review film 5 cm karya rizal mantovani

Review Film 5 CM Karya Sutradara Donny Dhirgantoro 2012

Resensi, Film

Film 5 cm adalah sebuah film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani diangkat dari Novel karya Donny Dhirgantoro yang berjudul 5 cm juga.

Identitas Film 5 Cm

Sutradara Film 5 CmRizal Mantovani
Nama tokoh dalam film 5 CMHerjunot Ali sebagai Zafran
Fedi Nuril sebagai Genta
Ralin shah sebagai Riani
Pevita Pearce sebagai Adinda
Igor Saykoji sebagai Ian
Deni Sumargo sebagai Arial
ProduserSoraya Intercine Films
Tahun produksi2012

Sinopsis Film 5 Cm

RESENSI FILM “5 CM”

Film 5 Cm ini menceritakan tentang persahabatan 5 remaja yang sudah bersahabat selama 10 tahun lebih. Kelima remaja ini adalah Genta, Zafran, Arial, Ian dan sicantik Riani.

Genta dengan gaya ledernya, Zafran dengan gaya puitisnya, Arial si gugup kalau didekati wanita, Ian si badan gendut pencinta indomie dan punya impian ke Mencester United dan riani gadis paling cantik diantara mereka berlima.

Zafran sangat terpesona dengan kecantikan adik arial sebut saja arinda. Zafran jatuh cinta kepada arinda. Tapi arinda dengan karakternya yang polos sangat menguji hati zafran, tapi ia tetap berjuang.

Sepanjang mereka bersahabat tidak pernah ada perselisihan. Mereka selalu kompak dalam segala hal. Hingga pada ahkhirya salah seorang dari mereka sebut saja genta yang mempunyai rasa jenuh dengan hubungan mereka yang datar-datar saja, mimpi-mimpi mereka yang belum tercapai.

Hingga akhirya genta mengusulkan untuk tidak bertemu, tidak ada komunikasi baik dari Handpone atau sosmed lainnya.

Zafran mengusulkan tidak bertemu selama 6 bulan tapi riani menolak dan berusaha menyadarkan mereka. Ian setuju dengan tawaran genta karena ian belum lulus skripsinya.

Arial mengusulkan tidak bertemu selama 3 bulan dan mereka berlimapun sepakat untuk kehidupan masing-masing untuk menggapai impian mereka yang belum terwujud.

Selama 3 bulan mereka berlima terfokus untuk menggapai impian mereka. Genta sukses dengan bisnisnya dikantor, zafran si jago berpuisi dan bandnya.

Arial sukses menggaet wanita yang membuatnya gemetaran, Ian berhasil mengikuti sidang skripsi, dan si cantik riani sukses dengan nilai akademiknya.

Tanggal 14 Agustus adalah rencana pertemuan mereka di stasiun kereta. Mereka merayakan pertemuan di Puncak gunung tertinggi di pulau jawa yaitu gunung Mahameru.

Mahameru terkenal dengan tanjakan cinta karena dua sisi bukit melambangkan berbentuk cinta. Apabila ketika kita mendaki kemudian memikirkan orang yang kita cinta bakalan terkabul dan syaratnya adalah selama mendaki tidak boleh melihat kebawah.

Dalam pendakian rintanganpun datang. Ketika mendaki gunung, bebatuan mulai runtuh dan berjatuhan ke arah mereka berlima. Arinda adik arial yang juga ikut dalam petualangan.

Telinga arinda terkena batu dan sempat tidak bisa mendengar. Ian juga terkena batu dan pingsan, ian diduga mati karena sudah beberapa kali dikasi nafas buatan oleh genta, ian tidak kunjung sadar.

Ianpun sadar setelah mendengar teriakan zafran yang begitu sedih kehilangan ian. Tangisan berubah menjadi kebahagian dan menumbuhka semangat mereka berenam untuk kembali mendaki Mahameru.

Bagian Paling Seru dari Review Film 5 CM

Matahari menebarkan cahayanya bersama semangat mereka yang membara mendaki mahameru. Akhirnya tanggal 17 Agustus mereka berada di puncak tertinggi jawa yaitu puncak Mahameru menancapkan berdera Merah Putih.

Tanda cinta kita kepada Negara Indonesia.

Perjalanan Mahameru adalah perjalanan hati dan keindahan Ranu Kumbolo memutuskan mereka berenam untuk menginap.

Ian yang mempunyai impian ke Mencester, membatalkan impian itu karena sadar akan kekayaan Negara indonesia, “Lebih baik disini rumah kita sendiri” dan peryataan genta yang mencintai riani.

Tetapi riani tidak cinta kepada genta, tapi yang ada di hatinya adalah zafran. Mengetahui hal itu persahabatan bukan berarti akan goyah, tetapi mereka saling megerti. Sederhana tapi luar biasa.

Impian, Persahabatan, cita-cita, Cinta dan cinta tanah air indonesia di uji dari perjalanan ini Mahameru. adalah hal yang bisa kita petik dari Review Film 5 Cm Ini

Baca Juga: Resensi Novel The Dog Who Dared to Dream


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *