Tantangan , peluang, dan strategi mahasiswa program studi PBSID dalam memenangkan persaingan jaman.

Asal Tulis, Fiksi, Opini

Tantangan, peluang, dan strategi mahasiswa program studi PBSID dalam memenangkan persaingan jaman tidaklah lepas dari peran mahasiswa dan dosen yang terdapat di dalamnya. Mahasiswa memiliki tantangan tersendiri untuk terus membudidayakan bahasa Indonesia agar tidak tergerus jaman. Begitu juga dengan peluang yang diberikan oleh Program studi bahasa Indonesia tersebut ,memberikan peluang yang cukup bagus untuk memenangkan perkembangan jaman. Hal itu tidak lepas dari adanya usaha dan doa yang merupakan strategi nyata dalam memerangi perkembangan jaman yang kian pesat. Adapun tantangan, peluang,dan starategi yang harus dilakukan untuk memenangkan perkembangan jaman tersebut akan diuraikan di paragraf selanjutnya.
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) tantangan adalah hal atau objek yang menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah; rangsangan (untuk bekerja lebih giat). Tantangan mahasiswa untuk memenangkan perkembangan jaman tidak hanya datang dari luar, melainkan juga dari diri dalam mahasiswa tersebut. Tantangan dari luar dapat berupa masuknya kebiasaan – kebiasaan baru dari budaya asing yang mampu merubah sikap dan sifat mahasiswa prodi PBSID. Mereka akan terbiasa dengan segala fasilitas yang bermunculan di masyarakat dan mulai melupakan budaya sendiri. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagaimana mereka mengatur pola pikir dan pola hidup mereka agar tidak terjerumus kepada hal –hal yang melanggar hukum dan agama. Salah satunya adalah bahasa asing yang kini tengah mewabah di kalangan anak muda , yang lebih senang menggunakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia karena merasa hal tersebut lebih keren. Pemikiran seperti inilah yang harus dirubah . Karena penggunaan bahasa bukanlah untuk kesenangan semata, melainkan harus bermanfaat untuk sesama. Ketika penggunaan bahasa asing semakin sering, pemberdayaan bahasa sendiri pun semakin terlupakan. Ini merupakan tantangan bagi mahasiswa agar tetap membudidayakan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa pemersatu. Butuh kesadaran dari dalam diri untuk terus memupuk rasa cinta tanah air yang salah satunya adalah menggunakan bahasa Indonesia sebagai media dalam berkomunikasi. Tentunya dengan mengikuti aturan bahasa yang baik dan sopan.
Menurut KBBI peluang merupakan kesempatan. Peluang mahasiswa prodi PBSID dalam memenangkan perkembangan jaman tentunya cukup besar. Ketika sebuah bahasa yang merupakan alat komunikasi utama dalam sebuah Negara, tentunya akan mudah dalam mengikuti perkembanngan jaman. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk terus berkembang dan semakin maju baik dalam hal perkuliahan maupun ketika menempuh lapangan pekerjaan nantinya. Karena penggunaan bahasa Indonesia masih menjadi bahasa utama dalam proses komunikasi di Indonesia. Keterampilan dalam berbahasa tentunya menjadi syarat utama agar dapat diterima oleh masyrakat. Ketika seseorang mampu berbicara dengan baik dan tepat sasaran, maka orang akan dengan mudah menaruh simpati terhadapnya. Ketika di bangku kuliah, mahasiswa PSBID juga telah mempelajari budaya Indonesia sehingga mereka nantinya akan dengan mudah berbaur dengan orang – orang baru dengan berbekal ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah dahulu.
menurut Pearcedan Robinson (1997, p.20) strategi adalah ‘rencana main’ suatu perusahaan. Trategi mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana, kapan, dan di mana ia harus bersaing menghadapi lawan dan dengan maksud tujuan untuk apa. Strategi untuk menjadi yang terbaik dan pemenang dalam perkembangan jaman ini tentunya tidak lepas dari tangan dingin seorang pengajar. Mereka yang tidak kenal lelah mengajarkan ilmu – ilmu yang berguna bagi mereka nantinya. Tidaklah mudah untuk menjadi seorang pemenang, namun hal tersebut bukanlah sesuatu mustahil. Tekad dari seorang mahasiswa untuk berhasil ketika keluar dari perguruan tinggi nanti haruslah terus dipupuk agar tetap brsemangat. Terus belajar tanpa kenal lelah. Terus menerus mempelajari dan mampu menyaring ilmu- ilmu baru yang berguna untuk sesama. Tidak kenal putus asa ketika dihadapkan oleh sesuatu yang sulit dan terus berusaha. Dan yang terpenting adalah tetap berdoa kepada Tuhan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *