Tantangan, Peluang, Strategi Mahasiswa PBSID Memenangkan Persaingan Zaman

Opini

toga.sarjana

Mahasiswa pendidikan Bahasa, Sastra indoneisa dan daerah adalah mahasiswa yang berkonsentrasi dalam pendidikan bahasa indonesia, sastra dan daerah. Sebagai mahasiswa PBSID dituntut untuk menguasai hal itu ditambah dengan semakin ketatnya persaingan dalam memenangkan zaman yang semakin hari semakin maju. Mahasiswa PBSID dalam usaha memenangkan persaingan zaman diperlukannya 3 hal yang harus diperhatikan, yakni: 1) tantangan sebagai pemicu semangat dalam meraih kesuksesan, 2) peluang atau kesempatan. sebagai seorang mahasiswa sudah seharusnya kita jeli dalam melihat peluang dan pandai dalam memanfaatkannya, 3) strategi. Dalam memenangkan persaingan zaman tidak semudah membalikkan telapak tangan, melainkan diperlukannya strategi-strategi untuk melakukan hal itu, agar tidak ada kesalahan melangkah.

Yang pertama yang diperlukan oleh mahasiswa PBSID dalam memenangkan persaingan zaman adalah tantangan. Tantangan adalah hal atau objek yang menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah (KBBI). Sebagai mahasiswa/i PBSID memerlukan tantangan untuk bisa memenangkan persaingan zaman. Tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa/i PBSID yang paling adalah dalam hal kualitas pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan daerah yang menurun akhir-akhir ini. Hal sebenarnya merupakan tantangan terbesar bagi mahasiswa PBSID karena jika kualitas pendidikan jurusan PBSID menurun, maka hal itu juga akan mempersulit untuk memenangkan persaingan di zaman ini. Oleh karenanya, peran mahasiswa PBSID sangat dibutuhkan dalam menjawab tantangan ini. Banyak hal yang bisa mahasiswa PBSID lakukan tantangan seperti, meningkat kinerja belajar. Dengan meningkatkan kinerja belajar, maka akan memunculkan prestasi-prestasi yang bisa berdampak terhadap kualitas PBSID. Ditambah dengan PBSID juga mempelajari mengenai sastra yang sebagian besar orang tidak terlalu menyukai dan mengerti akan hal itu. Manfaatnya juga bisa didapatkan setelah lulus nanti, yakni dalam persaingan dalam hal pekerjaan.

Hal kedua yang mahasiswa PBSID harus cermati adalah peluang. Peluang menurut KBBI adalah kesempatan. Sebagai mahasiswa PBSID sebenarnya memiliki banyak sekali peluang atau kesempatan untuk memenangkan persaingan zaman. Kesempatan tersebut begitu banyak wujudnya. Misalnya dalam sastra, sebagai mahasiswa PBSID yang mempelajari mengenai hal tersebut, bisa dimulai dengan mengambil peluang dalam bidang menulis. Di bidang menulis mahasiswa PBSID memiliki jalan sukses yang terbuka lebar karena penulis di zaman ini sangat diperhitungkan. Selain di bidang menulis, mahasiswa/i PBSID memliki peluang yang lain, yakni: 1) mahasiswa/i PBSID adalah jurusan yang masih sangat dibutuhkan tenaganya di sekolah-sekolah terpencil karena sebagian besar sekolah yang letaknya di pedesaan masih minim dalam penggunaan Bahasa Indonesianya. Hal itu merupakan peluang besar untuk kita PBSID dalam memenangkan persaingan, 2) mahasiswa/i PBSID selain dibutuhkan di negara sendiri mahasiswa/i lulusan PBSID juga banyak dibtuhkan sebagai tenaga pengajar di negara-negara tetangga, seperti: Korea, Amerika, Belanda, Malaysia dan sebagainya. Tetapi, untuk melakukan hal itu mahasiswa/i dituntut utnk menguasa bahasa Inggris. Banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan tempat untuk kursus bahasa Inggris. Sebagai mahasiswa PBSID bisa mewujudkan hal itu dan memenangi persaingan zaman dengan jeli melihat peluang dan pandai dalam memanfaatkannya.

Yang terakhir diperlukan mahasiswa PBSID adalah strategi. Untuk memenangkan persaingan zaman sebagai seorang mahasiswa/i PBSID diperlukannya strategi yang matang yang akan membawa kita dalam kesuksesan. Strategi yang bisa dilakukan adalahan menyusun perencanaan-perencanaan yang bisa kita terapkan di tengah perkuliahan maupun diluar proses perkuliahan. Perencanan-perencanaan ini sangat kita butuhkan karena dengan adanya perencanaan-perencanaan kegiatan yang akan kita lakukan lebuih terarah dan lebih  bermanfaat. Pertama, strategi yang berupa perencanaan tersebut kita terpakan di dalam kelas ketika proses perkuliahan. Namun, dalam membuat strategi diperlukan pula tujuan. Tujuan dalam hal ini hasil yang ingin dicapai dalam menerapkan strategi tersebut. Sebagai seorang mahasiswa di semua jurusan khususnnya jurusan PBSID pastilah menginginkan ingin straegi yang dibautknya itu berhasil karena jika strategi itu berjasil berati telah melakukan satu langkah untuk memenangkan persaingan zaman. Kedua, strategi di uar proses perkuliahan. Strategi diluar perkuliahan ini juga sangat dibuthkan karena syarat untuk memenagkan persaingan zman bukan hanya sukses di pendidikan formal, tetapi mahasiswa PBSID juga harus sukses dengan dunia di luar perkuliahan. Banyak pengalaman di luar bisa dijadikan tombak untuk memeangkan persaingan ini, seperti kegitan berorganisasi dan sebagainya. Hal ini bisa berguna kelak ketika mahsiswa sudah terjun kemasyarakat. Ditambah dengan status sebagai mahasiswa PBSID yang dituntut untuk mampu berbicara di depan umum dan hal ini bisa didapatkan dengan kebiasaan di organisasi dan keaktiifan di dalam kelas juga.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *