rinjani 1

RINJANI: JALUR TOREAN: EKSTRIM NAMUN BERJUTA PESONA

Artikel, Editor Picks, Non Fiksi, Pariwisata

Selama ini dalam pendakian gunung Rinjani, pendaki biasa naik melalui Sembalun, kemudian turun melalui Senaru (Sembalun-Senaru). Jalur tersebut menjadi rute favorit karena merupakan jalur resmi dan terdekat dengan puncak Rinjani. Akan tetapi untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan yang lebih variatif, Anda bisa mencoba naik melalui Sembalun dan turun melalui Torean (Sembalun-Torean). Dengan naik melalui Sembalun, Anda bisa lebih mudah menggapai puncak Rinjani kemudian dengan turun melaui jalur Torean Anda bisa menikmati keindahan alam yang lebih variatif.

Sepanjang perjalanan Anda akan diapit oleh gunung Rinjani, Sangkareang, dan Waja. Dan yang pasti mata Anda akan dimanjakan oleh keindahan pemandangan Kokoq Puteq (Kali Putih) yang tampak dari atas bukit-bukit yang Anda tapaki di jalur ini. Selain itu, setidaknya terdapat empat gua yang bisa Anda  explore pada jalur ini yaitu Goa Susu, Manik, Payung, dan Zam-zam

 

Di jalur ini juga tersaji banyak air terjun, seenggaknya terdapat lima air terjun yang terlihat oleh pandangan mata dari atas bukit yang kita lewati. Semua air terjun tersebut belum diketahui namannya.

Keuntungan yang lain turun melalui Torean ialah trek-nya lebih pendek dan didominasi oleh trek yang menurun. Hanya saja Anda harus ekstra hati-hati, mengingat jalur ini memiliki tiga jurang yang sangat curam yang langsung mengarah ke Kokoq Puteq. Di beberapa trek terjal hanya ada tangga kayu yang dibuat secara swadaya oleh para Pendaki Ritual. Bahkan di tiga jurang yang telah disebutkan di atas palang pengamannya belum ada sama sekali.
(Nuriadi 27092014)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *