gambar anak sedang belajar ilmu kimia teori atom rutherford

Teori Atom Rutherford Dengan Penjelasan Yang Mudah Dipahami

Pelajaran di Sekolah, Ilmu Fisika, Ilmu Kimia

Teori atom rutherford – pada bab terdahulu saya sudah berbagi ilmu tentang teori atom dalton dan teori atom thomson. Gagasan baru tentang struktur atom terus menerus berkembang hingga saat ini, tak mau ketinggalan ialah Rutherford yang mencoba ikut berkontribusi dalam perkembangan teori atom, tujuannya masih sama dengan pendahulunya yaitu mendeskripsikan model atom sebenarnya dalam konsep kaidah ilmiah.

Jika sebelumnya Thomson berpendapat bahwa struktur atom itu seperti kismis yang artinya atom terdiri dari muatan positif yang secara teratur tersebar muatan negatif (elektron) maka pernyataan ini di bantah oleh teori atom rutherford lewat ilustrasi percobaannya.

Baca Juga: BELAJAR AL-QURAN SAMBIL BERMAIN

Percobaan Teori atom rutherford

Rutherford melakukan percobaan dengan cara menembakkan partikel ke lempengan logam emas yang sangat tipis lalu mengamatinya. Hasil dari percobaan yaitu partikel alpa yang di tembakkan ada yang lolos , di pantulkan dan ada yang di belokkan.

Ilustrasinya bola yang berwarna kuning tersebut adalah atom nah titik – titik yang berwarna hitam adalah inti atom. Inti atom ini sepenuhnya bermuatan positif dan bermuatan netral ( namun dia belum menemukannya, rutherford hanya berhipotesis).

Jadi ketika partikel alpa mengenai tepat pada inti atom maka yang terjadi yaitu partikel dipantulkan, jika partikel atom tidak mengenai inti atom maka partikel akan lolos. nah jika partikel mengenai membran inti maka akan di belokkan. begitu kesimpulan yang di ambil rutherford.

Dari kesimpulan dan hasil yang didapat rutherford membuat sebuah teori atom dengan dalil sebagai berikut :

1. Sebagian besar volume atom adalah runag hampa

2. Massa atom terpusat pada intinya

3. Muatan atom yang terkosentrasi pada pusatnya volumenya sangat kecil.

4. Elektron Tidak mempengaruhi penyebaran partikel alpa.

Model atau struktur atom rutherford

Penemuan struktur atom rutherford membuktikan model atom thomson itu salah. Ternyata muatan positif tidak tersebar merata diseluruh bagian atom melainkan hanya pada inti atom saja. sisanya bagian yang tidak terisi inti atom adalah runag kosong( lihat gambar diatas).

Jika masih kurang paham tentang model atom rutherford coba kamu bayangkan tatsurya , nah matahari adalah inti atom sedangkan planet – planetnya adalah elektron. Gimana sekarang udah pahamkan ?

Kelebihan teori atom rutherford

1. Dapat menjelaskan lintasan elektron atom yang mengelilingi inti atom.

2. Dapat menggambarkan bagaimana cara bergerak elektron disekitar inti.

3. Mudah dipahami.

Kelemahan Teori atom Rutherford

1. Struktur atom rutherford ini belum menjelaskan dimana letak dari elektron.

2. Belum bisa menjelaskan bagaimana elektron itu kog bisa berotasi( kenapa dia berotasi kenapa dia tidak diam)

3. Elektron memancarkan energi sehingga gerak atom jadi tidak stabil hal ini bertentanga dengan teori Hukum fisika Max Well.

jika partikel bermuatan negatif bergerak mengelilingi muatan positif( inti atom) akan mengalami percepatan dan akan memancarkan energi gelombang hal ini seharusnya membuat atom tidak stabil tapi rutherford mengatakan ia stabil.

Nah gimana mudah kan memahami teori ini ?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *