mau percaya kepadanya.
Kisah cinta mereka tak pernah berujung, hingga mereka menyelesaikan kursus mereka dan meninggalkan pare untuk kembali ke daerah asal masing-asing. Setahun kemudian mereka bertemu ditempat yang sama yakni pare dengan perasaan yang berbeda, ketika rindu mengusik, lalu kemudian berubah menjadi sebuah nama, maka timbul lah cinta, dan hal yang serupa terjadi pada pasangan ini, lila dan aris ahirnya diperteukan kembali setelah berpisah selama setahun, namun ketika cinta telah memanggil, maka ia akan datang, dan jangan pernah berlari, karena sesungguhnya cinta itu adalah anugrah yang terindah dari sang maha pencipta. WASSALAAMUALAIKUM WR. WB.
BEBERAPA FAKTA DALAM NOVEL “ THE REASON IS YOU “
Adapun tujuan penulisan novel ini tidak 100% fakta, ada juga yang merupakan hasil imajinasi, berikut diuaraikan beberapa fakta dalam novel ini, diantaranya ialah sebagai berikut:
 Dari segi nama, aris, siapa dia sebenarnya ? saat di pare lila pernah bertemu dengan seorang cowokyang rambutnya tegak lurus keatas seolah-olah berlom-lomba menyembul keatas.
 lila, apakah dia memang si pengarang ? iya, tokoh lila itu memang dirinya yang menurut pengakuannya, dia sengaja memanipulasi jadi begini begitu demi kepentingan pengarang, dan disinilah asyiknya menjadi pengarang, kita bisa menjadi sang pencipta tokoh dan dunianya.
 tujuan besarnya menulis novel the reason is you adalah: menemukan 2 orang sahabatnya yang bernama acan & arden yang dulu jadi bodyguardnya saat di pare. Dan dua cowok ini dia jadikan tokoh dalam novel ini, beberapa tingkah laku mereka dalam novel ini 70% adalah nyata dan mirip dengan mereka, pengarang berharap mereka membaca novel ini n mereka bisa bertemu kembali karena setelah dari pare mereka kehilangan kontak satu sama lain.
 tokoh-tokoh yang asli ada didala novel antara lain: acan & arden, anisa butho n khadijah, mereka tmn satun kos, dan lain-lain
 adegan yang benar* terjadi salah satunya ialah bersepeda
 awalnya novel ini berjudul PARE IN LOVE, naun diganti oleh editornya ( pengarang ) mnjdi the reason is you, beliau bilang kalau judulnya dignti dengan yang lebih manis n romantis.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *