Taman Narmada

Berita, Non Fiksi, Pariwisata

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan daerah wisata yang terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Taman Narmada merupakan tempat wisata yang indah untuk dikunjungi karena merupakan peninggalan sejarah. Taman Narmada terletak kurang lebih 10 km dari Mataram. Taman Narmada merupakan salah satu daerah tujuan wisata karena memiliki pemandangan yang sangat Indah dan udaranya yang segar.

Taman Narmada meliliki kuas kurang lebih 2Ha, di bangun pada tahun 1927 oleh raja Mataram Lombok Anak Agung Karang Asem. Dahulunya ditempat itu sering diadakan acara Pakelem pada bulan purnama tahun saka yaitu pada bulan oktober sampe desember. Taman Narmada juga dahulu digunakan sebagai tempat peristirahatan raja bersama keluarganya pada saat musim panas. Nama Narmada sendiri diambil dari Narmadadi dimana itu merupakan bagian dari sungai Gangga yang beradi di India, bagi umat Hindu saat itu air merupakan hal penting yang meberikan kehidupan dimuka bumi. Taman Narmada yang dibangun merupakan gambaran dai Danau Segare Anak yang berada di gunung Rinjani yang mana satu tahun sekali raja datang langsung ke tempat itu untuk mengadakan acara Pakelem dimana tujuan dari acara ini yakni memohon kepada Tuhan untuk memberikan kebahagiaan dan kemakmuran bagi rakyatnya namun ketika raja telah tua ia tidak dapat mengadakan langsung acaranya tersebut ke Danau Segara Anak maka dari itu ia membangun tempat yang mirip dengan Danau Segara Anak sebagai gantinya.

Gerbang Utamanya berada di sebelah utara. Setelah memasuki gerbang utaman maka kita akan menemukan Jabalkab yang terdiri dari dua kolam kembar. Bagian selatan Jabalkab terdapat gerbang yang dinamakan Padura Gelang atau Paduraksa dimana ini merupakan pintu yang menghubungkan Jabalkab dan Mukedas. Di dalam area Mukedas terdapat beberapa bangunan yaitu Pura Sanggah, Balai Pamerajan atau Bale Loji. Disebelah selatan area Mukedas terdapat gerbang yang menghubungkan dengan halaman Paserean. Di area ini terdapat Bale Loji, Padmawangi dan Bale Terang. Bale terang adalah bangunan tempat peristirahatan raja,bagian puncaknya digunakan untkmelihat pemandangan kearah Pura Meru yang berada di sebelah timur diseblah Timur juga terdapat Pura Narmada dimana di sana terdapat punden berundak. Disebelah selatan terdapat area Patendaan. Di area ini terdapat dua bangunan yaitu Patendaan sekepat dimana pada tempat ini sering diadakan pertunjukan selain itu terdapat juga Bale Pertirtaan dimana tempat bertemunya tiga mata air. Ditempat ini pula diyakini terdapat air awet muda.

Taman ini sudah dilakukan pemugaran atau renovasi mulai dari tahun 1980-1988. Kelebihan dari Taman Narmada ini yaitu keasliannya tetap dilindungi agar sisa sisa peninggalan masa lalu tidak hilang begitu saja. Pemugaran tetap dilakukan namun tetap menjaga keasliannya seperti letak kolam. Salah satu yang mebuat Taman Narmada terkenal yakni terdapatnya air aweet muda yang diayakini mampu mebuat orang menjadi lebih muda. Air awet muda ini terdapat di Bale Petirtan di dalam Taman Narmada yang merupakan perteuan dari tiga mata air yakni sumbermata air Suranadi, Lingsar dan Narmada. Bagi anda yang ingin merasakan air awet muda dapat langsung ke Taman Narmada. Tempat ini sering ramai dikunjungi pada lebaran ketupat maupun hari raya Idul fitri. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat wisata tujuan bagi turis dalam dan luar negeri.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *