teori atom dalton gambar atom

Teori Atom Dalton Beserta Kelebihan Dan Kelemahannya

Pelajaran di Sekolah, Ilmu Fisika, Ilmu Kimia

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi ilmu tentang pengertian teori atom dalton. Pembahasan kali ini juga akan menyinggung kelemahan dan kelebihan dari dalil atau postulat atom dalton itu sendiri.

dalton ilmuwan penemu teori atom dalton

Nah kita mulai dari pengertian dahulu, atom adalah materi yang sudah tidak bisa dibagi lagi tau dibelah. sebagai gambarannya coba kamu bayangkan semangka, nah semangka ini kamu belah hingga kamu tidak bisa membelah lagi, inilah yang dinamakan atom.

Baca Juga : TEORI BELAJAR SIBERNETIK

Teori atom diatas sebenarnya pertama kali dikemukakan oleh filsuf Yunani yang bernama Democretes namun tak ada bukti secara ilmiah teori atom ini seiring berkembangnya jaman dilupakan oleh ilmuan dan masyarakat.

Sehingga pada Tahun 1803 seorang fisikawan dari inggris yang bernama john dalton mengemukakan suatu dalil mengenai struktur atom atau bentuk yang logis dari atom itu sendiri.

Temuaanya ini disebut teori atom dalton oleh kebanyakan ilmuan. teori dalton tercipta berkat experimen mengenai pengukuran kuantitatif dan hukum kombinasi.

gambar anak sedang belajar fisika bersama gurunya

Dalil Teori Atom Dalton

Materi yang tersusun atas partikel yang tidak dapat dibagi – bagi lagi. Partikel ini dinamakan atom.
Atom dari unsur yang sama serupa dalam hal bentuk, volume dan massa, tetapi untuk atom dari unsur yang berbeda struktur atau bentuknya juga berbeda satu dengan yang lainnya.

Dalam teori dalton di kemukakan bahwa atom tidak bisa diciptakan maupun di hilangkan.
atom dari unsur yang berbeda dapat digabungkan dengan unsur yang lainya dengan rasio tertentu untuk membentuk senyawa.

atom dari unsur yang sama dapat bergabung dengan lebih dari rasio untk membentuk senyawa dua atau lebih senyawa.

atom adalah unit terkecil dari materi yang dapat berpengaruh terhadapat reaksi kimia.
Nah begitulah bunyi dari teori dalton, masih belum paham maksuda dari dalil tersbut ? oke disini admin akan jelaskan satu per satu.

Maksud dari postulat atom dalton yang pertama sebenarnya sama dengan dalil yang dikemukakan oleh Demucretes, jika suatu saat benda apapun, partkel apapun jika dibelah berada di kondisi partikel tersebut tidak bisa dibelah lagi,nah partikel ini dinamakan atom.

Baca Juga: Istrimu Pendek? Jangan minder. Banyak kelebihannya.

Bahkan atom itu sendiri lebih kecil dari DNA manusia. Untuk gambarannya coba baca lagi tentang semangka diatas.
Dalil kedua ini merupakan hasil experimennya sendiri , atom merupakan unsur terkecil dari suatu unsur yang memiliki sifat unsur itu sendiri .

Maksudnya adalah misalnya ada dua semangka, satu berwarna merah dan satu berwarna kuning, ketika semangka ini dipecahkan sampai pada titik atomnya, maka menurut teori dalton, atom tersebut memiliki struktur,bentuk, massa.volume yang sama.

Postulat model atom dalton yang ketiga ini merupakan hasil dari hukum massa Lavoisier, yaitu dalam reaksi kimia massa dari zat tidak beurbha. Artinya massa sebelum dan sesudah rekasi yaitu tetap sama, maka tidak ada atom yang tercipta maupun hilang ketika terjadi rekasi kimia.

Dalil ke empat dan dalil kelima dari teori dalton sama intinya, antar atom dapat bergabung membentuk suatu molekul. atomnya bisa sejenis atau pun beda jenis.

Contohnya penggabungan atom sejenis O + O = O2 Penggabungan atom sejenis ini dinamakan Molekul Unsur. Jika penggabungan atom tak sejenis misalnya unsur C + O = CO2 nah disini harus ada perbandingan yang seimbang. untuk lebih jelasnya akan dijelaskan di bab berikutnya.

Kelebihan teori atom Dalton

Model dari teori Dalton ini memungkinkan para ilmuan mengembangkan lagi struktur atom yang logis secara ilmu pengetahuan.

Menjadi inspirasi terciptanya cikal bakal model atom lainnya untuk menutupi kekurangan dari model atom Dalton.
John Dalton merupakan orang yang mengakui terdapat perbedaan anata partikel unsur(atom) dan partikel senyawa (molekul)

Kelemahan model atom dalton

Atom merupakan unsur yang tidak bisa terbagi lagi terbukti SALAH, karena model atom modern menjelaskan bahwa ada partikel yang lebih kecil dari atom yaitu proton.

Menurut Dalton, atom -atom dari unsur yang sama maka membentuk massa volume nya sama, pernyataan ini SALAH karena terdapat beberapa unsur yang sama terdapat massa dan kepadatan nya contohnya Oksigen memiliki 3 isotop yaitu 168O , 178O , 188O isotop sendiri adalah unsur sama memiliki massa yang berbeda.

Dalton sendiri berkata unusr beda maka elemennya beda tapi kenyataanya ada unsur yang memiliki massa yang sama padahal unusr tersebut beda contohnya kasus argon dan kalsium, mereka memiliki massa atom yang sama yaitu 40, atom yang beda namun memiliki massa sama disebut isobar.

Jika sebelumnya teori model atom dalton berkata senyawa akan bergabung dengan rasio yang sederhana namun kenyataannya ada senyawa yang komplek seperti DNA Tidak dapat menjelaskan sifat listrik dari materi unsur maupun senyawa

Sekian dulu yan pembahasan tentang Teori atom Dalton semoga bermanfaat.. Silahkan Baca Juga Teori Atom Rutherford Dengan Penjelasan Yang Mudah Dipahami


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *